11 Makanan Khas Jawa Timur yang Harus Kamu Coba, Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

Salah satu surganya destinasi wisata yang ada di Indonesia adalah Provinsi Jawa Timur.

Letak geografisnya yang berada di penghujung pulau Jawa, menjadi tempat berlalu-lalangnya budaya sehingga menciptakan keragaman destinasi dalam berwisata.

Wisata yang disuguhkan pun beragam, bukan hanya destinasi alam yang ciamik, namun juga wisata kuliner yang terasa sangat lezat. Makanan khas Jawa Timur terkenal akan rasanya yang pedas dan gurih.

Nah, berikut adalah 11 masakan khas Jawa Timur yang harus kamu coba, paling tidak sekali seumur hidup!

1. Soto Lamongan

Makanan khas jawa timur, Soto lamongan Cak Har, Image By IG : @devina85
Soto lamongan Cak Har, Image By IG : @devina85

Makanan pertama yang khas dari Provinsi Jawa Timur adalah soto lamongan. Lamongan yang merupakan salah satu kabupaten dari Provinsi Jawa Timur memiliki racikan bumbu untuk soto yang berbeda dengan soto lainnya.

Meskipun sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia, rasa autentik asli dari soto yang tercipta dari kabupaten ini wajib kamu coba!

Salah satu rahasia kunci dari rasa yang autentik dari soto lamongan adalah kuah yang dibumbui oleh bubuk koya.

Bubuk koya inilah yang menjadi pembeda dengan soto lainnya. Selain itu, irisan daging sapi dan irisan telur yang direbus juga menambah kaya cita rasa.

Semakin tertarik mencobanya? Cobain ya kalau ke Lamongan!

2. Sate Madura

Makanan khas jawa timur Ilustrasi, Sate Madura, photo IG: @kulinerjogya
Ilustrasi, Sate Madura, photo IG: @kulinerjogya

Terkenal akan bumbu kacang dan wangi dari arang batok kelapa, siapa yang tidak mengenal sate khas Jawa Timur ini? Yap, Sate Madura.

Seperti namanya, sate ini berasal dari salah satu pulau yang ada di provinsi Jawa Timur. Makanan ini menjadi legenda di dunia per-sate-an karena terdapat hampir di setiap daerah.

Meskipun hampir ada di setiap daerah, rasa otentik dari sate yang dibuat di tanah kelahirannya takkan pernah tergantikan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sate madura dibakar dengan arang batok. Tentunya hal ini menjadi langka di tengah banyaknya yang sudah menggunakan arang kayu.

Selain itu, sate madura juga memiliki cita rasa kecap manis kental yang khusus, sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Bagaimana? Ingin mencoba?

3. Bakso Malang

Bakso Malang,
Bakso Malang, image by IG: @rio_njoo87

Seperti namanya, bakso ini berasal dari kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Bakso satu ini memiliki cita rasa yang unik.

Kuah yang bening dan rasa yang ringan menjadi perpaduan rasa yang nikmat. Juga, tambahan pangsit goreng menambah kekayaan tekstur rasa dari bakso ini.

Seiring perkembangan zaman, bakso malang dengan khasnya menjadi sebuah ikon bagi Kota Malang.

Meskipun begitu, bakso malang sendiri dapat dijumpai di hampir seluruh penjuru Indonesia. Walaupun begitu, rasa oriental dari bakso malang yang berada di Kota Malang menjadi legenda tersendiri.

Selain menjadi ikon wisata kuliner untuk Kota Malang, bakso Malang juga menjadi ikon kuliner dari provinsi Jawa Timur.

Jika berkunjung ke Kota Malang, wisata kuliner satu ini tidak boleh dilewatkan!

4. Pecel Lele

Pecel Lele
Pecel Lele, image by IG: @ lamongan.update

Pecel lele, sangat erat sekali kaitannya dengan Kota Lamongan. Jika diperhatikan, warung makan pecel lele hampir ada di setiap jalan yang kita lewati.

Meski begitu, pecel lele khas Lamongan yang berasal Jawa Timur tentunya memiliki rasa yang tak pernah tergantikan.

Seperti pecel lele pada umumnya, lele yang sudah disiapkan kemudian digoreng hingga benar–benar kering sehingga dagungnya pun terasa renyah.

Kemudian lele yang sudah digoreng kering akan disajikan dengan nasi panas dan lalapan yang segar.

Saat ini  makanan khas Jawa Timur satu ini lebih umum menjadi salah satu menu malam yang mudah ditemukan dan terjangkau.

Namun di beberapa tempat, seperti di tengah kota besar, menu ini juga cukup sering disajikan pada siang hari.

5. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang Kediri
Nasi Tumpang Kediri, image by IG: @tungkutinani

Mungkin ini terdengar asing, tapi percalah ini bukan typo atau salah ketik. Yap, benar sekali, nama masakan satu ini adalah nasi tumpang.

Nasi tumpang adalah salah satu masakan khas dari Jawa Timur yang masih sering disajikan dalam jamuan adat.

Jika dilihat dari asal muasalnya, masakan satu ini berasal dari Kota Kediri. Namun, keberadaanya saat ini sudah bisa ditemukan di kota-kota lain di Jawa Timur.

Nama Tumpang sebenarnya berasal dari kata “ditumpang”. Hal ini berasal dari tampilan sajian nasi yang ditambah dengan suwiran ayam juga cabai lalu “ditumpang” sambal di atasnya.

Nah, sambal yang diberikan pun bukan sembarang sambal. Melainkan sambal yang terbuat dari tempe bosok sehingga memberikan rasa yang sangat khas.

6. Rawon

Resep Rawon Daging Sapi, Image by IG : @dapur_miniku/
Rawon Daging Sapi, Image by IG : @dapur_miniku/

Mari merapat yang makanan favoritnya adalah olahan daging. Olahan daging yang khas dari Jawa Timur ini sering kali menjadi makanan yang disajikan ketika ada acara atau sebuah pernikahan.

Masakan yang khas dengankuahnya yang berwarna hitam ini menjadi salah satu makanan yang perlu kamu coba paling tidak sekali dalam hidupmu!

Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa menemukan makanan satu ini di hampir seluruh penjuru Indonesia.

Karena rasanya yang sedap, menu ini sudah bisa dirasakan di resto terdekat di rumahmu. Perlu diketahui bahwa rasa otentik yang berasal langsung dari kotanya akan berbeda loh!

Meski terlihat hitam karena bumbu rahasianya, makanan ini terasa sangat kaya rempah dan segar karena ditaburi oleh tauge.

Rawon akan terasa nikmat sekali jika dinikmati dengan nasi putih yang panas. Tentunya, masakan satu ini cocok untuk makan siang atau makan malam loh.

7. Lontong Balap

Resep Lontong Balap Sederhana
Lontong Balap, image by IG : @rumahresepindonesia

Nama yang unik bukan untuk sebuah nama makanan? Meskipun terdengar unik, makanan satu ini termasuk makanan khas yang berasal dari Jawa Timur.

Biasanya, makanan khas Jawa Timur satu ini mudah ditemukan di alun-alun atau pusat keramaian lainnya di sekitar Jawa Timur.

Lontong balap sendiri terdiri dari lontong yang dicampur dengan bahan lainnya seperti tahu, toge, lenthok, bawang goreng dan kecap.

Supaya lebih mantap, tambahkan sambal cabai agar terasa lebih nikmat. Nah, yang perlu diingat adalah penjual lontong balap satu ini menjual bukan dengan gerobak, melainkan dengan dibawa keliling menggunakan motor.

Dari sinilah asal muasal nama lontong balap yaitu, “balap” alias cepat jalannya karena menggunakan sepeda motor.

8. Sate Kerang

Sate Kerang
Sate Kerang, image by IG: @r47natjana

Kali ini bagi anda pecinta seafood, Jawa Timur juga punya sate kerang yang ga kalah spesial loh. Makanan satu ini bernama sate kerang.

Nah, sate kerang satu ini mulai dikenal bukan hanya karena keunikannya, namun karena rasanya yang juga terasa nikmat dan cocok untuk menjadi lauk maupun makanan pengganjal lapar.

Hal yang menarik dari kuliner khas Jawa Timur ini adalah cara penyajiannya. Kerang yang sudah dibersihkan dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus sampai setengah matang.

Lalu, ditumis hingga dipastikan semua bumbu menyerap dalam kerang. Baru akan dibakar jika akan disajikan.

Tentunya karena cara memasaknya yang cukup panjang, rasa dari sate kerang satu ini menjadi sangat lezat.

9. Pecel

Nasi Pecel Pojok Madiun, Image By IG : @elvy_eka
Nasi Pecel Pojok Madiun, Image By IG : @elvy_eka

Berbeda dengan pecel lele yang di atas, pecel satu ini berbahan utama sayuran. Siapa sangka pecel ternyata berasal dari provinsi Jawa Timur?

Tidak susah untuk mendapatkan masakan satu ini di luar provinsi Jawa Timur. Namun tentunya, masakan yang langsung didapatkan dari kota yang terkenal akan pecel yakni Madiun, pasti takkan pernah tergantikan rasanya.

Terdapat banyak variasi pecel yang tersebar di sekitaran Jawa Timur. Hal ini tentunya dikarenakan tiap daerah memiliki rasa khas yang menjadi ikon bagi kota tersebut.

Seperti di daerah Blitar, pecel disajikan dengan menggunakan sayuran dan disiram dengan saus kacang yang kental dan pedas.

Lalu dengan tambahan rempeyek di atasnya, semakin memberikan kekayaan tekstur yang lezat.

10. Rujak Soto

Rujak Soto
Rujak Soto, image by IG: @huda_yuda299

Meski terdengar asing, masakan satu ini termasuk masakan yang populer loh di daerah Jawa Timur.

Memang nama yang unik ini akan membuat kita berpikir bagaimana betuk dan rasa dari dua makanan tersebut.

Karena terdapat dua nama makanan dengan kekhasan masing-masing yang kemudian dijadikan satu masakan.

Tentu hal ini bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat kota Banyuwangi. Karena masakan satu ini justru menjadi salah satu sarapan atau bahkan makan siang yang tepat.

Selain karena rasanya yang lezat, harganya yang cukup murah membuat masakan satu ini favorit bagi hampir semua kalangan.

Jadi, rujak soto ini memiliki perpaduan antara rujak sayur dengan kuah soto kuning yang kaya akan rempah.

Perpaduan rasa dari sayur juga kuah soto kuning memberikan rasa yang khas dan justru memberikan efek segar pada tubuh.

Porsinya yang cukup tentunya akan membuat kamu merasa tidak kekenyangan dan cukup.

11. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay
Bebek Sinjay, image by IG: @stanley_liem

Nah, selanjutnya adalah masakan bagi kamu yang suka dengan olahan bebek. Bebek sinjay sebenarnya adalah masakan khas yang berasal dari daerah bernama Sinjay yang terletak di Madura.

Olahan yang berbeda dari bebek pada umumnya menjadikan menu satu ini sangat spesial.

Ciri khas dari masakan satu ini adalah rasa dari bumbu yang digunakan. Sehingga bisa menghasilkan rasa daging bebek yang empuk dan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging bagian terdalam.

Selain itu, bau amis yang biasanya mengganggu penyajian dari masakan olahan bebek juga tidak ditemukan di masakan satu ini.

Tidak seperti masakan lainnya, masakan satu ini tidak banyak ditemukan di daerah selain Jawa Timur.

Saat berkunjung ke daerah Madura,  mampirlah ke warung yang menyediakan makanan ini. Bisa jadi, kamu tidak akan menemukan masakan ini di lain tempat.

Nah, itu tadi 11 makanan khas Jawa Timur yang harus kamu coba meski sekali seumur hidup. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang akan berwisata ke Jawa Timur ya!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!