Langkah Dan Syarat Pembuatan Paspor Baru Secara Online 2018

Liburan di luar negeri tentu menjadi dambaan tersendiri, namun sebelum melakukannya tentu ada persyaratan yang wajib dipenuhi yang tidak lain dan tidak bukan adalah Paspor.

Paspor adalah dokumen resmi yang menjadi identitas kita saat melakukan perjalanan antar negara. Jadi jika sekarang belum punya paspor, segera deh bikin.

Langkah Dan Syarat Pembuatan Paspor Baru Secara Online 2018
Langkah Dan Syarat Pembuatan Paspor Baru 2018, Image By : jendelakeluarga.com

Nah sebelum membuat, pahami dulu Syarat pembuatan paspor yang diperlukan, seperti :

  • E-KTP asli dan fotokopi
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi
  • Materai

Di era teknologi sekarang ini, membuat paspor akan lebih mudah dengan sistem online. Caranya cukup simpel kok. Berikut ini ulasan dan langkahnya.

Aplikasi Antrian Paspor
Aplikasi Antrian Paspor

1. Download aplikasi Antrian Paspor Online resmi di Playstore.

2. Daftarkan diri dengan mengisi form secara lengkap menggunakan email pribadimu. Setelah selesai mendaftar, akun akan diverifikasi melalui email. Jadi bisa langsung dicek mengenai detail pendaftaranya di email ya.

3. Setelah akun terverifikasi, bisa login kembali ke Antrian Paspor Online tadi kemudian pilih kantor imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal.

4. Isi secara lengkap data permohonan antri paspor. Disini kita bisa memilih tanggal dimana yang kosong dan kita bisa mengantri secara online, tidak perlu datang ke kantor Imigrasi.

5. Cek Jadwal antri yang sudah diajukan, apakah sudah disetujui atau masih belum. Jika sudah disetujui pada tanggal yang dipilih, sekarang saatnya datang ke kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal. Kita hanya butuh menunjukan barcode saat datang ke kantor imigrasi untuk mendapatkan bukti cetak nomor panggilan.

6. Tunggu hingga mendapatkan panggilan dan jangan lupa berkas pengurusan paspor juga harus dibawa, karena disini kita bakal verifikasi lagi. Setelah sudah selesai dan sudah melakukan pembayaran, kita tinggal menunggu paspor kita jadi.

Nah itulah 6 langkah Pembuatan Paspor Baru Secara Online 2018, selain itu ada beberapa yang perlu kita pahami tentang Ketentuan Pendaftaran Lewat aplikasi Paspor Online Seperti :

Satu HP/1 user bisa daftar untuk 5 orang. Bisa untuk
1. Bapak/Ibu
2. Suami/Istri
3. Anak
4. Pribadi

Jadi pada intinya, kita bisa menggunakan 1 HP saja untuk mengantri dalam pembuatan paspor online. Namun perlu dipahami 1 HP itu tadi berlaku jika memang 1 keluarga.

Terus Berapa sih harga Pembuatan Paspor Baru 2018 ini?

  1. Paspor biasa 48 halaman per orang yaitu Rp300.000
  2. Ganti paspor 48 halaman karena keteledoran Rp600.000
  3. Ganti paspor 48 halaman disebabkan bencana alam Rp300.000
  4. Pembuatan paspor 24 halaman per orang yaitu Rp100.000
  5. Ganti paspor 24 halaman karena keteledoran yaitu Rp200.000
  6. Ganti paspor 24 halaman disebabkan bencana alam Rp100.000

Sekarang sudah paham kan bagaimana langkah pembuatan paspor baru tahun 2018? Sebenarnya tidak ribet kok, cuma perlu sedikit ketelatenan dan kesabaran, karena walaupun istilahnya pembuatan paspor online, namun hal itu cuma memotong kita tidak perlu antri untuk mendapatkan nomor panggilan. Setelah itupun kita tetap masih harus datang ke Kantor Imigrasi untuk menunggu panggilan sesuai nomor yang sudah kita dapatkan secara online tadi (Tetep Menunggu alias antri).

Lain daripada itu, aplikasi paspor online ini baru ada di Playstore, jadi, bagi pengguna OS lain seperti IOS di Iphone tidak bisa menggunakan atau menginstalnya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?