Inilah Puncak Widosari Kulon Progo Dengan Keindahannya Yang Sangat Lengkap

Beragam obyek wisata baru mulai bermunculan di Yogyakarta, dan dari semua objek terebut kebanyakan wisatawan memilih daerah yang sejuk, asri, memiliki pemandangan yang indah serta menawan, apalagi jika bisa digunakan untuk menimati sunset, wuiiihh kumpit ya nikmatnya.

Nah bukan Jogja jika tidak mempunyai obyek yang seperti itu, dan salah satu wisata yang menyuguhkan semua syarat diatas adalah Puncak Widosari Kulon Progo.

Pemandangan Puncak Widosari, Image By IG : @riyanty.eny2301
Pemandangan Puncak Widosari, Image By IG : @riyanty.eny2301

Berada di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Tritis Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Puncak Widosari menawarkan segala bentuk keindahan alam yang sangat lengkap.

Menurut cerita warga sekitar, Puncak Widosari memiliki nilai sejarah yang kental dimana dulunya tempat ini merupakan lokasi pertapaan Pangeran Diponegoro pada saat itu.

“wahhh selain berwisata juga bisa nambah pengetahuan sejarah nih”

Dikarenakan tempat ini memiliki nilai sejarah yang cukup kental maka tentunya ada beberapa peraturan yang sebaiknya kita taati seperti tidak menyalakan atau membakar dupa serta menyan dan sejenisnya di area Puncak Widosari. Tidak sulit bukan untuk mematuhinya, biarkan wahana wisata bersinergi dengan adat istiadat masyarakat sekitar tanpa perlu kita usik.

Menuju Lokasi Puncak Widosari

Bagi yang berkunjung keisni dari arah Jogja kota mulailah berjalan ke barat menuju arah dekso, sampai diperempatan cari arah ke pasar plono, setelah itu tinggal ikuti arah dan kalian akan langsung sampai di lokasi.

Sekedar tambahan karena jalurnya cukup menanjak, ada baiknya kendaraan dalam kondisi fit supaya lebih nyaman selama perjalanan. Untuk perjalanan dari Jogja menuju Puncak Widosari ini biasanya bisa ditempuh kurang lebih 1,5jam saja.

Keindahan Puncak Widosari

Jika dilihat dari bawah ada hal yang menarik dari bukit Widosari ini yaitu terdapat benjolan yang menyerupai mata, hidung serta mulut, yang membuat bukit ini seperti kepala manusia.

Keindahan Puncak Widosari, Image By IG : @aninda_afidatu
Keindahan Puncak Widosari, Image By IG : @aninda_afidatu

Untuk mencapai bukit, pengunjung tidak teralu jauh untuk mendaki kok, karena lokasinya memang tidak terlalu tinggi, dan jalan menuju puncak sekarang sudah bagus dan sangat aman untuk pengunjung, tapi ya harus tetap berhati-hati karena di sisi jalur pendakian terdapat jurang yang lumayann dalam.

Jalan Menuju Puncak Widosari, Image By IG : @kardex_kang_mas_thole
Jalan Menuju Puncak Widosari, Image By IG : @kardex_kang_mas_thole

Setelah sampai puncak, kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah dengan udara super sejuk, bagi penggemar kuliner kalian bisa coba jajanan yang dijual oleh pedagang yang ada di Puncak Widosari ini.

Bagi penggemar Sunset, Puncak Widosari juga menawarkan keindahan yang luar biasa. Pengunjung bisa menikmati kesempurnaan matahari tenggelam dengan yang dibalut keindahan panorama perbukitan Menorehh Kulon Progo.

Sunset Puncak Widosari, Image By IG : @esti.rahayu25
Sunset Puncak Widosari, Image By IG : @esti.rahayu25

Satu lagi keseruan di daerah ini kalian juga bisa loh mencoba menikmati susu kambing murni yang diperah langsung oleh warga, karena mayoritas penduduk disini ternak kambing jadi bagi yang berminat  bisa menghubungi warga sekitar.

Selamat berlibur dan selamat menikmati wisata Yogyakarta.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?