Mengenal Sosok Tawan, Iron Man Nyata Dari Bali Yang Menginspirasi

Siapa yang tidak kenal Iron Man? seorang super hero dari Marvel. Iron Man adalah seorang pria cerdas yang membuat sebuah baju robot untuk membantu menumpas kejahatan dan itu hanya dalam sebuah film.

Namun baru-baru ini telah menyebar sebagai status viral di media sosial tentang Iron Man dalam dunia nyata, bahkan itu ada di Indonesia tepatnya di Bali. Kenapa disebut iron man, karena beliau membuat robot untuk membantu menggerakkan tangan bab Iron Man di dalam film.

Mengenal Sosok Tawan, Iron Man Nyata Dari Bali Yang Menginspirasi

Sang Iron Man dari Bali itu adalah I Wayan Suamandra Alias Tawan. Beliau juga sering dijuluki Manusia Robot oleh warga disekitar tempat tinggalnya.

Berbeda dengan sosok iron man dalam film, I Wayan Suaamandra alias Tawan ini bukan berasal dari keluarga yang sangat kaya, tapi dia adalah seorang tukang las di Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali.

Keahlian Tawan ini bukan berperang loh, tapi memperbaiki perabot rumah tangga, elektornik sampai sepeda motor. Menurut cerita yang dikutip dari “balipost.com” Awal Mula membuat robot untuk tanganya itu karena beliau menderita sakit stroke ringan 6 bulan yang lalu dan mengakibatkan tangan kirinya lumpuh total.

Memang pada awalnya beliau sempat putus asa karena kelumpuhanya itu, mengingat beliau berasal dari keluarga yang kurang mampu apalagi anak-anaknya masih kecil sedangkan sang istri hanya ibu rumah tangga. Namun keputusasaan itu tidak berlangsung lama, karena beliau mencoba bangkit dengan mencari informasi di internet tentang alat untuk membantu tangan kirinya bisa bekerja kembali.

Dengan bermodalkan internet dan wawasan STM, beliau merancang sebuah robot untuk membantu menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh. Dari berbagai percobaan, pada akhirnya beliau menggunakan jenis robot EEG, walau memang masih belum sempurna hal itu sudah sangat membantunya dalam bergerak dan melakukan berbagai pekerjaan.

Yang paling menakjubkanya lagi robot di tangan kirinya itu dikendalikan dengan kontrol otak, seperti yang dikutip dari “Balipost.com” Beliau sempat kesulitan jika harus berkonsentrasi untuk memikirkan atau fokus pada benda yang ingin dia ambil.

Nah dari kejadian ini, banyak sekali yang bisa ambil, kamu tidak perlu melihat dari mana kamu berasal, asalkan kamu mau berusaha, dan terus mencoba, bukan tidak mungkin sesuatu yang orang bilang itu mustahil bisa kamu wujudkan dengan tanganmu sendiri.

Kisah yang sangat menginspirasi. Semoga pak Tawan selalu diberi kesehatan dan bisa memberikan semangat untuk generasi muda sekarang untuk lebih kreatif dan maju.

Penyuka tahu dan tempe, kalau ada tempe aja mau, tapi kalau tahu aja ga suka, jika ada keduanya malah pilih tahu

BAGIKAN
Komentarmu?