Langkah Check In di Bandara dan Cara Membaca Boarding Pass Pesawat Untuk Pemula

Pesawat terbang pada saat ini menjadi salah satu alat transportasi yang sering digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pegawai, karyawan swasta, pengusaha hingga masyarakat biasa.

Selain hemat waktu, pesawat terbang juga dipilih karena berbagai alasan lain misalnya saja keamanan. Di beberapa tempat bahkan dibangun bandara yang megah dan menarik bagi penumpang.

Terlepas dari meningkatnya peminat alat transportasi ini mimin sajikan juga tips untuk  yang tergolong baru dalam menggunakan transportasi pesawat terbang, bagi yang sudah sering melakukan perjalanan dengan pesawat mungkin hal seperti ini sudah sangat familiar bahkan cenderung hafal, dalam artikel kai ini mimin akan share  tentang langkah Check In di Bandara dan cara membaca Boarding Pass. 

 Check In di Bandara
Check In di Bandara

Langkah Check In di Bandara untuk mengambil Boarding Pass

 

1. Tunjukkan tiket kepada petugas Bandara yang ada di gerbang

Hal ini ditujukan untuk membedakan antara penumpang dan pengantar, karena hanya penumpang yang diperbolehkan memasuki loket check in.

Belakangan ini tiket tidak hanya berbentuk kertas print out, namun bisa juga berbentuk e-ticket yang ada di email, bisa juga tiket yang berasal dari aplikasi penjual tiket, apapun bentuk tiket yang dimiliki tunjukkan saja pada petugas yang ada di gerbang.

2. Masuk ke loket check in

Tahap selanjutnya sebelum mendapatkan boarding pass, kita harus menuju ke loket check in, disini akan mendapati beberapa loket, silakan menuju loket yang cocok dengan tiket yang dibawa, jangan sampai salah loket ya, karena anda tidak bisa check in di loket yang maskapai serta penerbangannya berbeda dengan tiket yang kita bawa.

3. Tunjukkan identitas/paspor serta menumbang bagasi

Setelah hal diatas petugas loket check in akan meminta tanda pengenal serta paspor, perlu digais bawahi jika melakukan penerbangan domestik kita hanya perlu menunjukkan tanda pengenal (KTP/SIM).

Setelah ini jika saat perjalanan  membawa barang yang cukup banyak maka kita harus menimbang berat barang yang dibawa, beda maskapai beda juga lho kapasitas bagasi yang diberikan, maka sebaiknya cari info tentang bagasi sebelum membeli tiket.

4. Ambil Boarding Pass dan Tunggu panggilan keberangkatan

Nahh, setelah proses check in tadi selesai secara benar dan petugas sudah memberikan boarding pass, maka hal yang harus kita lakukan selanjutnya adalah menunggu di ruang tunggu yang berada dengan gate keberangkatan, jika masih bingung silakan bertanya pada petugas yang ada disana.

Nah, setelah menerima boarding pass, informasi lengkap tentang penerbangan sudah tersedia, pastikan kita membacanya dengan benar agar tidak ketinggalan pesawat.

Bagi yang masih bingung bagaimana sih cara membaca boarding pass ini secara benar, mimin akan bantu menjelaskan tentang beberapa poin yang ada di kertas boarding pass tersebut. Yuk langung sajaa.

Membaca Boarding Pass Pesawat, Image By : airport.id
Membaca Boarding Pass Pesawat, Image By : airport.id

A. Kelas Tiket

Ini merupakan kelas penerbangan yang sesuai dengan tiket yang kita beli, misalnya saja ekonomi, bisnis, hingga eksekutif.

B. Kriteria Anggota

Dalam hal ini terdapat beberapa maskapai yang memberikannya, salah satu contokh keanggotaan membership bagi penumpang setia maskapai tersebut, beda maskapai beda juga fasilitas yang diberikan.

C. Nama Penumpang

Nama disini merupakan nama yang sesuai dengan kartu identitas, jadi pastikan menulis nama yang benar-benar sesuai dengan kartu identitas agar  mempermudah saat proses check in.

D. Nomor Pesawat

Setiap pesawat memiliki nomer yang berbeda, dan pastikan mengingat baik-baik nomor pesawat yang akan kita tumpangi, karena saat ada panggilan biasnya disebutkan juga nomor pesawat tersebut.

E. Boarding Gate

Ini merupkan nomor yang menunjukkan kita harus masuk lewat pintu mana untuk menuju ke pesawat. Sebaiknya tunggu panggilan di dekat ruang tunggu supaya tidak ketinggalan pesawat.

F. Tanggal dan Jam Pemberangkatan

Untuk yang satu ini mudah untuk dipahami ya, ini jelas menunjukkan tanggal dan jam keberangkatan kita, jika terjaddi delay biasanya akan ada pemberitahuan dari pihak bandara dan maskapai, saat ini terjadi maka jam di boarding pass ini sudah tidak berlaku lagi.

G. Nomor Kursi

Ini menunjukkan dimana kiita seharusnya duduk di dalam pesawat terbang. Carilah tempat duduk yang sesuai dengan nomor yang tertera pada boarding pass kita.

H. Bandara Keberangkatan

Disini biasanya akan tertulis nama Kota, namun ada juga yang menulis lengkap nama bandara dan kota keberangkatannya.

I. Bandara Kedatangan

Ini menunjukkan bandara yang akan menjadi tujuan kita

J. Kode Bar Graph

J. Nomor Tiket

L. Nomor Keanggotaan

Yang perlu diperhatikan lagi, setelah selesai proses check in dan kita menuju ke ruang tunggu maka akan dilakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap barang-barang yang dibawa ( bukan barang yang sudah masuk di bagasi loh yaa).

Setelah dinyatakan aman dan petugas juga sudah mengecek boarding pass kita, maka petugas tersebut akan menyobek sisi dari boarding pass, jika kita sudah melewati tahap ini maka yang perlu lakukan hanyalah menunggu hingga gate keberangkatan sudah dibuka.

Demikain tadi tips yang dapat mimin bagikan bagi yang ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, semoga bermanfaat dan semoga perjalanan aman, nyaman dan sampai di tempat tujuan.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?