Menakjubkannya Pantai Parangtritis, Salah Satu Primadona Wisata Jogja

Pantai Parangtritis memang sudah sejak lama selalu menjadi salah satu primadona wisata di Jogja. Salah satu alasannya selain keindahan panoramanya, adalah lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Berbeda dengan Pantai yang ada di Gunung Kidul yang relatif kecil, Pantai Parangtritis memiliki luas berkilo-kilo meter, yang menjadikannya salah satu pantai spesial yang ada di Indonesia.

Pantai Parangtritis, Image By IG : @ezioreco

Dengan luas yang berkilo-kilo meter tadi kita bisa menemukan padang pasir yang lazimnya ada di Arab. Disebelah barat Pantai Parangtritis kita bisa menemukan gundukan-gundukan pasir seperti berada di Gurun dan disini dinamakan Gumuk Pasir Parangtritis.

Gumuk Pasir sendiri, sekarang sudah menjadi salah satu obyek wisata menarik yang menawarkan berbagai macam kegiatan, seperti sky dipasir yang sangat seru dan hanya ditemui di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis.

Naik Delman Di Pantai Parangtritis, Image By IG : @joeluluk
Naik Delman Di Pantai Parangtritis, Image By IG : @joeluluk

Untuk di Kawasan Pantai Parangtritis, kita bisa menikmati banyak sekali kegiatan, seperti mengelilingi pantai dengan Motor ATV, Naik Delman, Naik Kuda hingga bermain sepak bola di pasir.

Naik ATV di Pantai Parangtritis, Image By IG : @_ajenggaluh
Naik ATV di Pantai Parangtritis, Image By IG : @_ajenggaluh

Jika hanya ingin bersantai, tersedia juga tempat berteduh sambil menikmati panorama pantai yang sangat luas sebelah barat dan terlihat tebing tinggi di sebelah timurnya.

Terkenalnya Pantai Parangtritis tidak hanya soal keindahannya saja, namun tentang legendanya yang erat dengan penguasa laut selatan atau sering juga disebut dengan Ratu Kidul.

Menurut ceritnya, laut di sekitar Pantai Parangtritis ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Ratu Kidul yang sering disebut dengan Nyi Roro Kidul. Seringkali jadi perbincangan di masyarakat bahwa jika liburan di Pantai Parangtritis disarankan tidak menggunakan baju atau busana yang berwarna hijau, karena warna tersebut disukai oleh penguasa laut selatan dan bisa ditarik ke laut.

Fasilitas Pantai Parangtritis

Bicara Fasilitas yang ada di Pantai Parangtritis tentu sudah sangat lengkap. Wajar saja sih, karena Pantai yang satu ini sudah sangat terkenal dan menjadi favorit setiap orang saat liburan di Jogja.

Pengunjung bisa dengan mudah menemukan berbagai fasilitas seperti Gazebo Pantai, Warung Makan, Toko Souvenir dan Baju, Toilet umum, Mushola hingga Penginapan / Hotel mulai dari yang murah hingga yang termewah.

Alamat Pantai Parangtritis

Disebutkan diawal tadi, bahwa Pantai Parangtritis selalu jadi pilihan wisatawan yang ada di Jogja karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Pusat Kota Yoyakarta yakni hanya sekitar 1 jam saja.

Alamat Pantai Parangtiritis berada tepat di Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, lokasi Pantai Parangtritis mudah sekali dijangkau dengan kendaraan apapun. Akses jalan yang mulus serta landai tentu menjadi salah satu point tersendiri, kenapa Pantai Parangtritis menjadi tempat wisata favorit di Yogyakarta.

Rute Ke Pantai Parangtritis

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, sangat mudah untuk menuju Pantai Parangtritis. Jarak dari Kota Yogyakarta ke Pantai Parangtritis hanya sekita 28 KM saja, dan rute untuk menuju Pantai ini cukup dengan lurus menyusuri Jl. Parangtritis ke Selatan, dan tentu sudah akan sampai di Pantai Parangtritis.

Banyak papan penunjuk arah untuk sampai kesini, jadi tidak perlu takut kesasar, selain itu, jika memang belum paham, jangan sungkan untuk tanya warga sekitar, dijamin sangat ramah dengan siapapun.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Apabila liburan di Jogja, tidak perlu untuk takut tiket mahal, seperti halnya harga tiket masuk ke Pantai Parangtritis ini, bisa dibilang sangat murah dan terjangkau. Pengunjung cukup membayar Rp. 5000 saja untuk setiap orangnya.

Sedangkan untuk harga tiket Parkir Pantai Parangtritis cukup dengan Rp. 5000 saja untuk mobil, dan Rp. 2000 saja untuk pengguna sepeda motor.

Tips ke Pantai Parangtritis

Jika kita rangkum ulasan diatas, tentu bisa kapan saja ke Pantai Parangtritis, namun waktu yang terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi atau sore hari.

Saat pagi, kita bisa menikmati hangatnya sinar matahari pagi yang menyegarkan sambil menikmati lanscape Pantai Parangtritis yang sangat mempesona.

Pantai Parangtritis, Image By IG : @iininriana
Pantai Parangtritis, Image By IG : @iininriana

Sedangkan saat sore hari, sudah pasti menikmati senja yang sangat luar biasa disini. Kita bisa berfoto dengan background tebing besar disebelah timur pantai Pantai Parangtritis ketika senja datang.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.9 / 5. Jumlah 7

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?