in

Update Terbaru, Jalur Kereta Api Sukatani – Ciganea Sudah Bisa Dilalui KA Berkecepatan Terbatas

gnews piknikdong
Bagikan:

Piknikdong.com – Berkat kerja sama dari semua pihak, Kereta Api Indonesia berhasil memperbaiki jalur rel yang sebelumnya tidak dapat beroperasi akibat tanah longsor.

Kejadian tersebut terjadi pada Jumat malam tanggal 5 Mei 2023 di wilayah petak jalan antara Stasiun Ciganea – Stasiun Sukatani (Km 111+100 / Kabupaten Purwakarta).

Update Terbaru, Jalur Kereta Api Sukatani - Ciganea Sudah Bisa Dilalui KA Berkecepatan Terbatas-min (1)
Jalur Kereta Api Sukatani – Ciganea Sudah Bisa Dilalui KA Berkecepatan Terbatas, image by : KAI.id

Pada Sabtu pagi ini tanggal 6 Mei 2023, sejumlah perjalanan dari KA relasi Jakarta – Bandung/pp yang melintas di wilayah Ciganea – Sukatani sudah bisa melintas dengan kecepatan terbatas.

“Pada Sabtu pagi ini (6/5), perjalanan kereta api yang melintasi jalur Sukatani – Ciganea sudah bisa kembali beroperasi dan dapat dilalui KA dengan pembatasan kecepatan, pasca bencana longsor di KM111+100, Kabupaten Purwakarta – Jawa Barat pada Jumat malam (5/5),”

ungkap VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Adapun kereta api pertama yang melintasi jalur ini adalah KA Argo Parahyangan relasi Bandung – Gambir pada pukul 06.36 WIB.

Selanjutnya kereta berikutnya KA Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung yang melintas pada pukul 07.02 WIB.

Keduanya berjalan di jalur hulu dikarenakan jalur hilir masih dalam proses pembersihan material longsor.

KAI saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan jalur KA di lokasi tersebut, sehingga dapat dilalui KA dengan kecepatan normal.

Sejumlah perbaikan jalur rel dengan memperkuat tubuh jalan rel, pembersihan eks material longsor terus dilaksanakan dengan melibatkan puluhan petugas jalan rel KAI Daop 2 Bandung yang bekerja keras sejak jumat malam (5/5).

“KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan KA yang terganggu perjalanannya akibat longsoran yang terjadi di antara Stasiun Sukatani dan Stasiun Ciganea,”

kata Joni.

Sebelumnya, pada jumat malam tanggal 5 Mei 2023 telah terjadi kejadian longsor di 3 (tiga) titik pada petak jalan tersebut, tepatnya terjadi di petak jalan rel KM 111+000 s/d 111+400 (Ciganea – Sukatani) yang mengakibatkan jalur Kereta tidak dapat dilewati.

Longsor di sejumlah titik tersebut terjadi setelah sebelumnya terjadi curah hujan yang tinggi pada daerah tersebut sejak jumat sore hari (5/5).

Atas kondisi sejumlah prasarana yang terdampak longsoran tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan KA, KAI melakukan sejumlah langkah perbaikan pada jalur rel yang terkena dampak longsor tersebut.

Selain itu, guna pelayanan kepada para penumpang KA yang melalui relasi Purwakarta – Bandung /PP pada jumat malam (5/5), KAI melaksanakan pola operasi over stapen (berpindah perjalanannya sebagian atau seluruhnya) dengan memakai moda angkutan lain.

Total ada 9 perjalanan yang melintas di wilayah Ciganea – Sukatani menggalami gangguan operasional akibat kejadian ini.

“KAI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan perjalanan kereta dengan aman, nyaman, dan sehat,”

tutup Joni.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Mimin Piknik

Mengulas tentang informasi menarik mulai dari resep, kuliner, viral, news, destinasi wisata dan lain sebagainya.