Inilah Perbedaan Resort, Villa, Hotel, Hostel dan Guesthouse

Sering dapat pertanyaan apa perbedaan dari Resort, Villa, Hotel, Hostel dan Guesthouse? Kalau dipikir-pikir semua itu adalah  tempat menginap, terus kenapa namanya begitu banyak dan pasti beda pula harganya.

Beberapa dari kita sering salah sebut, bahkan banyak juga yang belum tau apa saja sih perbedaan dari beberapa akomodasi tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini, kita bakal bahas tentang apa sih perbedaan dari Resort, Villa, Hotel, Hostel dan Guesthouse. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Resort

Resort World Sentosa
Resort World Sentosa

Yang akan kita bahas pertama kali adalah Resort. Resort merupakan kawasan penginapan yang dibagun di berbagai tempat, biasanya dengan menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Salah satu contohnya yang berada di pinggir pantai, ataupun pegunungan.

Dari segi penginapannya, Resort mengedepankan nuansa yang rekreatif, sedangkan untuk fasilitas tentu sangat lengkap seperti kolam renang, taman bermain, sampai perbelanjaan dalam resort.

Jika dilihat dari segi arsitektur pun biasanya menonjolkan sisi seni dan tradisional. Untuk masalah harga tentu berbeda-beda, karena di dalam resort biasanya terdapat berbagai hotel dengan berbagai kelas.

2. Villa

Cyprus Villas
Cyprus Villas

Villa merupakan bangunan yang bisa disewa untuk menginap. Hal ini sangat berbeda dengan hotel lho, karena di Villa yang kita sewa merupakan rumah, sedangkan hotel hanya kamarnya saja.

Dari segi lokasi, Villa bisa berada dimanapun, seperti di pinggir pantai, atau pegunungan. Mengenai harga, Villa tentu lebih mahal dari hotel. Villa bisa jadi pilihan tepat ketika ingin menginap bersama keluarga atau sahabat.

3. Hotel

Hotel
Hotel

Hotel merupakan bangunan yang digunakan untuk tempat menginap oleh seseorang ataupun perusahaan. Hotel biasanya tidak hanya menawarkan kamar saja, tapi juga makanan sampai pelayanan kebersihan, seperti pelayanan kamar sampai jasa loundry.

Semakin berkelas dan mewah hotel, maka harganya pun juga akan semakin tinggi. Tingkatan dari kelas hotel biasanya dibedakan berdasarkan bintang, misalnya bintang 4 dengan bintang 5, semakin tinggi level bintang yang ada di hotel, maka kualitas dari hotel tersebut juga semakin tinggi.

4. Hostel

Hostel
Hostel

Hostel dengan hotel ini berbeda lho, walaupun penyebutannya sangat mirip dan merupakan sama-sama penginapan. Letak dari perbedaan yang sangat mencolok adalah pada tarif yang dipatok.

Hostel bisanya dipatok dengan harga yang murah, selain itu lokasinya pun seperti mirip asrama. Dalam satu fasilitas hostel biasanya digunakan bersama-sama dengan orang lian, misalnya saja dalam satu fasilitas kamar ada 4-6 bahkan 8 orang, dengan adanya banyak tempat tidur dalam satu kamar.

5. Guest House

Guest House
Guest House

Berbeda dengan hotel, ataupun hostel, Guest House lebih menawarkan tempat menginap seperti layaknya rumah sendiri.

Untuk fasilitas dari Guest House bisa berbeda-beda, tergantung lokasi dan budget, semakin mewah fasilitas, tentu akan semakin tinggi pula harganya.

6. Hotel Melati

Hotel Melati : http://panoramabandungan.blogspot.com
Hotel Melati : panoramabandungan.blogspot.com

Ingin menginap di Hotel dengan harga yang murah? Hotel Melati bisa jadi pilihan. Memang bisa dibilang sama-sama hotel, namun untuk hotel melati ini merupakan hotel dengan minim fasilitas.

Walaupun minim fasilitas, biasanya fasilitas standar seperti kamar mandi dalam, TV sampai AC sudah ada kok, cuma memang masih sangat standar.

7. Losmen

Losmen, Image : guideamanahyogyakarta.blogspot.com
Losmen, Image : guideamanahyogyakarta.blogspot.com

Losmen merupakan tempat menginap yang apa adanya. Untuk fasilitas, biasanya hanya terdapat kasur dan lemari saja, ukurannya juga tidak terlalu besar. Tentu dengan fasilitas seperti itu, Losmen selalu ditawarkan sangat murah.

Nah jika ingin lebih berhemat, losmen bisa juga jadi pilihan kedua setelah hostel.

8. Motel

Motel
Motel

Tahukah kamu, jika Motel ternyata merupakan singkatan dari Motor dan Hotel. Istilah ini digunakan untuk penginapan yang menghubungkan 2 daerah atau kota. Jadi Motel bisa juga disebut penginapan yang berada di perbatasan.

Di Indonesia memang tidak banyak ditemukan Motel, hal ini karena letak geografis Indonesia yang meruapakan sebuah negara kepualauan.

Biasanya Motel bisa ditemui di dekat jalan tol, bangunan yang kamarnya langsung terhibung ke parkiran ini biasanya jadi pilihan para pengendara yang kelelahan untuk beristirahat.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?