Menilik Keindahan Air Terjun Kembang Soka Yang Ditopang 7 Sumber Mata Air

Air Terjun Kembang Soka. Sudah kenal dengan destinasi wisata yang satu ini? Yap, Air Terjung Kembang Soka merupakan salah satu Air Terjun paling indah yang ada di Yogyakarta.

Dibuka awal tahun 2015, Air Terjun Kembang Soka selalu menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menikmati, ketenangan alam yang dihiasi asrinya pohon dan segarnya air terjun.

Kenapa Dinamakan Kembang Soka?

Jika kita tengok kembali kenapa dinamai Kembang Soka? Hal ini dikarenakan wilayah tersebut terdapat banyak sekali pohon soka, dan sebelum dibuka untuk objek wisata, warga sekiitar menyebut tempat itu mbangsoko (Singkatan Bahasa Jawa).

Air Terjun Kembangsoka
Image By : www.instagram.com/gudut_setiabudi

Saat ini dengan adanya kegiatan masyarakat sadar wisata, Kembang Soka diolah menjadi destinasi wisata yang sangat menyenangkan oleh pemuda sekitar yang didukung oleh tokoh masyarakat sekitar Air Terjung Kembang Soka.

Air Terjun Kembang Soka kini tdak hanya dikenal wisatawan dalam negeri lho, penasaran bukan ada apa aja disana?

Ada Apa di Air Terjun Kembang Soka?

Keunikan Air Terjun Kembang Soka tidak ada duanya. Disini pengunjung bisa menemui 2 air terjun besar yang memiliki sumber mata air berbeda, Air Terjun Kembang Soka dan Air Tejun Kali Miri.

Adalagi yang tidak kalah uniknya, kedua air terjun tersebuut ditopang 7 sumber mata air (Mata Air Mudal, Mata Air Bangki, Mata Air Tok Jaran, Mata Air Kembang Soka, Mata Air Kalimiri, Mata Air Sepanggal, Mata Air Pandan).

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo
Image By : www.instagram.com/arummarino

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang berpadu mesra dengan sejuknya udara pegunungan, ditambah lagi jika menceburkan diri ke Air Tejun, dijamin sangat segar sekali.

Keindahan Air Terjun Kembang Soka

Mata air Kembang Soka dari dulu dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan segala penyakit. Sedangkan Mata air tok jaran (sumber rejeki) dipercaya melancarkan rejeki dll. (tapi semua dkembalikan ke pribadi masing-masing/mitos).

Fasilitas di Air Terjun Kembang Soka

Bicara fasilitas yang tersedia di Air Terjun Kembang Soka bisa dibilang lengkap, karena disini sudah tersedia toilet, mushola, tempat parkir, kolam renang alami, gazebo, kuliner, Spot Foto, dan jembatan bambu untuk mempermudah akses pengunjung.

Akses Jalan ke Air Terjun Kembang Soka

Lokasinya sendiri, bisa sangat mudah ditemukan, Air Tejun Kembang Soka beralamat di  Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk akses jalan menuju Air Tejun Kembang Soka juga mudah kok, jika dari kota Yogyakarta bisa menuju Godean- Perempatan Kenteng lurus arah Goa Keskendo dan setelah Goa Keskendo pertigaan langsung ambil kiri arah waduk sermo sekitar 3 KM lagi, disini bakal ada petunjuk arah. Jika masih kurang paham, bisa langsung tanya warga sekitar yang terkenal keramahanya.

Tips Ke Air Terjun Kembang Soka

  1. Jam Buka Air Terjun Kembang Soka pukul 8.00- 17.00 WIB
  2. HTM 5000/Orang, dan untuk Parkir Motor 2000 sedangkan untuk mobil 5000
  3. Pastikan kendaraan fit, karena medan yang naik turun
  4. Bawalah pakaian ganti, karena akan sayang sekali jika melewatkan kesegaran Air Terjun Kembang Soka
  5. Jagalah kebersihan, karena jika bukan kita sendiri, siapa lagi?

Nah, mulai sekarang masukan deh Air Terjun Kembang Soka ke dalam list destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika di Yogyakarta, terutama di Kulon Progo. Selamat Liburan!

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?