Memek, Kuliner Unik Khas Aceh Yang Melegenda

Selain wisata religi, pada bulan ramadhan ini banyak sekali traveler yang juga berburu tentang berbagai macam kuliner khas dari berbagai daerah.

Selain untuk mencoba membuktikan kenikmatan dan keaanekaragaman kuliner dari berbagai daerah terdapat berbagai alasan untuk berwisata kuliner, salah satunya karena makanan/olahan tersebut unik dan hanya bisa dinikmati saat bulan ramadhan saja.

Di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, suku serta keadaan geografis tentunya bukan hal yang suit jika ingin menemukan kuliner yang unik dan lezat, seperti salah satu kuliner yang berasal dari Aceh ini misalnya, nama kuliner itu adalah memek. Yapp bagi sebagian orang nama ini pasti terdengar kasar dan bahkan terkesan jorok ya apalagi untuk sebuah nama makanan, tapi dibalik nama itu munculah satu kuliner yang sangat khas dan layak untuk dicicipi.

Memek, Kuliner Khas Aceh, Image By : www.kanalaceh.com
Memek, Kuliner Khas Aceh, Image By : www.kanalaceh.com

Kuliner yang berasal dari daerah Simeulue ini merupakan kuliner yang legendaris, mulai dari resep pembuatan hingga rasanya. Bagi yang belum tau, memek merupakan makanan khas Aceh berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan pisang, kemudian setelah matang makanan ini menyerupai bubur dengan mangkok sebagai alat penyajiannya, tidak lupa juga ada tambahan santan dan gula yang membuat makanan ini semakin menggoda. Makanan khas Aceh yang sangat melegenda ini sangat disarankan untu dinikmati selagi hangat.

Lalu dimana kita bisa mencicipi makanan yang satu ini?

Untuk menikmatinya kita harus mengunjungi Aceh ya, tepatnya di Pulau Simeulue. Pulau Simeulue merupakan salah satu pulau yang merasakan dampak besar sunami yang melanda aceh dan sekitarnya, namun tak perlu khawatir karena sekarang pulau tersebut sudah aman kok.

Meski makanan legendaris dan terkenal, untuk saat ini termasuk sedikit sulit untuk menemukannya. Jika ingin menjumpai makanan ini, datanglah saat bulan ramadhan, karena makanan tersebut sering dijadikan takjil saat buka puasa. Aroma bubur pisang dari kuliner khas Simeulue ini sangat cocok jika dijadikan menu berbuka,  dan yang paling penting harganya murah loh, cukup Rp 10.000,- untuk setiap mangkoknya.

Nah bagi kalian yang mempunyai makanan khas yang berasal dari daerah kalian jagan sungkan untuk dipublish ya, siapa tau kelak makanan yang sekarang dibilang tradisional akan menjadi kuliner yang digemari kemudian hari, sampai jumpa lagi di wisata kuliner selanjutnya ya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?