Lumpia Samijaya, Kuliner Legendaris Yang Wajib Dicoba Saat Ke Malioboro

Kulineran di Yogyakarta tentu yang terbesit adalah Gudeg, Nasi Kucing, Sate Klatak sampai Bakmie Jawa, tapi tahukah kamu selain kuliner yang sangat terkenal itu ada satu makanan yang sangat melegenda yakni Lumpia Samijaya.

Lumpia selama ini memang dikenal sebagi makanan khas Kota Semarang, disitu kita bisa menemukan banyak sekali penjual di beberapa tempat.

Nah untuk lumpia legendaris dari Jogja ini juga tidak berbeda dengan lumpia khas semarang, hanya saja isinya adalah sayuran yang dicampur dengan daging ayam yang sudah dicincang.

Terus kenapa Lumpia Samijaya dibilang Legendaris?

Konon, Lumpia Samijaya ini sudah ada sejak tahun 1976 dan menjadi kuliner primadona bagi orang yang berkunjung ke Yogyakarta, terutama saat ke malioboro. Tempat jualan lumpia Samijaya ini juga sangat sederhana, cukup dengan gerobak saja.

Sebenarnya lumpia yang legendaris ini tidak memiliki nama resmi, seperti “Samijaya” penamaan ini lantaran tempat jualanya tepat didepan toko Samijaya.

Lumpia Samijaya, Kuliner Legendaris depan Samijaya
Lumpia Samijaya, Kuliner Legendaris depan Samijaya

Selain itu banyak orang menyebutkan dengan nama Lumpia Mutiara, karena berada disamping Hotel “Mutira” yang ada di Malioboro.

Lumpia Samijaya, samping Hotel Mutiara
Lumpia Samijaya, samping Hotel Mutiara

Lumpia Samijaya memiliki ukuran yang unik, karena tidak terlalu panjang, namun padat berisi. Asiknya Lumpia Samijaya selalu disajikan saat masih panas, jadi jika ada pembeli barulah didoreng lumpianya.

Menggoreng Lumpia Samijaya
Menggoreng Lumpia

Untuk menikmati Lumpia Samijaya yang legendaris ini kita bakal dapat 3 tambahan yakni cabe rawit, acar dan saus bawang putih. Nah hal inilah yang akan menambah sensasi lain makan lumpia di Malioboro Yogyakarta ini. Selain sensasi gurih yang meledak dimulut, rasa lumpia ini akan menyatu dengan beberapa tambahan acar dan saus bawang putih tadi.

Yang paling menyenangkan adalah harga yang sangat terjangkau. Untuk menikmati Lumpia Samijaya yang legendaris ini kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 4000 – Rp. 4500 saja.

Harga Lumpia Samijaya
Harga Lumpia Samijaya

Lumpia Biasa yang isinya sayur+ayam harganya Rp. 4000

sedangkan

Lumpia spesial isinya sayur+ayam+telur puyuh Rp. 4500

Benar-benar harga yang sangat pas dikantong bukan? Namun ingat harus sabar mengantri ya, karena penikmat dari Lumpia Samijaya ini sangatlah banyak. Untuk informasi jam Buka Lumpia Samijaya ini biasanya mulai dari pukul 10.30-15.00 dan akan buka kembali pukul 16.30 sampai habis. 

Apakah sudah ngiler? Jadi jika berkunjung ke Malioboro jangan lupa untuk mencicipi kuliner legendaris yang satu ini ya. Selamat liburan!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?