Inilah 7 Kelebihan Kereta Api Bima, Sang Penghubung Malang dengan Jakarta

Bagi warga Malang yang sering menggunakan Kereta Api, pasti kenal dengan rangkaian gerbong bernama Bima. Salah satu kereta milik PT. KAI ini melayani rute dari Jakarta ke Malang atau sebaliknya.

Sudah sejak lama kereta api yang satu ini dikenal akan layanannya yang prima. Kini untuk memberikan kenyamanan yang lebih, bagi para penumpangnya, pihak PT. KAI ini terus memperbaiki diri, termasuk fasilitas dan layanan yang diberikan pada kereta api Bima tersebut. 

Kereta Api Bima
Kereta Api Bima

Salah satu alasan kenapa orang lebih suka menggunakan Kereta Api Eksekutif ini tidak lain karena memiliki banyak keunggulan. Lalu keunggulan seperti apa sih yang ditawarkan kereta api Bima ini? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Kursi yang dapat diatur

Susunan tempat duduk dari KA Eksekutif Bima ini adalah 2 kanan dan 2 kiri, dan diatur, sesuai dengan arah kereta berangkat. Namun demikian kita tetap dapat mengatur posisi tempat duduk. Seperti menghadap bagian depan atau ke bagian belakang.

2. Kamar mandi yang bersih

Pada fasilitas kamar mandi, atau toilet, terbilang sangat baik, dan juga bersih. Dilengkapi juga dengan pegangan, yang artinya, sangat nyaman digunakan.

Untuk pertukaran udara, di dalam toilet, sudah disediakan kipas angin, yang terletak di bagian atas. Dalam ruang kamar mandi kereta Bima tersebut, terdapat wastafel, dan juga sabun cuci tangan.

Petugas on trip, selalu siap untuk membersihkan toilet, baik di awal perjalanan, hingga di akhir perjalanan.  Toilet yang disediakan pun ada 2 macam, yang letaknya ada di ujung gerbong, 1 berisi toilet jongkok dan 1 lagi toilet duduk.   

3. Night mode

Kereta api ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas night mode. Artinya ketika jam 10 malam, maka lampu kereta akan diredupkan atau digantikan dengan lampu temaram, agar tidak silau lalu para penumpang dapat beristirahat dengan nyaman.

Namun apabila tetap ingin beraktivitas, maka kita dapat memanfaatkan lampu baca yang ada di masing-masing kursi penumpang. Disini kita juga bisa menggunakan meja portable guna meletakkan beberapa barang. 

4. Fasilitas tambahan di kursi penumpang

Selain fitur night mode, masih ada beberapa fasilitas tambahan lainnya, seperti adanya 2 buah stop kontak di dinding kereta, meja kecil yang bisa dilipat alias portable, lampu baca di bagian atas,  dan pengatur kemiringan di bagian sisi dalam kursi.

Kereta Api Bima juga menyediakan safety on board card, yang isinya tentang berbagai informasi tentang cara menangani berbagai macam situasi darurat dalam Kereta Api.  

5. Mempunyai beragam tujuan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kereta api Bima ini akan berangkat dari stasiun Jakarta Gambir, ke Stasiun Malang, Kotabaru. Artinya dari jarak tempuh yang panjang tersebut, kereta ini akan singgah di beberapa stasiun transit.

Advertisements

Setidaknya ada 12 Stasiun singgah yang dapat digunakan untuk sekedar beristirahat, atau bahkan untuk turun.

Stasiun yang dimaksud, antara lan Stasiun Jatinegara, stasiun Lawang, stasiun Sidoarjo, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Mojokerto, Stasiun Jombang, Stasiun Madiun, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Karanganyar, Stasiun Purwokerto,dan juga stasiun Cirebon.

6. Rangkaian kereta

Dalam 1 rangkaian gerbong Kereta api Bima ini, terdiri atas beberapa jenis gerbong, mulai dari 1 gerbong kereta pembangkit, 1 gerbong kereta makan, 6 – 8 gerbong kereta kelas eksekutif argo, dan 1 gerbong kereta bagasi.

Banyaknya gerbong yang ditarik, maka dalam 1 kali keberangkatan, kereta ini sanggup menampung sekitar 400 penumpang, atau sekitar 900 penumpang per harinya. 

Dengan banyaknya kuota penumpang yang bisa diangkut Kereta Api Bima, tentu akan memudahkan kita sebagai penumpang untuk memesan, tidak perlu takut tidak kebagian tiket.

Namun perlu digaris bawahi juga, karena tingkat cepat penuh atau tidaknya rangkaian kereta, tergantung season atau musim juga lho.

7. Pelayanan prima untuk setiap penumpang

Inilah yang paling disukai disetiap Kereta Api Eksekutif, yakni tentang pelayanan prima.

Contohnya, kita tidak perlu takut ketiduran lalu ‘kebablasan’ sampai ke stasiun entah, karena biasanya saat pemeriksaan tiket, petugas juga mencatat penumpang akan turun dimana.

Saat kereta sudah mendekati stasiun dimana penumpang akan turun, petugas akan memberitahu pada penumpang yang bersangkutan. Jika penumpang ketiduran akan dibangunkan, walaupun beberapa waktu sebelum sampai di stasiun X tetap ada pengumuman lewat pengeras suara.

Selain itu, di Kereta Api Bim ini akan ada petugas yang membagikan selimut dan bantal untuk para penumpang yang membutuhkannya, dimana fasilitas ini jika di kelas ekonomi, penumpang harus membayar uang sewa.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 3.2 / 5. Jumlah 13

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?