Kapan Sih Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Pulau Komodo?

Siapa sih yang tidak ingain liburan di Pulau Komodo? selain bisa menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa, kita bisa menemui hewan pruba yang masih hidup sampai sekarang, yakni Komodo.

Nah, tahukah kamu tentang kapan waktu yang pas untuk liburan ke Pulau Komodo? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Bulan Januari-Maret, Cukup baik untuk sekedar naik perahu

Bulan Januari-Maret, Cukup baik untuk sekedar naik perahu
Bulan Januari-Maret, Image By IG : @liesnasinulingga

Untuk Bulan Januari sampai Maret masih cukup baik untuk sekedar naik perahu sampai berlayar dan melihat Komodo di Pulau Komodo ataupun tetangganya Pulau Rinca. Tapi, pada bulan Januari ini biasanya masih masuk dalam musim hujan, dan mengharuskan aktivitas diving tidak direkomendasikan untuk bulan ini. Namun kita bisa menikmati festival reba, dimana acara ini merupakan festival panen tahunan.

2.  Bulan April-Juni, Salah satu waktu terbaik dengan pemandangan alam yang luar biasa

Bulan April-Juni
Bulan April-Juni, Image By IG : @yunojunior

Nah, untuk bulan April-Juni ini bisa dibilang salah satu waktu terbaik. Karena dibulan April, biasanya musim hujan sudah berakhir. Selain waktu yang tepat untuk diving menikmati keindahan bawah laut Pulau Komodo, kita bisa menemui keindahan Pulau yang berbalut langit yang cerah dan laut yang biru.

Untuk bulan Mei sendiri kita bisa menemukan pemandangan alam yang sudah mulai menguning, karena dibulan ini biasanya musim kemarau sudah tiba.

Booking.com

Sedangkan untuk Bulan Juni, dimana bulan yang sangat populer untuk berkunjung ke Pulau Komodo, kita menikmati sajian keindahan alam, dan bisa ikut serta dalam merayakan pertunjukan tinju tradisional Etu atau Sagi. Masih ada lagi, di bulan Juni, merupakan waktu yang pas untuk diving.

3. Bulan Juli-September, Sangat mudah ketemu Komodo

Bulan Juli-September
Bulan Juli-September, Image By IG : @sakuralisha

Untuk bulan Juli hingga september, biasanya kita bakal berdesakan dengan turis pada bulan ini. Keunggulanya, kita bisa dengan mudah untuk menemukan Komodo, karena pada bulan Juli dan Agustus merupakan musim kawin.

Tidak hanya itu, kita bisa menikmati perayaan Penti dan ritual pertunjukan Cambuk tradisional di beberapa desa. Hal yang paling unik dan langka adalah saat September, kita biasanya akan bertemu dengan Pauss, dan Ikan Manta.

4. Bulan Oktober- Desember, Waktu sempurna untuk Diving

Bulan Oktober- Desember
Bulan Oktober- Desember, Image By IG : @komodovacation

Masuk di Bulan Oktober, kita masih bisa menemui Paus dan Ikan Manta serta Komodo, dan pada bulan ini udara sangat stabil, tidak terlalu panas, selain itu, bagi pecinta Diving, pada bulan Oktober ini sangatlah sempurna.

Selanjutnya pada bulan November, merupakan bulan terakhir melihat Paus, ikan Manta, serta Komodo. Namun kita masih bebeas untuk hiking, diving sampai snorkenling, dikarenakan pada bulan untuk masih musim kemarau.

Untuk akhir bulan November sampai Desember, biasanya hujuan sudah mulai turun dimalam hari. Untuk aktivitas diving masih bisa, namun tetap harus memperhatikan cuaca.

Nah itulah gamabaran, Kapan Sih Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Pulau Komodo. Jadi sebelum berkunjung kita bisa menentukan dulu, aktivitas apa yang akan dilakukan, agar tidak kecele saat berkunjung ke Pulau Komodo.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?