Mengintip 6 Kebun Teh Di Bandung Yang Paling Indah Dan Terkenal

Kebun Teh di Bandung bisa jadi solusi paling tepat ketika kita butuh udara segar, jauh dari polusi dan hiruk-pikuk Kota, apalagi Ibukota Jakarta.

Bandung memiliki banyak sekali tempat wisata, dan salah satu primadonanya adalah wisata kebun teh. Wajar sih, karena Bandung memang terletak dikawasan dataran tinggi pegunungan dan beberapa diantaranya masih aktif seperi Gunung Tangkuban Perahu yang dikenal akan keindahan alam yang luar biasa.

Kebun Teh di Bandung tidak hanya satu, dan jika kita tengok kebelakang lagi, kebun teh di Bandung ini dikembangkan pertama kali oleh orang-orang Belanda. Kebayang kan sudah berapa lama itu?

Kebun Teh di Bandung tersebar mulai dari kawasan Bandung Selatan, hingga Barat dan dari banyaknya kebun teh yang ada, berikut ini 6 kebun teh yang paling indah dan terkenal di Bandung.

1. Kebun Teh Rancabali Bandung

Kebun Teh Rancabali Bandung, Image By IG : @sigotik91
Kebun Teh Rancabali Bandung, Image By IG : @sigotik91

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kebun Teh Rancabali Bandung? Tidak hanya terkenal di kawasan Jawa Barat dan Jakarta saja, keindahan Kebun Teh Rancabali sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Berada di ketinggian 1.650 mdpl dengan suhu rata-rata siang hari 20 derajat dan saat malam bisa mencapai 5 derajat, menjadikan Kebun Teh Rancabali memiliki udara yang sangat segar dan bersih.

Pengunjung disini bisa menikmati kegiatan tea walk dengan berbagai pilihan rute, mulai dari 2 Km, 3 Km, dan paling panjang 4 Kilometer. Kita juga bisa berkunjung ke pabrik teh dan menyaksikan proses pengolahan teh yang pasti sangat panjang prosesnya.

Selain experience pengolahan teh yang menarik, Kebun Teh Rancabali ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata lain seperti, kebun strawbery Ciwidey, Pemandian Air Panas Walini, Situ Patenggang, dan Kawah Putih. Jadi intinya, cukup dengan sekali perjalanan, kita bisa liburan ke beberapa tempat sekaligus.

Untuk fasilitas disini sangatlah lengkap, karena terdapat banyak tempat wisata kuliner, mulai dari warung kaki lima hingga restaurant.

Selain itu, jika ingin bermalam, disini juga terdapat beberapa pilihan penginapan, mulai dari yang murah meriah, hingga resort mewah.

Alamat Kebun Teh Rancabali : Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

2. Kebun Teh Gambung Ciwidey Bandung

Kebun Teh Gambung Ciwidey Bandung, Image By IG : @rizky_ki
Kebun Teh Gambung Ciwidey Bandung, Image By IG : @rizky_ki

Kebun Teh Gambung berlokasi di Desa Mekarsai, Kecamatan Cisondasari, Bandung Selatan. Kebun teh ini menghasilkan beberapa varian teh, seperti teh hitam, teh hijau dan teh putih.

Kegiatan menarik disini, kita bisa ikut dalam wisata edukatif Ngabengkong, yang memiliki arti proses penyimpanan tanaman-tanaman teh mudah sebelum ditempatkan di perkebunan. Pelajaran yang bisa kita diambil disini adalah belajar bagaimana cara memilih benih, penanaman, pemeliharaan, cara memetik teh, proses penimbangan teh, pelayuan hingga penggiliangan teh.

Bagi yang ingin menginap, disini ada wisma yang ada di area perkebunan, atau jika suka berpetualang, disini juga tersedia camping groud yang letaknya berada di sebelah sungai Rancacangkuang.

Advertisements

Alamat Kebun Teh Gambung : Kampung Gambung, RT.1/RW.9, Desa Mekar sari, Pasirjambu, Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.

3. Kebun Teh Malabar

Kebun Teh Malabar, image by IG : @embuatik_
Kebun Teh Malabar, image by IG : @embuatik_

Kebun Teh Malabar memiliki luas sekitar 2.022 hektar dan berada di ketinggian 1.550 mdpl, sudah kebayang kan betapa segarnya udara yang ada disini?

Banyak kegiatan menarik disini, salah satunya adalah napak tilas pendirian perkebunan teh ini yang dulu didirikan oleh K.A.R Bosscha. Disini kita bisa berkunjung ke makamnya dan rumah Bosscha. Selain itu, kegiatan tea walk tentu tidak boleh ditinggalkan ketika berkunjung ke Kebun Teh Malabar, karena pemandangan yang sangat luar biasa sudah menunggu.

Jika ingin menginap disini juga tersedia beberapa guest house disamping rumah peninggalam Bosscha untuk para turis yang ingin bermalam di area Kebun Teh Malabar.

4. Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung

Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung, Image By IG : @kennyvinson
Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung, Image By IG : @kennyvinson

Kebun Teh Sukawana ini hanya berjarak sekitar 20 km saja dari pusat Kota Bandung. Memang tidak begitu luas, namun pemandangan disini tidak perlu dipertanyakan lagi. Di Kebun Teh Sukawana, kita akan disuguhkan keindahan panorama Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk kegiatan yang bisa dilakukan disini juga banyak seperti, tea walk, hiking, camping hingga off road. Sangat menarik bukan?

Alamat Kebun Teh Sukawana : Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

5. Kebun Teh Patuha Ciwidey Bandung

Kebun Teh Ciwidey Bandung, Image By IG : @dindin__permana
Kebun Teh Ciwidey Bandung, Image By IG : @dindin__permana

Kebun Teh Patuha ini tidak jauh dari obyek wisata yang sangat terkenal yakni Kawah putih di Ciwidey.

Patuha sendiri memiliki arti yang sangat unik, yakni “pa” dan “tuha” dimana jika diartikan dalam bahasa Indonesia berati Pak Tua.  Patuha ini diambil dari lokasinya yakni di Gunung Patuha, yang menurut sejarahnya pernah meletus pada abad ke – 10 dan ke -12. Letusan dari Gunung Patuha Bandung ini membuat tanah disekitarnya menjadi sangat subur dan ideal untuk ditanami teh.

Teh yang diambil dari Kebun Teh Patuha juga terkenal memiliki aroma harum yang khas dan wangi sekali. Bagi yang liburan kesini, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh teh ya!

6. Kebun Teh Kertamanah Pangalengan

Kebun Teh Kertamanah Pengalengan, Image By IG : @fayj03
Kebun Teh Kertamanah Pangalengan, Image By IG : @fayj03

Kebun Teh Kertamanah Pangalengan juga tidak kalah indah dan terkenal dengan beberapa kebun teh yang sebelumnya.

Kebun Teh yang berlokasi di Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan ini juga menawarkan pemandangan dan kesejukan khas Kebun Teh. Kegiatan tea walk juga bisa dilakukan disini. Selain itu, kita bisa melihat pembangkit listrik tenaga panas bumi (Geothermal Pangalengan).

Alamat Kebun Teh Ketamana : Margamulya, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.4 / 5. Jumlah 12

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?