Ini Dia Cara Online Check In Garuda Indonesia Yang Benar

Tahukah kamu, Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai favorit di Indonesia telah menyediakan 6 macam layanan Check In untuk memudahkan para pelanggannya, yakni melalui web check in, mobile check in, telepon check in, kiosk check in, Airport Check-in, dan City Check-in.

Nah, tentu Garuda Indonesia check in online melalui web dan mobile merupakan salah satu cara termudah, karena bisa dilakukan dimanapun kita berada.

Garuda Indonesia, Photo By : Ruliff Sabian (IG : @ruliffsabian)
Garuda Indonesia, Photo By : Ruliff Sabian (IG : @ruliffsabian)

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara online check in Garuda Indonesia, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Layanan Garuda Indonesia Online Check In tersedia melalui web resmi mereka dan mobile aplikasi. Jadi jika menggunakan mobile aplikasi bisa download dulu di Playstore atau App Store.

2. Apabila menggunakan website bisa langsung mengunjungi situs www.garuda-indonesia.com kemudian carilah menu “check in” biasanya disebelah kiri mengambang.

website resmi garuda indonesia
website resmi garuda indonesia

3. Disini akan terlihat beberapa syarat dan ketentuan web check In online Garuda Indonesia yang isinya :

  • Satu kode booking hanya diizinkan untuk melakukan satu kali Online Check-in. Apabila terdapat lebih dari satu penumpang dalam satu kode booking, maka seluruh penumpang wajib melakukan Online Check-in dalam satu waktu. Jika tidak penumpang lain dalam kode booking yang sama tidak bisa melakukan Online Check-in dan hanya dapat melakukan Check-in di bandara.
  • Layanan Online Check-in tersedia mulai dari 48 jam hingga 2 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik dan 48 jam hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional
  • Layanan Online Check-in tidak tersedia untuk penumpang berikut:
    • Penumpang yang tidak memiliki e-ticket
    • Bayi berumur di bawah 2 tahun yang tidak tidak menempati tempat duduk
    • Penumpang yang membutuhkan bantuan khusus di bandara, misalnya; penumpang dalam kondisi hamil, anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, Unaccompanied Minor (UM), membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya di bandara.
    • Penumpang dengan kode booking yang berisi lebih dari 9 orang (group booking)
  • Sistem akan memberikan Anda tempat duduk secara otomatis, tapi Anda dapat mengubah kursi sesuai dengan preferensi Anda saat Online Check-in.
  • Untuk penerbangan internasional, harap melaporkan Online Boarding Pass Anda (dalam bentuk PDF maupun QR barcode) di konter Check-in di bandara sebelum naik pesawat.
  • Untuk penerbangan internasional, pastikan Anda membawa Paspor dengan validitas minimal enam bulan sebelum tanggal perjalanan, dan dokumen valid lain seperti Visa yang dibutuhkan untuk perjalanan Anda. Tunjukkan dokumen-dokumen tersebut di konter Check-in Garuda Indonesia di bandara sebelum naik pesawat.
  • Nomor ruang tunggu dan nomor kursi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, karena beberapa alasan seperti situasi di bandara pada saat penerbangan atau terjadi penggantian armada pesawat. Silakan periksa informasi ruang tunggu melalui sistem penyampaian informasi saat Anda tiba di bandara.
  • Jika Anda tidak berhasil menyelesaikan prosedur Online Check-in dikarenakan masalah teknis, seperti kesalahan pada printer atau sistem, perhatikan petunjuk pada halaman Online Check-in tersebut dan selesaikan prosedur boarding pada konter Check-in di bandara.

Informasi:

  • Untuk menggunakan layanan Online Check-in, gunakan e-ticket yang sudah dikonfirmasi.
  • Untuk mempercepat prosedur bea cukai dan imigrasi, harap membawa dan mengisi informasi paspor Anda saat melakukan Online Check-in.
  • Penumpang dengan penerbangan lanjutandapat melakukan proses Check-in secara berurutan.
  • Anda hanya diizinkan membawa 1 buah bagasi kabin, dengan berat tidak lebih dari 7 kg (baik pada Economy maupun Business Class), dan dengan ukuran maksimal panjang 56 cm, lebar 23 cm, dan tinggi 36 cm (untuk tipe pesawat CRJ dan ATR memiliki ukuran maksimal panjang 41 cm, lebar 17 cm, dan tinggi 34 cm).
  • Pastikan Anda tidak membawa barang-barang berharga di dalam bagasi tercatat Anda
  • Untuk keselamatan dan keamanan penumpang, awak pesawat dan pesawat, pastikan Anda tidak membawa barang-barang berbahaya dalam bagasi kabin mapun tercatat. Silahkan klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai bagasi yang dilarang/dibatasi
  • Konter Check-in di bandara tutup 45 menit sebelum keberangkatan internasional dan 30 menit sebelum keberangkatan domestik.
  • Khusus untuk penerbangan dengan keberangkatan dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Check-in ditutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan internasional dan 45 menit sebelum keberangkatan domestik.
  • Ruang tunggu dibuka 120 menit sebelum waktu keberangkatan.
  • Pintu pesawat ditutup 10 menit sebelum waktu keberangkatan.
  • Penumpang yang ingin melakukan pembatalan agar dapat melapor ke konter Check-in atau Call Center Garuda Indonesia.
  • Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Call Center Garuda Indonesia di nomor 0804-1-807-807 (khusus untuk wilayah Indonesia) atau +62-21-2351 9999.

4. Setelah membaca langsung klik/centang sudah membaca syarat dan ketentuan tersebut kamudian klik “Lanjutkan”.

Syarat dan ketentuan Garuda Indonesia Online Check In
Syarat dan ketentuan Garuda Indonesia Online Check In website

5. Setelah klik lanjutkan maka kita akan dibawa ke halaman Garuda Indonesia Online Check In seperti gambar dibawah ini.

Garuda Indonesia Online Check In
Web Garuda Indonesia Online Check In
Advertisements

6. Setelah itu isilah detailnya sesuai tiket pesawat yang sudah kita beli sebelumnya, kamudian klik “continue”. Disini kita dibawa ke halaman Frequent Flyer dan kolom untuk mengubah tempat duduk. Apabila ada Frequent Flyer, jangan lupa untuk klik “Perbarui Frequent Flyer” kemudian kita bisa memilih tempat duduk.

7. Jika semua kolom sudah selesai terisi, jangan lupa untuk klik“Konfirmasi Check In” untuk menyelesaikan tahap website online check in.

Itulah langkah atau cara yang benar Online Check In Garuda Indonesia. Sangat mudah kan? Seperti yang disebutkan diatas tadi, jika online check in sangatlah digemari, hal ini karena 5 keuntungan dibawah ini.

Garuda Indonesia, Photo By : Jojo Hutagalung (IG : @jojo_hutagalung)
Garuda Indonesia, Photo By : Jojo Hutagalung (IG : @jojo_hutagalung)
  1. Tidak perlu takut gagal check in lagi, walaupun datang mendekati jadwal terbang pesawat. Hal ini karena loket check in di Bandara biasanya ditutup antara 15-30 menit sebelum terbang.
  2. Pasti pernah dengar di Bandara ada penumpang yang dipanggil menggunakan pengeras suara? Hal ini karena pesawat gak bakal meninggalkan penumpang yang sudah melakukan check in, termasuk online check in.
  3.  Bebas memilih tempat duduk, jadi jangan lupa untuk check in lebih awal.
  4.  Bisa dilakukan dimana saja dan tidak perlu antri, hal inilah yang menjadi pertimbangan setiap orang untuk lebih memilih online check in.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?