Diperpanjang! Open Call Matra Kriya Fest 2020

Open call Matra Kriya Fest 2020 dibuka dari tanggal 14 September dan diperpanjang hingga 30 Oktober 2020.

Formulir aplikasinya bisa diunduh di tautan matrakriyafest.weebly.com/. Kompetisi ini terbuka, gratis dan tidak dipungut biaya dengan total hadiah 20 juta rupiah. Matra Kriya Fest merupakan salah satu ajang mencari seniman-seniman muda seni kriya berbakat di penjuru nusantara.

Open Call Matra Kriya Fest 2020 Diperpanjan[Dok. MKF 2020] poster digital
Open Call Matra Kriya Fest 2020 Diperpanjan[Dok. MKF 2020]

Matra Kriya Fest kali ini mengangkat tema “Nusantara in Slice”, sebagai tema festival yang dimaksudkan sebagai jalan tengah untuk menyadari keterbatasan menyelami seluruh bentuk seni rupa, serta wacana yang tersebar dan beragam di Indonesia.

Seni rupa di Indonesia pada kenyataannya tidak dapat hanya dilihat dari satu sisi keberadaannya. Mengingat beragamnya kekayaan intelektual seni yang dimiliki, bermacam warna budaya, dimensi sosial yang unik dan kaya, serta sejarah yang berbeda-beda tiap daerahnya. K arya seni yang muncul merupakan cerminan olah perasaan dan buah pemikiran penciptanya yang dipengaruhi oleh keadaan sosial-budaya di mana senimannya berada.

Salah satu juri, Musyaffa, Sabtu (24 Oktober 2020) mengatakan, pemilihan tema “Nusantara in Slice”, karena lokasi dihelatnya MKF 2020, Yogyakarta, menjadi salah satu laboratorium besar bagi perkembangan kebudayaan, terjadi percampuran dan potongan kecil kebudayaan lain yang berpengaruh pada penciptaan karya seni. Masifnya dan terbukanya teknologi informasi menyebabkan interaksi dan rasa memiliki kebudayaan lain.

Gabungan dua kebudayaan atau lebih tersebut kemudian terakumulasi dan tersublimasi pada seni yang dihasilkan. Meskipun tidak meninggalkan sepenuhnya kebudayaan awalnya.

Rosanto Bima selaku ketua panitia MKF 2020 menerangkan bahwa kompetisi karya kriya ini ditujukan bagi para perupa muda dengan batasan umur di  bawah 35 tahun.

MKF 2020 hadir untuk menjaring karya, bakat terbaik, dan melihat pencapaian-pencapaian estetik-artistik para perupa muda dalam perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia. Sebelumnya Matra Kriya Fest bernama Matra Award yang pernah digelar pada tahun 2018.

Meskipun MKF 2020 dihelat di tengah pandemi, Rosanto Bima berharap hal itu tidak menjadi penghambat bagi seniman.

“Kita harus berdamai dengan kondisi saat ini dengan menaati protokol kesehatan agar kegiatan ini menjadi nyaman dan aman.

Covid-19 jangan sampai jadi penghambat kreativitas seniman muda seni kriya di Indonesia. Sisi positif pandemi ialah lebih mendekatkan seniman pada dunia digital dan menguasai sisi marketing di dunia tersebut.

Sehingga apresiasi terhadap karya seniman bisa menjangkau masyarakat luas,”

pungkasnya.

Pameran utama MKF 2020 digelar tanggal 7-16 November 2020 di Pendhapa Art Space.

“Acaranya dilaksanakan via daring (online), namun saat acara opening MKF 2020, seniman di undangan dan kami berharap mereka yang terpilih bisa datang.

Sedangkan Gallery tour dan workhsop terkait kriya dihadirkan via video tutorial, serta akan ada berbagai acara lainnya.

Open call MKF 2020 semoga bisa menjadi salah satu langkah bagi seniman perupa kriya di tingkat nasional untuk memunculkan penemuan-penemuan dan estetika baru di dunia kriya dan menjaring karya-karya menarik,”

tutup Bima.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?