10 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Liburan ke Karimunjawa

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pulau Karimunjawa? Benar sekali, Pulau Karimunjawa masuk dalam Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, namun memang lokasinya berada disebelah utara Jepara atau berada di Laut Jawa.

Pulau Karimunjawa sering juga disebut sebagai  The Carribbean of Java karena keindahan pasir putihnya, perairan yang tenang dan bening, ditambah lagi panorama alamnya yang luar biasa. Siapapun selalu dibikin gak mau pulang karena indahnya Pulau ini.

Keindahan Pulau Karimunjawa, Image By IG : @mazayagalva
Keindahan Pulau Karimunjawa, Image By IG : @mazayagalva

Jadi pengen banget liburan ke Karimunjawa kan? Tunggu dulu, sebelum memutuskan untuk liburan ke Karimunjawa, kalian wajib tahu nih tentang 10 hal penting berikut ini, agar bisa menikmati Keindahan Pulau Karimunjawa secara maksimal.

1. Waktu Yang Paling Tepat Liburan di Karimunjawa

Menentukan waktu yang tepat adalah kunci, tentukanlah tanggal yang tepat untuk ke Karimunjawa, karena sangat berpengaruh pada transportasi yang ada.

Jika ingin berangkat dari Semarang, lebih baik pergi dihari jumat, hal ini karena hanya ada 2 kapal yang berangkat dari sini dengan hari yang sama, cuma jam saja yang berbeda, biasanya menggunakan KMC Kartini (pukul 10.00 WIB) dan Express Bahari ( 08.00 WIB) sedangkan dari Karimunjawa ke Semarang hanya setiap Minggu, untuk KMC Kartini (pukul 11.00 WIB) dan Express Bahari (pukul 12.00 WIB). Selain itu ada juga pilihan menggunakan pesawat yang berangkat dari Semarang di hari Rabu, Jumat  dan Minggu.

Sedangkan, apabila berangkat dari Jepara, melalui Pelabuhan Kartini, ada beberapa pilihan kapal, seperti Kapal Feri Siginjai dan Express Bahari. Berikut ini Jadwal Keberangkatan Kapal Karimunjawa :

Jadwal Kapal Feri Siginjai (Kapal Lambat) dari Jepara ke Karimunjawa

  • Hari Jumat : 06.30 WIB
  • Hari Sabtu : 07.00 WIB
  • Hari Senin 07.00 WIB
  • Dan Hari Rabu 07.00 WIB

Jadwal Kapal Feri Siginjai (Kapal Lambat) Dari Karimunjawa ke Jepara

  • Hari Jumat : 13.00 WIB
  • Hari Minggu 07.00 WIB
  • Hari Selasa 07.00 WIB
  • Hari Kamis 07.00 WIB

Jadwal Kapal Cepat Express Bahari dari Jepara ke Karimunjawa

  • Hari Jumat Jam 09.00 WIB
  • Hari Sabtu Jam 10.00 WIB
  • Hari Senin jam 09.00 WIB
  • Hari Selasa pukul 09.00 WIB

Jadwal Kapal Cepat Express Bahari dari Karimunjawa ke Jepara

  • Hari Sabtu Jam 07.00 WIB
  • Hari Minggu jam 11.00 WIB
  • Senin Mulai jam 13.00 WIB
  • Hari Rabu jam 11.00 WIB

Untuk masalah harga, tentu akan lebih ekonomis jika berangkat dari Pelabuhan di Jepara dibandingkan dari Semarang.  Untuk Harga Atau Tarif Kapal Cepat Bahari Express dari Jepara ke Karimunjawa maupun sebaliknya adalah VIP Rp 177.000 / penumpang sedangkan Ekonomi Rp 152.000 / Penumpang (tarif kapan saja bisa berubah).

2. Perhatikan Cuaca Sebelum Berangkat

Hal penting sebelum ke Karimunjawa yang kedua adalah cuaca. Lebih baik cek perkiaraan BMKG dahulu sebelum berangkat.

Kenapa hal ini penting?

Karena jika ketinggian gelombang lebih dari 3 meter, biasanya jadwal keberangkatan akan dibatalkan, dan tentu wajib untuk menunggu 1-2 hari, jika masih ingin ke Pulau Karimunjawa.

3. Bulan Paling Baik Untuk Liburan ke Karimunjawa

Bulan paling baik untuk liburan ke Karimunjawa adalah di Bulan Mei hingga September.

Kenapa demikian?

Karena di bulan tersebut, angin tidak terlalu kencang dan ombak juga tidak terlalu tinggi. Jadi cuaca akan lebih bersahabat dan memudahkan pelayaran ke Karimunjawa. Begitu juga dengan aktivitas lain seperti snorkeling hingga Island Hopping.

4. Obat-obatan Pribadi dan Tabir Surya

Perlu diketahui, jika udara di Karimunjawa sangat berangin walaupun sedang terik matahari, jadi obat-obatan pribadi seperti tolak angin akan sangat berguna dan tidak lupa juga tabir surya, untuk menghalau teriknya sinar matahari.

5. Jika Menggunakan Jasa Tour Paket Karimunjawa, Perhatikan Baik-baik!

Advertisements

Menggunakan jasa tour Paket Karimujawa memang memudahkan kita untuk liburan, selain tidak memikirkan gono-gini sendiri, kita tidak dipusingkan mengenai akomodasi.

Namun sebelum memilih Jasa Tour Karimunjawa sebaiknya, memilih yang sudah handal dan bisa dipercaya.

Cara yang paling mudah untuk diterapkan adalah dengan menghubungi mereka sampai ada deal kesepakatan yang benar-benar jelas. Jangan lupa untuk menanyakan semua hal yang ingin kalian tahu tentang jasa tour tersebut, mengenai lokasi menginap, fasilitas dll. Tapi sebelum itu, terlebih dahulu untuk cek web resminya, pahami detail isinya, jika ada pertanyaan barulah jangan sungkan untuk bertanya.

6. Berkunjung ke Beberapa Pulau (Island Hopping) Wajib Banget, Tapi?

Liburan ke Karimunjawa wajib banget untuk cobain Island Hopping. Perlu diketahui jika Karimunjawa memiliki 27 Pulau dan setiap pulaunya memiliki keunikan tersendiri. So pasti akan sangat rugi jika tidak melakukannya.

Tapi ada yang perlu diperhatikan. Untuk melakukan Island Hopping tentu kita akan menggunakan biro tour dan travel yang ada disana, nah yang perlu diperhatikan adalah apakah sistem tournya private atau sharing?

Jika memang memiliki budget yang agak lebih, sangat disarankan untuk memilih yang private, karena akan lebih leluasa untuk menikmati Island Hopping kalian. Bayangin saja, biasanya beberapa paket tour yang sudah ramai, 1 kapal bisa seperti study tour gitu.

7. Perhatikan Langkah Kaki

Liburan di Karimunjawa tentu tidak akan jauh dari bermain air di Pantai. Nah maka dari itu, memperhatikan langkah kaki akan sangat penting, karena disini terumbu karang masih alami, jadi jangan sampai menginjaknya ya.

Selain waktu tumbuh terumbu karang ini sangat lama, menginjak terumbu karang juga bisa melukai kaki kita lho. Masih ada lagi beberapa biota laut seperti bulu babi, ubur-ubur dan lainnya yang beracun, jadi pada intinya, tetap hati-hati.

8. Bawa Uang Tunai Yang Cukup

Membawa uang tunai sangat penting di Karimunjawa. Memang sudah ada ATM namun tidak menutup kemungkinan jika mesin ATM kehabisan uang karena sekarang wisatawan sangat ramai.

Namun ada yang perlu diingat, bawalah secukupnya, jangan terlalu banyak, karena selain boros juga tidak nyaman pasti jika membawa uang tunai banyak dan dibawa kemana-mana.

9. Penginapan di Karimunjawa

Jika tidak menggunakan jasa tour, tentu kita akan dibebankan cari penginapan sendiri. Nah disini perlu dipersiapkan matang-matang, terutama jika liburan di Karimunjawa pada puncak masa liburan seperti di bulan Juni-Agustus. Biasanya homestay hingga hotel cepat penuh, jadi wajib gerak cepat untuk cari penginapan yang sesuai.

10. Belanja Oleh-oleh di Karimunjawa

Mencari oleh-oleh di Karimunjawa tidak sulit kok, namun alangkah baiknya jika berama-ramai bersama rombongan, karena biasanya jika membeli dalam jumlah banyak bakal ada harga khusus. Dan ingat jangan lupa untuk menawar ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.9 / 5. Jumlah 7

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?