Kenalan dengan Buah Lai Kalimantan Yuk, Bentuknya Persis Durian!

Kalimantan memang menyimpan berjuta kekayaan yang sangat menarik, mulai dari seni, budaya, kearifan lokal, kuliner nikmat hingga aneka jenis buah yang unik, salah satu diantaranya adalah Buah Lai.

Buah Lai bisa dibilang masih kerabat dekat dengan durian, karena bentuknya sangat mirip.

Walaupun mirip durian, namun rasa dari buah lai berbeda, dimana aromanya tidak menyengat layaknya durian.

Di Kalimantan Utara, buah lai disebut dengan nama buah ruas, yang tiap kali musimnya tiba, pasti banyak sekali bergelantungan di pohonnya.

Saat dibelah, daging buah lai berwarna kuning tua dengan bentuk juga mirip dengan daging buah durian.

Musim buah Lai

Musim Buah Lai, image by IG:@mellieacu
Musim Buah Lai, image by IG:@mellieacu

Pada umumnya, Lai berbuah pada akhir dan awal tahun, dimana pada bulan januari hingga maret merupakan puncaknya, saat itulah kita bisa dengan mudah menemukan buah Lai di jajakan di pinggir jalan.

Perlu diketahui jika ada varietas unggulan Buah Lai yang dinamakan Lai Mahakam.

Lai Mahakan ini biasanya memiliki berati sekitar 1,3 kg sampai 1,6 kg, daging buahnya memiliki tekstur yang halus, kering, manis dan tebal.

Dulunya Lai Mahakam ini dinamakan Lai Rencong, dimana dalam bahasa Bugis memiliki arti lipstik, karena warna buahnya cenderung kemerah-merahan seperti warna lipstik.

Seperti apa pohon buah Lai?

Buah Lai Kalimantan, image by : kaltimprov.go.id
Buah Lai Kalimantan, image by : kaltimprov.go.id

Tidak hanya buahnya saja yang mirip durian, namun pohonnya juga tidak kalah mirip. Buah Lai Memiliki pohon dengan ranting yang berukuran sedang dengan daunnya yang besar dan tebal sekitar 20cm-25 cm.

Rasa buah Lai

Daging Buah Lai, image by IG:@mellieacu
Daging Buah Lai, image by IG: @mellieacu

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, jika rasa buah lai berbeda dengan durian, selain aromanya yang berbeda dan tidak menyengat, buah lai tidak selegit durian.

Selain itu, daging buah lai juga tidak lebih besar dari durian, namun dagingnya bisa lebih tebal, jadi sangat memuaskan.

Harga buah Lai

Saat sudah masuk musim panen, harga buah Lai sekitar Rp 25.000-Rp 30.000 saja, namun saat diluar musim panen, bisa melambung harganya hingga tembus sekitar Rp 50.000, bahkan lebih.

Walaupun belum sepopuler buah durian, namun buah Lai ini cukup prospek dimasa depan, jadi soal pasar, masyarakat Kalimantan sangat suka dengan buah yang bentuknya mirip durian ini.

Itulah sekilas tentang Buah Lai yang secara bentuk mirip durian, namun rasanya berbeda. Jadi penasaran ingin segera mencicipinya bukan?

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 6

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini