Lewat Wisata Olahraga, Sandiaga Dorong Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi di Pacitan Jatim

Share:

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi COVID-19 bagi masyarakat Pacitan, Jawa Timur, lewat pengembangan wisata olahraga.

Sandiaga usai mengikuti Fun Run 10 K di Kabupaten Pacitan dalam rangka menyemarakan Hari Jadi Pacitan ke-277, Sabtu (12/03/2022), menyampaikan event wisata olahraga diyakini tidak hanya bermanfaat pada kesehatan tapi juga dapat dijadikan strategi untuk memperkenalkan destinasi wisata.

Lewat Wisata Olahraga, Sandiaga Dorong Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi di Pacitan Jatim
Lewat Wisata Olahraga, Sandiaga Dorong Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi di Pacitan Jatim, photo : Kemenparekraf

“Kami yakin event wisata olahraga ini tidak hanya sehat tapi juga memperkenalkan wisata di Pacitan.

Saya tadi menyusuri pantai, luar biasa bagusnya, dan saya yakin jika kita kerja sama bareng, bergandengan tangan InsyaAllah kita dapat menyusun tatanan baru dengan konsep ekonomi Pacitan berbasis wisata olahraga,”

kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan bahwa Pacitan berada di lokasi strategis yang di mana cocok untuk diselenggarakannya beberapa event wisata olahraga seperti sepeda, lari, trail run, beberapa kegiatan wisata olahraga lainnya.

“Saya sangat optimistis karena Pacitan ini letak geografisnya sangat strategis di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Jadi, mudah-mudahan ini juga bisa menjadi spot untuk sepeda, spot untuk lari dan trail run, serta beberapa kegiatan pariwisata berbasis olahraga.

Saya yakin dari semangat Pak Bupati bisa ada 2 atau 3 event wisata olahraga yang bisa dilaksanakan untuk kebangkitan ekonomi,”

ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga juga menyebut bahwa Pacitan memiliki potensi wisata berbasis ecotorism. Ia berharap potensi tersebut dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan.

“Tadi saya sudah merasakan sensasi lari di sini, dan saya melihat bahwa Pacitan ini sangat ramah lingkungan.

Jadi nanti, selain wisata olahrga juga bisa dikenalkan dengan ecotourism.”

ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyampaikan bahwa event Fun Run ini bisa mempromosikan destinasi wisata di Pacitan.

Ia juga mengapresiasi kehadiran Menparekraf dalam mendukung event tersebut.

“Harapannya ini bisa jadi alat promosi pariwisata di Pacitan.

Karena, banyak sekali daya tarik wisata yang ada di Pacitan ini yang saya yakin hanya ada di Pacitan dan ini semua keindahannya luar biasa,”

ujarnya.

Fun Run 10 K ini adalah event wisata olahraga yang diselenggarakan oleh Asosiasi Festival, Event & Kreatif Indonesia (AFEKINDO), untuk menyemarakan Hari Jadi Pacitan ke-277.

Selain itu, juga ada event wisata olahraga lainnya, yaitu fun bike dengan start di Pantai Pancer Door Pacitan dan finish di Pantai Srau. Fun bike ini sendiri menempuh jarak 100 kilometer.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?