Momen Belanja 11.11, Kemenparekraf Ajak Masyarakat Dukung UMKM Melalui Beli Kreatif Sumatera Selatan

Share:

Kemenparekraf mengajak masyarakat mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal melalui program Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) di momen 11.11.

Pada momen belanja yang berlangsung sejak tanggal 10 hingga 20 November tersebut, masyarakat bisa memperoleh beragam promo menarik untuk aneka produk UMKM dari Sumatera Selatan yang bekerjasama dengan sejumlah platform e-commerce nasional.

Momen Belanja 11.11, Kemenparekraf Ajak Masyarakat Dukung UMKM Melalui Beli Kreatif Sumatera Selatan
Manfaatkan Momen Belanja 11.11, Kemenparekraf Ajak Masyarakat Dukung UMKM
Melalui Beli Kreatif Sumatera Selatan

BKSS merupakan program pemberdayaan UMKM maupun pelaku ekonomi kreatif pada subsektor fesyen, kriya dan kuliner di wilayah Sumatera Selatan.

Program yang diluncurkan pada September 2022 ini bertujuan meningkatkan omzet UMKM binaan hingga 100 persen, sekaligus mendorong serapan tenaga kerja hingga dua kali lipat.

Optimisme yang disandarkan Kemenparekraf pada UMKM tidak berlebihan mengingat UMKM memegang peranan penting terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, kontribusi UMKM tercatat mencapai kisaran 61 persen terhadap PDB nasional dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

Di setiap periode krisis, UMKM bahkan menjadi buffer, bersifat resilien, dan bisa pulih dengan baik.

“Melalui program BKSS, masyarakat tidak saja dapat memperoleh produk-produk berkualitas dengan harga bersahabat tetapi juga turut berkontribusi mendukung UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional,”

kata Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Kreatif Ekonomi.

Kehadiran program BKSS disambut antusias UMKM di Sumatera Selatan, yang terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai hampir 600 peserta.

Dari jumlah tersebut, terdapat 200 UMKM dari 17 kabupaten/ kota di Sumatera Selatan yang lolos tahapan kurasi.

Selanjutnya selama kurang lebih tiga bulan, para UMKM binaan mendapatkan bimbingan teknis maupun pendampingan intensif untuk meningkatkan kualitas produk.

Para peserta kemudian juga diajarkan seluk beluk dunia pemasaran dengan memfasilitasi mereka untuk mempromosikan produk dagangannya di beberapa pameran.

Agar berdaya saing tinggi, UMKM juga harus memiliki kemampuan pemasaran digital.

Terlebih berdasarkan data riset, Gross Merchandise Value (GMV) E-commerce Indonesia diprediksi mencapai US$59 miliar atau IDR 916,31 triliun pada 2022.

Demikian pula dengan pertumbuhan ekonomi digital yang diproyeksikan akan meningkat hingga US$146 miliar.

Melihat potensi ini, para peserta juga diberi wawasan pemasaran digital dan kesempatan onboarding di market place nasional maupun Internasional.

“Program Kemenparekraf ini luar biasa sekali karena disini kita, para UMKM, mendapatkan wawasan atau insights untuk dapat mengoptimalkan dalam memasarkan produk jualan kita secara digital,”

sahut Agustina, pemilik Pempek Naylalicious yang juga merupakan salah satu peserta BKSS.

Hal senada juga disampaikan oleh Totok, pemilik Rumah Batik Serasan, yang mengapresiasi program BKSS,

“Kami sangat berterima kasih karena disini kami diberikan bekal dan ilmu yang sangat bermanfaat mulai dari cara mengenal target pasar kita, sampai ke cara menjual produk di marketplace.”

Menyadari bahwa kolaborasi menjadi kunci untuk menyukseskan BKSS maka Kemenparekraf menggandeng berbagai pihak untuk mendukung program ini.

Mulai dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, PKN STAN, berbagai platform e- commerce yakni Tokopedia, Bhinneka, GrabFood, dan GoFood, hingga brand-brand terkemuka di Indonesia.

Puncak program BKSS akan diselenggarakan pada 18-20 November 2022 di Palembang Trade Center.

Pada perhelatan tersebut akan digelar bazar dari UMKM peserta BKSS, panggung hiburan rakyat, hingga hadiah jutaan rupiah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program BKSS, kunjungi www.belikreatifsumateraselatan.belikreatiflokal.id atau ikuti akun instagram BKSS di @bclikícaťirlokal.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?