6 Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Sebelum Solo Traveling!

Solo traveling memang lagi hits sekarang ini. Selain lebih seru dan menantang, hal yang paling disukai adalah lebih fleksibel dalam mengatur waktu.

Siapapun bisa melakukan solo traveling, karena kegiatan ini tidak pandang usia, mau anak muda atau manula, jika ingin, bisa saja melakukannya.

6 Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Sebelum Solo Traveling!
Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Sebelum Solo Traveling!

Namun, sebelum melakukan solo traveling, sebaiknya perhatikan 6 hal penting berikut ini agar kegiatan kita lebih lancar.

1. Karena Pergi Sendirian, Packinglah Lebih Ringkas

Namanya juga solo traveling atau traveling sendirian, jadi, mau gak mau harus menghandle semua barang bawaan sendiri.

Cara paling tepat untuk mengakalinya adalah dengan memastikan packing barang seringkas mungkin, agar tidak merepotkan selama liburan nanti. Usahakan barang bisa muat 1 tas saja, ditambah tas kecil untuk membawa barang penting seperti dompet dan ponsel.

Membawa bekal makanan memang tidak ada salahnya, namun jangan terlalu banyak, selain akan merepotkan saat membawa, biasanya saat solo traveling itu, habis untuk menikmati pemandangan di sekitar atau ngobrol dengan orang baru. Jadi, kadang bekal makanan akan terabaikan.

2. Cek 2x Untuk Perlengkapan Penting Seperti Identitas Diri

Pastikan surat-surat penting seperti identitas diri KTP, SIM sampai Pasport sudah terbawa. Maka dari itu periksalah minimal 2x untuk memastikan benar-benar sudah membawanya.

Solo traveling tentu berbeda dengan liburan bersama orang lain, kita harus bertanggung jawab atas diri sendiri. Surat identitas ini sangatlah penting untuk jaga-jaga jika dalam keadaan darurat.

3. Buatlah Itinerari Sebelum Berangkat

Itinerari sifatnya sangat wajib, karena saat solo traveling, kita tidak ada teman untuk diskusi menentukan jadwal bepergian. Jika belum terbiasa membuat itinerari lengkap, setidaknya buatlah gambaran tempat yang akan dikunjungi dan estimasi waktunya.

Praktiknya nanti sebenarnya tetap fleksibel sesuai keinginan kita, tapi dengan adanya itinerari ini bisa dijadikan panduan atau antisipasi saat kita bingung ingin kemana. Minimal sudah ada patokan daftar lokasi yang wajib kita kunjungi, keterangan waktu hingga jam operasional tempat wisata, ditambah dengan lokasi pilihan penginapan akan sangat membantu kita saat solo traveling.

4. Pastikan Kesehatan Tubuh, Wajib Dalam Keadaan Fit

Memastikan kesehatan tubuh sangatlah penting. Memilih solo traveling artinya siap menghadapi resiko sendirian termasuk saat tubuh merasa kurang sehat, baik karena cuaca atau yang lainnya.

Advertisements

Cobalah untuk lebih peka membaca sinyal dalam tubuh kita sendiri, jangan sampai memaksakan untuk beraktivitas jika sudah mulai lelah. Apalagi jika tujuan wisata kita merupakan lokasi yang memiliki cuaca atau lokasi yang ekstrem, hal ini tentu sangat membutuhkan banyak tenanga.

5. Persiapkan Dari Awal Dana Cadangan

Menyiapkan dana cadangan dalam bentuk cash atau tunai juga jangan sampai lupa. Memang tidak bisa dipungkiri, ketika kita liburan bareng teman, akan lebih aman, karena bisa mengandalkan orang lain ketika butuh dan dalam keadaan darurat, seperti kehabisan uang tunai saat tidak ada ATM.

Namun saat solo traveling, tentu harus mengatur sejak awal, dan lagi-lagi itinerari akan sangat berpengaruh disini untuk menghitung perkiraan dana yang diperlukan saat sedang di lokasi wisata. Disarankan menambahkan dana cadangan minimal 25% dari anggaran total, seperti anggaran penginapan, transportasi, tiket masuk tempat wisata hingga anggaran belanja.

6. Untuk Panggilan Darurat, Tunjuklah 1-2 Orang Terdekat

Memang tujuan kita sebenarnya adalah liburan, bersenang-senang atau mengenal suatu lokasi yang baru, namun kita tetap wajib bersiap diri untuk menghadapi segala resiko buruk saat liburan.

Hal ini tidak cukup hanya keseharan dan anggaran dana saja, siapkan 1-2 orang  yang bisa dipercaya untuk menerima panggilan darurat. Beberapa orang tersebut sebaiknya orang terdekat dan paham akan identitas kita.

Ingat, solo traveling bukan berati kita diam-diam traveling lho, sebaiknya beritahukan kerabat atau keluarga sebelum melakukan liburan. Berikan informasi singkat seperti kota besar terdekat yang akan dikunjungi, lokasi wisata hingga estimasi waktu liburan. Selain untuk berjaga-jaga, tentu orang rumah tidak terlalu kawatir akan dimana dan sedang apa kita saat solo traveling.

Itulah 6 hal penting yang wajib diperhatikan sebelum melakukan solo traveling. Selamat liburan dan selamat berpetualang.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?