Menakjubkanya Panorama Hutan Dari Atas Tebing Keraton Bandung

Satu lagi destinasi wisata Bandung yang sangat menakjubkan, yakni Tebing Keraton. Mungkin untuk kamu akan bertanya-tanya seperti apa sih tebing keraton ini? Apakah ada keraton di tebing atau gimana. Nah daripada penasaran tengok deh keindahanya berikut ini.

Tebing keraton yang mempunyai ketinggian sekitar 1250 mdpl ini memang sedang hits dibicarakan warga Bandung, Jakarta dan sekitarnya, karena penorama hutan yang sangat indah dari atas Tebing Keraton ini.

Ketenaran dari Tebing Keraton ini berawal dari postingan beberapa orang di sosial media tentang keindahanya, hingga sekarang menjadi destinasi Hits yang mempesona.

Tebing keraton yang mempunyai ketinggian sekitar 1250 mdpl
image : www.tebingkeraton.com

Daya Tarik Tebing Keraton Bandung

Wisata Tebing Keraton ini menyuguhkan jalur patahan Lembang yang sangat unik, serta hujaunya hutan yang sangat indah. Historinya sendiri dulunya tebing ini dinamakan karang jontor oleh warga sekitar, karena bentuknya yang menonjol kedepan.

Sealin itu, ada beberapa daya tarik yang paling istimewa disini yaitu:

1. Hutan dengan selimut kabut

Kita bisa menikmati pemandangan hutan yang luas dan berselimut kabut tebal disini, jadi kadang seperti sedang diatas awan, dan karena bentuk lokasi tebing Keraton ini sangat unik membuat seperti di hutan Amazon.

2. Salah satu tempat sunrise dan sunset terbaik di Bandung

Daya tarik yang kedua adalah kita bisa menikmati megahnya surise dan sunset dari atas Tebing Keraton, dan konon katanya merupakan salah satu tempat terbaik menikmati sunrise dan sunset di Bandung.

3. Ngecamp di alam bebas

Bagi yang suka ngecamp bersama teman, Tebing Keraton bisa jadi pilihan tepat. Disini kita bisa ngecamp dengan biaya tambahan sekitar Rp 40.000 saja (peralatan dibawa sendiri). Jika tidak mau ribet, disini juga ada penyewaan alat camp.

Lokasi Tebing Keraton Bandung

Letak Tebing Keraton ini adalah di kawasan  Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, lebih tepatnya di kampung di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. (Google Map).

Untuk jalur menuju Tebing Keraton ini juga bisa dibilang tidak sulit, karena sekarang banyak yang membuka trip untuk menuju tempat itu. Jika kamu suka petualangan bisa dicoba untuk melakukan perjalanan sendiri, yang pastinya tidak akan terlupakan.

Letak Tebing Keraton ini cuma 30menit dari pusat kota Bandung, jadi tidak terlalu jauh. Untuk menuju Ciharegem Puncak anda bisa naik ojek atau jalan kaki sekitar 20 menit, karena jika membawa kendaraan pribadi diharuskan untuk parkir di desa Ciburial, yang letaknya sebelum desa Ciharegem Puncak.

Menakjubkanya Penorama Hutan Dari Atas Tebing Keraton Bandung
image : mooibandoeng.wordpress.com

Waktu yang tepat ke Tebing Keraton Bandung

Jika ingin berkunjung ke Tebing Keraton ini disarankan sebelum sunrise atau sebelum sunset, karena disana kamu akan menemukan sebuah penorama yang sangat menakjubkan saat itu. Saat pagi, kamu akan melihat sebuah kabut yang mulai terbelah oleh sinar matahari yang menyegarkan, sedangkan pada sore hari kamu akan disuguhkan sunset yang sangat mempesona dengan dikelilingi gunung.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton

Harga tiket masuk Tebing Keraton bisa dibilang cukup murah kok, berikut ini rinciannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) : Rp. 11.000
  • Warga Negara Asing (WNA) : Rp. 76.000
  • Biaya Parkir Motor : Rp. 5.000
  • Biaya Parkir Mobil Rp. 10.000

Tips berkunjung ke Tebing Keraton Bandung

1. Pastikan kendaraan fit

Akses jalan menuju Tebing Keraton bisa dibilang baik, dan bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun 4. Namun perlu diperhatikan karena kondisi jalan menanjak, sebaiknya pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan bagus atau fit.

2. Gunakan pakaian yang tepat

Apabila datang pagi hari untuk menikmati sunrise, jangan lupa untuk membawa jaket yang tebal, karena dipastikan suhu yang dingin. Setelah pukul 10 pagi barula cuaca akan sedikit terik.

Selain itu gunakan alas kaki yang tepat juga, setidaknya yang bersol karet agar tidak licin. Beberapa spot disini memiliki arena tananh yang bisa saja berubah licin sesaat setelah terkena air atau hujan.

3. Bawa uang cash secukupnya

Karena jauh dari ATM, Sebaiknya sediakan uang cash sesaat sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Tebing Keraton.

4. Jangan membeti makan monyet

Perlu diketahui jika ada sejumlah monyet ekor panjang yang bisa dijumpai di Tebing Keraton. Walaupun memang terlihat lucu, namun jangan memberi mereka makan monyetnya. Larangan ini sudah terpampang jelas di beberapa tempat. Pemberian makan monyet liar akan berdampak buruk, karena akan merubah perilaku alami monyet tersebut.

5. Berfoto boleh, tapi jangan melanggat aturan

Dilarang berfoto diluar jalur batas pagar yang tersedia. Hal ini juga demi keamanan pengunjung juga kok.

Jadi mulai sekarang tengok jadwal liburan kalian, dan masukkan Tebing Keraton dalam list destinasi liburan di Bandung. Karena tidak akan menyesal ketika kamu sudah melihat indahnya alam Indonesia disini.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?