Inilah Keindahan Hutan Mangrove PIK, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Jakarta

Siapa bilang Jakarta hanya berisi gedung tinggi dan pusat perbelanjaan?

Ada banyak tempat menarik di Jakarta yang bisa dinikmati bersama keluarga dan kerabat, misalnya saja Dunia Fantasi Ancol yang memeberikan sensasi tersendiri, tak ketinggalan Taman Mini Indonesia Indah yang menyajikan Wisata Edukasi dari setiap Provinsi di Indonesia, sangat bagus untuk menambah Ilmu Pengetahuan.

Dari sisi wisata alam Jakarta juga punya tempat yang bagus lho, sebut saja Kebun Binatang atau Taman Margasatwa Ragunan yang memiliki banyak keunikan. Satu lagi wisata alam yang tak kalah menarik yaitu Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk atau PIK yang berada di kawasan Jakarta Utara tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk 2.

Hutan Mangrove PIK, Image By IG : @ontobogo
Hutan Mangrove PIK, Image By IG : @ontobogo

Hutan Mangrove ini mulai ramai diperbincangkan baik di kalangan masyarakat maupun para traveler, karena keindahan serta suasana sejuk dan asri yang ditawarkan.

Bisa dibilang kawasan Hutan Mangrove PIK merupakan tempat yang cocok untuk berlibur dari rutinitas kerjaaan dan hingar bingar kota Jakarta yang padat, seakan melakukan recharge pada tubuh dan pikiran kita dengan menikmati sejuk dan asrinya Hutan Mangrove ini.

Hal Menarik Apa Yang Ditawarkan Oleh Hutan Mangrove PIK?

Hutan mangrove PIK memiliki luas sekitar 99 hektar yang dimana 40% lahannya digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami.

Keindahan Hutan Mangrove PIK, Image By IG : @jeffreysuryadi
Keindahan Hutan Mangrove PIK, Image By IG : @jeffreysuryadi

Untuk menuju kawasan hutan yang ada di ujung dekat perumahan pantai indah kapuk ini pengunjung harus melewati jalan panjang yang terbuat dari kayu dengan pegangan yang sederhana, perlu berhati-hati dalam melewati jalur ini dan sebaiknya sesuaikan pakaian saat berrkunjung, bagi wanita jangan gunakan High Heels karena kayu yang jadi alas berjalan agak renggang, alangkah lebih baik jika menggunakan flat shoes atau sneakers.

Satu hal yang mesti di ingat saat berkunjung ke Hutan Mangrove PIK adalah adanya larangan membawa kamera DSLR, jika ada yang ketahuan membawa maka akan di denda sebesar Satu Juta Rupiah.

Namun tenang, meski dilarang memebawa Kamera DSLR pengunjung masih bisa mengabadikan momen dengan menggunakan kamera handphone yang dibawa, atau jika ada yang berminat untuk menjadikan tempat ini sebagai pilihan Pre wedding sebaiknya menghubungi dan meminta ijin kepada pengelola, karena ada beberapa retribusi yang harus dibayarkan.

Naik Perahu di Hutan Mangrove PIK, Image By IG : @jeffreysuryadi
Naik Perahu di Hutan Mangrove PIK, Image By IG : @jeffreysuryadi

Jika sudah bosan berfoto, ada satu kegiatan lagi yang bisa dilakukan di kawasan Hutan Mangrove PIK yakni spot perairan yang mengalir di sekitar hutan.

Untuk menikmati spot ini pengunjung bisa menggunakan perahu yang sudah disediakan oleh pengelola dengan membayar kurang lebih 250.000 untuk satu perahu yang berisi 6 orang, sedangkan perahu yang berisi 8 orang maka harga yang harus dibayar adalah 350.000. Angin sepoi-sepoi akan menemani perjalanan berkeliling dengan menggunakan perahu.

Ada juga layanan Short Course yang akan mengajarkan pada wisatawan bagaimana cara menanam mangrove dengan mudah, dengan biaya 150.000 pengunjung sudah bisa langsung mencoba menanam di kawasann Hutan Mangrove tersebut.

Wahana di Hutan Mangrove PIK, Image By IG : @jeffreysuryadi

Selain itu ada juga permainan kano, perahu kecil sampai sepeda air, untuk yang satu ini pengunjung diharuskan membayar 100.000 untuk permainan selama 45 menit.

Hutan Mangrove PIK Jakarta, Image By IG : @liannali28
Hutan Mangrove PIK Jakarta, Image By IG : @liannali28

Bagi pengunjung yang berasal dari jauh dan ingin menginap, di kawasan Hutan Mangrove juga ada penginapan yang tersedia mulai dari hotel atau villa, sedangkan untuk pecinta alam tersedia juga area camping ground yang ada di kawasan hutan mangrove tersebut, biaya sewanya tergantung lokasi dan area camping yang dipilih.

Area camping ground disini memiliki fasilitas yang kumplit, mulai dari persewaan tenda dan perlengkapan lainnya, tak heran jika area ini merupakan salah satu area favorit pengunjung..

Rute untuk Menuju Hutan Mangrove


Alamat lengkap Hutan Mangrove PIK ini tepat di Jalan Garden House, Rt8/Rw1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Advertisements

Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Wisata Hutan Mangrove bisa dengan mudah dijangkau dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi, yang membedakan hanya kondisi kemacetan Jakarta. Jika malas nyetir di kemacetan maka sebaiknya menggunakan angkutan umum saja, ada pilihan trans jakarta dan busway yang siap mengantar sampai tujuan. Kita bisa memilih yang melewati jalur 9 ke arah shelter pluit, dari sini  bisa dilanjutkan naik ojeg online atau bajaj sampai Hutan Mangrove.

Ada juga alternatif jalan lain yaitu turun di shelter Grogol dilanjutkan naik angkot merah B01 sampai perempatan muara karang, dari sini berpindah angkot merah jalur U11 ke arah Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo.

Dan jika menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor maka sudah jelas memiliki keunggulan dalam kebebasan mau berangkat jam berapa tanpa mengikuti jadwal keberangkatan angkutan umum.

Rute dengan kendaraan pribadi jika dari Soekarno-Hatta melewati jalan tol dan keluar di arah Pantai Indah Kapuk, lanjutkan saja sampai ke perempatan Grand Cengkareng, dari sini belok kanan sampai bertemu perempatan lagi, ambil arah kanan menuju kawasan Ekowisata, jika sudah memasuki kawasan Jalan Pantai indah utara 1 penjaringan maka di kanan jalan sekitar 20 meter sudah bisa terlihat Hutan Mangrove PIK tesebut.

Tips liburan di Hutan Mangrove PIK.

  • Sebaiknya berangkat awal atau pagi hari bagi yang berasal dari luar daerah.
  • Gunakan pakaian yang aman dan nyaman, terlebih alas kaki.
  • Jika musim kemarau ada baiknya membawa lotion anti nyamuk.
  • Bagi yang ingin berkemah sebaiknya membawa sleeping bag serta senter untuk penerangan.

Itulah sekilas tentang Keindahan Hutan Mangrove PIK, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Jakarta. Sangat indah kan? Jika ingin liburan namun tidak ada waktu untuk keluar dari Jakarta, Hutan Mangrove PIK bisa jadi pilihan paling tepat.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?