Antisipasi Kerumunan, Ragunan Membuat Lingkaran Untuk Tempat Piknik

Ada beberapa langkah unik tempat wisata dalam menanggulangi atau antisipasi kerumunan, salah satunya adalah  TMS Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan, yakni dengan membuat lingkaran untuk tempat piknik.

Memang tidak bisa dipungkiri jika Ragunan, merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang biasanya selalu dipadati wisatawan saat lebaran, apalagi di saat sekarang ini, dimana adanya larangan mudik 2021 untuk keluar kota.

Lingkaran Untuk Tempat Piknik, photo by IG : @dkijakarta
Lingkaran Untuk Tempat Piknik, photo by IG : @dkijakarta

Pembuatan lingkaran tersebut memang ditujukan untuk lokasi piknik sekaligus membatasi dan menjaga jarak antar pengunjung.

Lingkaran di Ragunan, photo by IG : @dkijakarta
Lingkaran di Ragunan, photo by IG : @dkijakarta

Dan harapannya para pengunjung juga bisa mematuhi peraturan tersebut, dimana tidak boleh melewati garis saat piknik dan berkegiatan disitu.

Selain membuat lingkaran piknik, Ragunan juga hanya membuka sekitar 30% pengunjung saja, dimana saat libur lebaran bisa mencapai 100 ribu orang, jadi saat ini dibatasi hanya sekitar 30 ribu orang saja.

Dikala pandemi ini, pengunjung Ragunan hari biasa mencapai 300-500 orang, sedangkan saat liburan akhir pekan bisa mencapai 3000-7000 wisatawan dan bisa mencapai 25 ribu orang saat hari minggu.

Tempat wisata dengan luas sekitar 147 hektar ini memiliki banyak hal menarik, seperti koleksi satwa yang sangat banyak mencapai 2.200 satwa, baik satwa endemik hingga luar Indonesia.

Tidak cuma itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya Taman Anggrek Ragunan yang menjadi lahan terbuka hijau. Penjaja makanan pun banyak tersedia mulai dari makanan lokal hingga internasional. Dan tidak lupa juga untuk kesini wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Wajib pesan tiket terlebih dahulu jika ingin berkungjung

Bagi kalian yang ingin berwisata ke Ragunan, wajib untuk memesan tiket terlebih dahulu melalui link berikut ini bit.ly/TiketRagunan.

Jangan lupa juga memperhatikan jam operasionalnya, yakni mulai pukul 07.00 WIB hingga tutup loket pukul 14.00 WIB. Tiket hanya bisa dipesan H-1 sebelum kedatangan.

Syarat masuk ragunan

Selain itu ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi untuk berkunjung ke Ragunan, seperti:

1. Formulir pendaftaran hanya dapat digunakan sesuai tanggal yang tercantum dalam formulir pendaftaran.

2. Pengunjung diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan antara lain wajib menggunakan masker, membawa handsanitizer & menerapkan social distancing.

3. Pengunjung harus dalam kondisi sehat.

4. Pelayanan verifikasi pendaftaran online di loket mulai pukul 07:00 s/d 14:00 WIB & jam operasional kunjungan mulai pukul 07.00 s/d 15.00 WIB (Waktu Dapat Berubah Tanpa Pemberitahuan Lebih Lanjut).

5. Jumlah pengunjung maksimal kapasitas 30% per hari (Selasa s/d Minggu).

6. Tiket masuk yang digunakan tetap menggunakan Jakcard.

7. Pendaftaran menggunakan KTP DKI.

8. Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan berhak untuk mengubah, menyesuaikan, menambah, atau menghapus salah satu syarat dan ketentuan ini, dan/atau mengubah, menangguhkan atau menghentikan setiap aspek dari pendaftaran online ini.

9. Dilarang menggunakan atau menyalah gunakan fasilitas ini untuk tujuan melanggar hukum.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini