Menikmati Indahnya Bendungan Kayangan Kulon Progo

Jika kamu dari arah Yogyakarta, melalui jalan Godean, terus menuju kalibawang, kamu akan mendapati Bendungan Kayangan Kulon Progo.

Eh, kamu belum tau bendungan ini? Coba liat namanya. Kayangan. Kebayang ga?

Jalan Menuju Bendung Kayang
Jalan Menuju Bendungan Kayangan Kulon Progo (Photo By : Rizal Aditya)

Sama dengan namanya, bendungan ini memang seperti di kayangan. Eh, tapi ya jangan mikir kayangan yang aneh-aneh. Dipenuhi dengan bidadari-bidadari cantik dan asyik.

Pikiranmu lho mblo!

Kayangan yang dimaksud adalah keadaannya. Suasanya. Atmosfirnya. Hampir semuanya akan membuatmu menyimpulkan bahwa kamu emang lagi berada di kayangan ketika sedang ada di sana. Walaupun definisi kayangan memang berbeda-beda, tetapi satu yang pasti.

Kayangan selalu nyaman untuk ditempati. Dinikmati. Dan dijadikan tempat relaksasi yang sangat mengasyikkan. Sama yang terjadi ketika kamu mengunjungi kawasan Bendungan Kayangan Kulon Progo ini.

Alamnya itu gais! Haduh, pengen ga pengen pulang! Serius! Kamu ya, pas baru aja sampe kesitu, suguhan indah sudah menanti.

Menikmati Kayangan di Bendung Kayang Kulon Progo
Bendung Kayang (Photo By : Rizal Aditya)

Pepohonan asri nan hijau sudah menunggumu. Melambai-lambaimu. Merengkuhmu untuk segera menikmati alam yang sedang sangat bersahabat. Belum lagi dengan suara gemericik air.

Haduh… syahdunya minta ampun

Musik secantik dan seindah apapun jika dibandingkan dengan gemericik air alami yang sedang mengalir tidak akan ada apa-apanya. Magis!

Seketika kamu mulai mengenakkan badan dan juga hati di Bendung Kayang Kulon Progo ini, kamu akan juga melihat bendungan. Nah! Seketika itu juga, kamu tidak akan pernah bisa berkilah dari keinginan untuk berenang. Atau paling tidak berendam.

Ditemani pepohonan yang asri, diperdengarkan alunan gemericik air, dan juga berendam di air alami yang jernih. Kenikmatan mana lagi yang akan kamu dustakan?

Bendungan Kayangan
Image By : panduanwisata.id

Eh tapi, kalau sedang berenang di Bendungan Kayangan, sebaiknya juga memperhatikan daerah sekitar. Jangan terlalu ke tengah, karena arusnya cukup deras. Karena sebenarnya air yang mengalir itu berasal dari dua arus yang berbeda.

Aliran air tersebut berasal dari aliran sungai Ngiwa dan sungai Gunturan. Makanya, kamu cari aja yang dangkal dan tidak terlalu dalam. Yang penting bisa berendam saja sudah sangat memuaskan.

Bendung Kayang Yang Mempesona
Bendung Kayang (Photo By : Rizal Aditya)

Jangan lupakan swafoto! Nah, akan sangat sulit mencari kawasan yang seperti Bendungan Kayangan Kulon Progo ini karena selain wisata alamnya yang punya daya magnet yang sangat kuat, tetapi juga terdapat beberapa spot foto yang sangat menarik. Salah satu tempatnya ada di tebing. Tebing itu berada di pinggir sungai.

Yang bikin jadi instagrammable adalah karena tebing itu menjulang tinggi. Ada jalurnya jika ingin menaiki. Dan jika sudah sampai, lengkap sudah liburan kamu.

Jalurnya untuk sampai ke wisata ini sebenarnya tidak sulit. Di awal paragraf tadi sudah dijelaskan kalo dari arah Godean menuju Kalibawang. Perjalanannya pun hanya sekitar 40-60 menit dari Yogayakarta menuju Bendung Kayang Kulon Progo ini. Nah, Kalo udah tau gini, masih ga mau ke Bendungan Kayangan Kulon Progo?

Suka menulis dan rajin beribadah

BAGIKAN
Komentarmu?