Inilah Keindahan Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit

Yogyakarta, sebagai salah satu tujuan destinasi wisata, memiliki banyak sekali opsi termasuk Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit. Iya. Eh, belum denger? Kalo kamu yang dari luar daerah Yogyakarta, kebanyakan memang belum banyak yang tahu. Wajar sih, Karena sebenarnya tempat wisata ini masih relatif baru. Yang paling terkenal kan Hutan Pinus yang ada di Mangunan itu.

Setelah itu muncul, udah disiapin banyak destinasi wisata di sekitarnya. Contohnya kayak Bukit Goyang, Jurang Tembelan, Bukit Mojo Gumelem, dan beberapa yang sedang dikembangkan. Dari sekian banyak tempat wisata yang baru, Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit menjadi yang paling favorit.

Inilah Keindahan Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit
Image : www.instagram.com/khamdaninur(@khamdaninur)

Memang tidak salah jika wisata tersebut menjadi sangat cepat terkenal. Karena memang banyak sekali fasilitas dan spot swafoto yang bisa dipake. Tapi kok bisa sih cepet banget gitu terkenalnya? Kok tahu cepet?

Nah, kawasan wisata ini sudah sekitar setahun yang lalu mulai dikelola. Tepatnya tahun 2016. Pengelola utamanya ya warga sekitar, yaitu penduduk padukuhan Sukorame, Dlingo, Bantul. Lebih tepatnya, pengelolanya adalah koperasi Notowono.

Memang, kalo secara konvensonal bakal membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menarik banyak wisatawan. Dan pada akhirnya, akhir bulan Januari 2017, Dinas Kehutanan DIY memberi dukungan kepada padukuhan Sukorame. Hasilnya, Maret 2017, wisatawan mulai berdatangan. Dan juga pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar tempat wisata mulai terasa.

Perbedaan pun juga terjadi di kawasan Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit ini. Di awal pengelolaannya, kawasan ini sebenarnya sudah membangun beberapa gazebo. Dimaksudkan untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar kawasan. Tetapi hal tersebut tidaklah cukup untuk menarik perhatian wisatawan dari yang kala itu masih jaya-jayanya Hutan Pinus Asri.

Nah setelah banyak ornamen-ornamen tambahan seperti rumah Hobbit, jembatan penghubung, rumah seribu kayu, dan sebagainya mulai berdatanganlah wisatawan ke Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit.

Kesejukan Alam Di Wisata Batu Songgo langit
Image : www.instagram.com/nurlailysafridah (@nurlailysafridah)

Begitu datang, kamu akan disambut oleh hawa sejuk yang menyelimuti. Hawa sejuk tersebut berasal dari keberadaannya yang ada di atas bukit.

Itulah kenapa disebut sebagai

“songgo langit”

Yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai penyangga langit. Disertai dengan pepohonan yang asri nan rindang, kamu akan merasakan sensasi berada di Rumah Hobbit yang sesungguhnya. Seru banget! Udah kayak di dongeng-dongeng aja.

rumah seribu kayu
Image : www.instagram.com/prasetyaeka09 (@prasetyaeka09)

Sembari ber-swafoto ria di rumah hobbit, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah khas Hutan Mangunan. Setelah rumah hobbit, ada juga rumah kayu. Nama “seribu Kayu” yang disematkan ke tempat wisata ini berasal dari sini. Rumah yang disusun sedemikian rupa dari banyak sekali ranting-ranting atau kayu.

Eit masih ada lagi lho, yakni jembatan yang begitu artistik, kupu-kupu kayu raksasa, bunga teratai buatan yang berukuran raksasa, dan juga beberapa taman-taman kecil. Seru banget deh!

Dan yang terakhir ada juga wisata adrenalin di area Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit. Flying Fox! Kalo udah lengkap gini, bikin enggak mau balik kan? Namanya juga wisata, kalo ini bukan wisata lagi! Ini surga di penyangga langit!

So mulai sekarang jangan lupa masukkan Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit kedalam list tempat yang wajib dikunjungi ketika di Yogyakarta.

Suka menulis dan rajin beribadah
BAGIKAN
Komentarmu?