Mengenal Kesenian Angguk Tarian Khas Kulon Progo

Ketika berkunjung ke Kulon Progo, jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung ke berbagai obyek  wisata yang ada.

Kabupaten yang menjadi perbatasan paling barat Yogyakarta ini termasuk kaya dalam hal tempat wisata, segalanya ada di sini, mulai dari deretan pantai di sebelah selatan sampai wisata alam di perbukitan menoreh yang menawarkan pemandangan indah dengan udara sejuk khas pegunungan.

Selain tempat wisata yang sangat menarik, kita juga bisa menikmati berbagai kesenian dan budaya yang ada disini, dan salah satu yang paling unik adalah Kesenian Tradisional Angguk.

Mengenal Kesenian Angguk Tarian Khas Kulon Progo
Kesenian Angguk Tarian Khas Kulon Progo, Image By : gapuranews.com

Pernahkah mendengar atau menyaksikan kesenian Tari Angguk yang menjadi tarian khas Kulon Progo? Kesenian ini sudah ada sejak zaman dahulu dan sudah diwariskan secara turun temurun ke beberapa generasi. Seiring perkembangan zaman, tarian ini juga mengalami berbagai perubahan namun tetap bertahan dengan sejarahnya.

Beberapa tahun yang lalu, tarian ini memang mengalami penurunan dalam hal penikmat dan generasi penerus, mengingat pada saat tampil terdapat beberapa penari yang tidak muda lagi, dan hanya ada beberapa sanggar yang masih bertahan dan melestarikan kesenian Angguk, Salah satu yang sudah terkenal sejak dulu adalah Sanggar Angguk Sri Panglaras pimpinan Ibu Sri yang bermarkas di Pripih,Hargomulyo, Kokap. Meski peminatnya pasang surut namun sanggar ini masih terus bertahan hingga saat ini.

Booking.com

Dengan perkembangan yang sekarang ditambah dukungan pemerintah dalam pengoptimalisasi pariwisata di daerah Kulon Progo, maka kesenian pun tak luput dari perhatian pemeintah, terbukti dengan adanya pendampingan kesenian di masing –masing daerah. Hal itu memicu para generasi muda untuk ikut terlibat dalam kegiatan seni budaya, sehingga memunculkan generasi baru dalam kesenian di Kulon Progo.

Belum lagi adanya beberapa fasilitas yang disediakan oleh pemerintah dengan bekerjasama dengan dinas pariwisata dengan menyediakan area untuk menampilkan kesenian Angguk yang merupakan Tarian Khas Kulon Progo.

Tak hanya tampil di acara resmi, serta di berbagai tempat wisata jika kita berkenan sekarang bisa mengundang keseniann ini untuk tampil di wilayah manapun. Untuk jadwal pementasan di wilayah kulon progo bisa cek di papan penguman tempat wisata atau bertanya kepada pengurus.

Gemulai lincah para penari di iringi tabuhan musik tradisional menjadikan Kesenian Angguk menjadi tarian yang khas dan wajib ditonton saat berkunjung ke kulon progo, buat pengalaman baru dengan menonton tarian ini secara langsung, atau jika berminat juga bisa mempelajari tarian ini dengan berkunjung ke sanggar-sanggar yang ada di berbagai daerah di Kulon Progo, tak perlu khawatir karena pengunjung bakal disambut baik oleh penggiat tarian ini.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?