Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Dari Bantul Yogyakarta

Tidak hanya Gudeg, Mangut lele Mbah Marto juga selalu bikin kangen Yogyakarta. Makanan sederhana dari Bantul Yogyakarta ini selalu ramai dipadati penggemarnya.

Mangut lele mbah Marto terletak jauh dari pusat keramaian Kota Yogyakarta, kurang lebih sekitar 20 menit jaraknya dari pusat kota Jogja. Namun jangan kaget, walaupun jauh dari pusat kota, banyak sekali penggemar masakan beliau yang sudah antri untuk menikmati setiap harinya.

Lokasi Mangut Lele Mbah Marto, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)
Lokasi Mangut Lele Mbah Marto, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)

Untuk menuju mangut lele legendaris di jogja ini kita harus masuk melewati jalan kecil dan rumah warga, hal ini dikarenakan Mangut lele Mbah Marto masih berjualan di rumah sendiri, yakni di daerah Panggungharjo, Sewon Bantul, Yogyakarta.

Sebenarnya Mangut Lele itu Apa?

Lele yang diasap, di Mangut Lele Mbah Marto, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)
Lele yang diasap, di Mangut Lele Mbah Marto, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)

Mungkin masih banyak yang bertanya “mangut lele itu apa?” Mangut lele adalah ikan lele yang diasap atau dibakar hingga matang, kering agak kehitaman dengan aroma yang istimewa. Setelah itu barulah dimasak dengan kuah santan dengan bumbu andalan ditambah cabe merah yang pedas.

Lele asap dimasak dengan kuah santan, di Mangut Lele Mbah Marto, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)
Lele asap dimasak dengan kuah santan, di Mangut Lele Mbah Marto, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)

Uniknya, walaupun dimasak dengan kuah santan, daging lele tadi tidak hancur, tetap kesat, empuk dan yang pasti pedas menggoda. Bagi kalian yang sudak pedas, Mangut Lele Mbah Marto ini wajib banget dicicipi.

Keunikan Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto Dimasak Menggunakan Tungku, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)
Mangut Lele Mbah Marto dimasak menggunakan tungku, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)

Salah satu keunikan yang ada di Mangut Lele Mbah Marto adalah tetap mempertahankan memasak menggunakan tungku dengan kayu sebagai bahan bakarnya. Jadi jika bicara rasa, sejak dulu tidak pernah berubah, alias konsisten.

Selain pembuatan Mangut Lele yang masih menggunakan cara lama, pelanggan disini juga bebas mengambil makanan yang ada di dapur lalu dinikmati langsung.

Pembeli bisa mengambil sendiri di dapur Mangut Lele Mbah Marto,Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)
Pembeli bisa mengambil sendiri di dapur Mangut Lele Mbah Marto, Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)

Setelah menggambil nasi sendiri, kita bisa memilih lauk-pauk yang sangat menggiurkan, tentu yang wajib dicoba adalah Mangut Lele. Mangut Lele Mbah Marto bisa dibilang berbeda dari mangut di daerah lain, yang biasanya berkuah kuning kemeraham sedangkan di Mangut Lele mbak Marto berwarna lebih merah menyala.

Sejarah Mangut Lele Mbah Marto

Apabila kita tengok kebelakang lagi tentang sejarah Mangut Lele Mbah Marto ini sangatlah panjang. Dahulu, Mbah Marto sendiri yang menjajakan dagangannya di Kota Yogyakarta namun setelah sekian lama dan bertambahnya usia beliau Mangut Lele Mbah Marto menetap dirumahnya.

Mbah Marto sudah berjualan sejak tahun 1970 lho, sudah bisa dibayangkan bukan pelanggan beliau pasti juga sudah lintas generasi. Tidak hanya warga lokal saja yang menjadi pelanggannya, banyak wisatawan, mulai dari orang biasa, artis hingga pejabat pernah makan ditempat legendaris ini.

Perlu diketahui juga hingga saat ini Mbah Marto tidak membuka cabang dimanapun, di Usia yang tidak lagi muda, beliau masih setia untuk melayani pelanggan yang datang dengan senyum ramahnya.

Harga Mangut Lele Mbah Marto

Ragam Olahan di Mangut Lele Mbah Marto, ,Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)
Ragam olahan di Mangut Lele Mbah Marto,  Photo By : Johan K (IG : @johankusumotret)

Selain rasa yang sangat menggugah selera, yang membuat pelanggan betah adalah harga yang dipatok tidaklah tinggi. Untuk satu porsi mangut lele, ditambah sambal goreng krecek dan oseng daun pepaya, cuma Rp. 20.000 saja.

Alamat Mangut Lele Mbah Marto


Seperti yang sudah disebutkan diawal tadi jika alamatnya jauh dari pusat kota, namun tidak sulit kok untuk mencarinya, karena berada tepat di Dusun Nggeneng Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Lebih mudahnya, lokasinya berada di belakang Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Jl. Parangtritis Km 6,5 Sewon Bantul. Dari Jl. Parangtritis tepatya di Kantor Pos Sewon belok ke kanan, lalu mengikuti jalan aspal di Dusun Taraban. Kemudian ada pertigaan pertama bisa belok ke kanan mengikuti jalan kecil disana.

Jam Buka Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto buka setiap hari mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Datanglah sekitar pukul 11.00-14.00 WIB, pada jam tersebut biasanya lauk pauk masih lengkap dan hangat. Namun tentu harus agak sabar, karena biasanya banyak yang antri dan bisa saja kehabisan tempat duduk. Jadi disarankan datang lebih awal ya.

Itulah sekilas tentang Mangut Lele Mbah Marto, yang masuk dalam salah satu kuliner legendaris di Jogja. Jadi tidak hanya Gudeg saja, jika liburan di Jogja jangan lupa cobain berbagai kuliner menarik disini, seperti soto yang sudah melegenda di Jogja, hingga kuliner menarik lainnya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?