10 Kuliner Unik Di Jogja Yang Wajib Untuk Dicoba!

Bicara soal kuliner di Jogja bakal tidak ada habisnya seperti membicarakan tempat wisata yang ada disini. Berbagai macam kuliner tersedia di Jogja, mulai dari kuliner khas, kuliner modern, sampai kuliner unik yang mungkin tidak akan ditemui di daerah lain.

Nah pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah kuliner unik yang ada di Yogyakarta. Kuliner unik yang ada di Jogja berikut ini wajib banget untik dicicipi lho. Penasaran seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya.

10 Kuliner Unik Di Jogja

1. Oseng-Oseng Mercon

Oseng Oseng Mercon Bu Narti, Image By IG : @fahmi.rukmana
Oseng Oseng Mercon Bu Narti, Image By IG : @fahmi.rukmana

Sebenarnya Oseng-oseng mercon masuk dalam kuliner khas Jogja, namun kerena memiliki nama yang unik, wajib juga masuk kedalam list yang ada disini.

Mercon disini memiliki arti petasan, namun bukan berati dalam makanan ada petasannya lho, Oseng-oseng Mercon yang dimaksudkan disini adalah oseng-oseng yang memiliki rasa yang super pedas. Diolah dengan daging sapi, kikil dan dicampur dengan banyak cabai, kuliner ini wajib dicicipi bagi kalian yang hobi banget dengan masakan pedas.

Salah satu lokasi yang sudah terkenal sejak dulu adalah Oseng-oseng bu Narti yang beralamat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Yogyakarta.

2. Soto Sampah

Soto Sampah, Image By : santapjogja.com
Soto Sampah, Image By : santapjogja.com

Kuliner Unik di Jogja yang nomer dua adalah Soto Sampah. Sebenarnnya soto sampah ini mirip dengan soto biasanya, namun yang membuat berbeda adalah rempah-rempahnya banyak dan dari sinilah asal muasal nama soto sampah berasal.

Lokasi : Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

3. Sate Kere

Sate Kere, Image By IG : @riderkulineran
Sate Kere, Image By IG : @riderkulineran

Sate Kere. Apa yang ada dipikiran ketika mendengar kuliner tersebut? Konon dinamakan Sate Kere karena harganya yang murah meriah.

Walaupun memiliki harga yang murah, bukan berati rasanya tidak enak lho, sate kere memiliki rasa unik dan khas karena bahan utama yang digunakan adalah campuran daging sapi dan lemak sapi.

Cukup membayar sekitar Rp. 8.000 ribu saja untuk mencicipi sate kere khas Jogja ini. Sedangkan lokasi penjaja Sate Kere yang sudah terkenal  adalah Sate Kere Mbah Mardi.

Lokasi : Jalan Godean, 7 Sidomoyo, Godean, Area Sawah, Sidomoyo, Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55264

4. Bakso Klenger

Bakso Klenger, Image By IG : @baksoklenger
Bakso Klenger, Image By IG : @baksoklenger

Bagi pecinta bakso, jangan lupa untuk mencoba bakso klenger yang ada di Jogja. Nama yang inik ini bukan tidak ada artinya lho, karena memang bisa membuat kita klenger kalau mencoba sendirian.

Ukuran dari Bakso Klenger tidak seperti dengan bakso pada umumnya, bayangkan saja, 1 bakso ada yang memiliki berat sampai 5KG, dan itu 1 mangkuk besar hanya cukup 1 bakso itu saja.

  • Bakso Ukuran Standar : Harga 12.500
  • Bakso Ukuran 250 gram : Harga 22.000
  • Extra Klenger 500 gram : Harga 45.000 bisa dimakan untuk 5-6 orang
  • Klenger Dahsyat 1 Kg : Harga 75.000
  • Bakso Klenger 2 Kg : Harga 150 ribu
  • 3 Kg 300 ribu
  • 4 Kg 450 ribu
  • Bakso Klenger Jogja Paling Besar ukuran 5 Kg seharga 600 ribu

Lokasi : Jl. Wahid Hasyim No.296, Tempel, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

5. Mie Terbang Atau Flying Noodle

Mie Terbang, Image By IG : @mieayamlekbokir
Mie Terbang, Image By IG : @mieayamlekbokir

Kuliner unik yang kelima adalah Mi Terbang Atau Flying Noodle dengan penyajian yang sangat unik. Mie yang disajikan disini benar-benar seperti terbang lho, jadi wajib banget nih untuk dicicipi.

Konsep dari warung makanan yang satu ini adalah cafe dengan menu Chinesse Food dengan cara penyajiannya yang sangat unik dan memang baru pertama ada di Jogja. Bicara soal harga yang dipatok juga tidak mahal kok, cukup dengan Rp. 15.000 ribuan sudah bisa mencicipi kuliner unik ini.

Lokasi : Jl. Taman Siswa No.156, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

6. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah, Image By IG : @tengklenggajah
Tengkleng Gajah, Image By IG : @tengklenggajah

Apa yang ada dipikiranmu ketika mendengar tengkleng gajah? Bukan berati yang kita makan memiliki bahan tengkleng gajah lho.

Warung makan yang sudah sangat terkenal ini menyajikan makanan yang terbuat dari daging kambing. Dan yang membuat dinamakan tengkleng gajah, karena porsi yang disajikan sangalah banyak dan berbeda dari porsi biasa pada umumnya..

Selain tengkleng gajah, warung makan disini juga menyediakan berbagai macam olahan kambing muda seperi Sate Kambing, Tongseng, Gulai dll.

Lokasi : Jl. Kaliurang KM. 9.3, Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Gantalan, Minomartani, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

7. Pecel Baywatch

Pecel Baywatch, Image By IG : @mentariangelin
Pecel Baywatch, Image By IG : @mentariangelin

Bayangin saja sudah bikin penasaran dengan nama unik dari Pecel Baywatch. Kuliner unik ini berlokasi di Dusun Semanggu, Sembungan, Kasihan, Bantul dan bisa dibilang lokasinya sangat mblusuk. Pemilik dari warung Pecel Baywatch adalah mbah Warno atau sering juga disebut dengan nama Anderson.

Yang membuat pecel unik dan dinamai baywatch adalah sang pemilik yakni mbah Warno yang saat melayani pembeli hanya mengenakan “kutang saja”, dari sinilah nenek yang berumur sekitar 95 tahun ini memiliki julukan layaknya Pamela Anderson yang berbikini seperti dalam filmnya Baywatch.

Disini kita bisa menemui menu andalannya yakni nasi pecel khas ndeso dengan kembang turi. Selain itu ada juga mangut lele dan belut goreng yang siap menggoyang lidah kita saat mencobanya.

Lokasi : Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

8. Sate Petir Pak Nano

Sate Petir Pak Nano, Image By IG : @jensjons
Sate Petir Pak Nano, Image By IG : @jensjons

Pengemar Sate dan Penggemar masakan pedas bertemu disini. Warung sate kambing dan tongseng ini sangat legendaris dengan level pedas yang dimilikinya.

Nama Sate Petir  disini memiliki arti rasa pedas yang begitus sangat yang bisa dipilih dengan berbagai level, mulai dari level TK, sampai Profesor.

Selain rasa pedas yang sangat menggelora, tekstur daging kambing yang disajikan di Warung Sate Petir Pak Nano juga sangat empuk dan lembut lho, jadi akan menambah nikmat saat mencicipi kuliner unik yang satu ini.

Untuk harga yang dibanderol adalah sekitar 27.500 an dan itu sudah termasuk nasi dan minum ditambah 1 porsi sate.

Lokasi : Menayu Kidul, Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, Menayu Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

9. Sop Merah

Sop Merah, Image By IG : @sopmerah
Sop Merah, Image By IG : @sopmerah

Sop yang sangat hits ini wajib banget dicoba. Memang harus ekstra sabar untuk mencicipinya, karena biasanya antriannya sanga panjang saat jam 18.00 WIB keatas.

Jam buka dari Sop merah dari jam 10.00 WIB- 22.00 WIB, namun alangkah baiknya untuk berkunjung adalah sebelum jam 18.00 WIB.

Kenapa sih dinamai Sop Merah? Karena dalam menyajikannya kuah Sop yang ada disini berwarna merah, sedangkan yang ada dalam kuah tersebut seperti sop pada umumnya, yakni kol, wortel, daun bawang, sampai ayam suwir dan telur.

Untuk menikmatinya kita bisa menambah lauk yang lengkap seperti, ati ampela, ceker, kepala ayam, paha ayam, sayap, sampai usus ayam.

Warna merah dari kuah sop merah bukan berati tidak ada artinya lho, karena warna merah disini mengagambarkan rasa pedas yang ada dalam sop.

Bicara soal harga, untuk menikmatinya kita cukup merogoh kocek mulai dari Rp. 7000 sampai Rp. 35.000 saja, tergantung apa yang kita pesan.

Lokasi : 

10. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah, Image By IG : @fanny_19_17
Gudeg Mercon Bu Tinah, Image By IG : @fanny_19_17

Kita sudah bahas yang pertama tadi adalah Oseng-oseng Mercon yang berbahan dasar daging sapi dan kikil, nah kali ini ada Gudeg Mercon Bu Tinah.

Bagi kalian yang kurang suka dengan rasa gudeg biasa yang cenderung manis, Gudeg Mercon ini bisa jadi pilihan lain. Selain memiliki nama yang unik, kuliner Gudeg Mercon Bu Tinah menjadi kuliner paling favorit bagi mereka yang ingin merasakan sensasi makan gudeg dengan citarasa yang pedas.

Untuk menikmatinya, kita perlu merogoh kocek sekitar Rp. 20.000 rupiah saja. Sangat murah bukan?

Lokasi : Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?