in

Kemenparekraf Gelar SCENE 2021 di 4 Kota, Ini Lokasi dan Cara Daftarnya

gnews piknikdong
Bagikan:

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar kegiatan “SCENE (Masterclass Pengembangan Skenario Film TV dan OTT)” yang tahun ini digelar di empat kota sebagai upaya memunculkan talenta baru tanah air dalam menulis skenario konten televisi dan film.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Neil El Himam, dalam keterangannya, Kamis (25/3/2021), menjelaskan kegiatan SCENE bertujuan untuk menemukan dan mengakselerasi penulis menjadi pembuat skenario yang dapat memberikan warna baru dalam industri Film Televisi dan OTT.

Kemenparekraf Kembali Gelar Kegiatan Pelatihan Penulisan Skenario SCENE 2021
Kemenparekraf kembali gelar kegiatan pelatihan penulisan skenario SCENE 2021, photo : Kemenparekraf

“Sehingga pelaku ekonomi kreatif yang dapat membuat konten televisi, perfilman, dan OTT berkualitas ini juga bisa membantu menguatkan karakter lokal dan mendukung upaya pengembangan destinasi pariwisata Indonesia,”

ujar Neil.

Tahun ini, kegiatan SCENE akan berlangsung di empat (4) kota, yaitu Surabaya, Padang, Labuan Bajo dan Makasar. Setiap kota akan diikuti 20 peserta.

Direktur Industri Kreatif Film, Televisi dan Animasi, Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah, menjelaskan, kegiatan ini memasuki tahun kedua penyelenggaraan dimana pada tahun 2020 digelar di beberapa kota, yakni Kota Denpasar, Jogja dan Medan dengan menghasilkan 57 cerita pilihan.

“Dari beberapa cerita pilihan tersebut di antaranya telah dipinang oleh berbagai production house dan akan diproduksi pada tahun 2021.

Seperti “Mauli Bulung”, ditulis oleh Immanuel Prasetya Gintings, peserta SCENE Medan asal Medan.

Launching produksi film Mauli Bulung telah dilaksanakan di Kab. Dairi, Sumatera Utara, pada event Gernas BBI, dan diresmikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno,”

ujarnya.

Syaifullah berharap, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai budaya pada karya, sehingga tidak melulu bicara soal cinta atau roman picisan.

“Diharapkan melalui kegiatan SCENE bisa terjadi pertukaran sumber daya informasi yang nantinya akan mendorong dan mengembangkan industri kreatif nasional,”

ujarnya.

Kegiatan SCENE Surabaya sendiri telah dimulai pada 24 Maret dan akan berlangsung hingga 27 Maret mendatang.

SCENE Surabaya menghadirkan narasumber dari Persatuan Karyawan Film Televisi Indonesia (KFT), seperti  Ketua KFT Gunawan Paggaru, Eric Gunawan, Lintang Pramudya Wardhani, Lina Nurmalina, dan Dedey Natalia.

[artikel number=3 tag=”kemenparekraf”]

Materi yang diberikan meliputi pengantar media TV dan Media Baru, pengantar berpikir visual, pengenalan media luaran, pengenalan struktur, logline, character background, praktek kelompok – sinopsis, praktek kelompok – treatment, praktek kelompok – finalize bible, presentasi

“Nantinya 10 peserta terpilih dari 4 kota pelaksanaan akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti inkubasi dan networking night bersama para produser, rumah produksi dan pelaku industri film nasional,”

kata Syaifullah.

Untuk keterangan lebih lanjut dan cara daftarnya, calon peserta bisa mengklik link berikut: bit.ly/scene2021

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.