Panggung Musik Elektronik “STEALTH” FKY 30 : Musik Penanda Zaman

Konser Panggung Musik Elektronik (PME) merupakan salah satu program yang ditawarkan FKY 30 kepada masyarakat. Konser PME yang mengawali Agustus 2018 ini berlangsung di Jogja National Museum (JNM), Rabu, 1 Agustus 2018 mulai pukul 15:00 WIB. Konser yang juga menghadirkan kembali sekaligus membagikan pengetahuan atas perkembangan varian musik elektronik yang pernah mewarnai skena musik elektronik nasional.

Keberadaan musik elektronik sendiri terus berkembang dari waktu ke waktu, melahirkan berbagai varian genre, style, dan eksperimentasi. Semuanya silih berganti memiliki waktu muncul dan tenggelam dalam pengetahuan publik.

official Dok FKY30 - Panggung Musik Elektronik STEALTH FKY 30 Musik Penanda Zaman
official Dok FKY30 – Panggung Musik Elektronik STEALTH FKY 30 Musik Penanda Zaman

Beberapa kelompok musik elektronik yang lama tidak muncul dan terdengar, ternyata tidak sepenuhnya menghilang. Ada yang memilih internasional sebagai ranah berkarya, ada juga yang senantiasa menggali lebih dalam ke ranah bawah tanah, bahkan ada yang membaur ke disiplin seni lain. Singkatnya, mereka tetap ada dan terus berkarya, tanpa peduli pada sorotan media atau publik, layaknya siluman (stealth).

Panggung Musik Elektronik FKY 30 sendiri diselenggarakan bersama Soundboutique, dan menampilkan HMGNC, ELECTROFUX, ELECTROCORE feat. BAYU MONDAYZ, TEKNOSHIT, LATEX, SONI IRAWAN X JOGJA NOISE BOMBING, SOUNDBOUTIQUE X DJ PAWS, dan VJ VISUIL JITSIT.

official Dok FKY30 - Panggung Musik Elektronik STEALTH FKY 30 Musik Penanda Zaman
official Dok FKY30 – Panggung Musik Elektronik STEALTH FKY 30 Musik Penanda Zaman

Koordinator Musik Elektronik, Lintang Enrico menggungkapkan bahwa, barisan penampil ini konsisten berkarya di wilayahnya masing-masing, dan mempunyai pengaruh kuat di akar komunitas dan skena musik elektronik modern. Contohnya, Jogja Noise Bombing sangat mewakili musik elektronik experimental Indonesia saat ini. Beberapa dari karya hingga aktifitas pergerakan mereka menjadi penanda zaman, seperti Electrocore, Teknoshit, HMGNC dan Jogja Noise Bombing.

“Yogya merupakan salah satu peta perkembangan musik elektronik di Indonesia pada akhir tahun 90an.

Namun, saat booming club culture, ada pergeseran minat yang awalnya produser musik, berubah menjadi DJ di club. Industri sangat cepat masuk, yang menyebabkan perkembangan musik elektronik menjadi stuck,”

Jelas Direktur Program Pertunjukan FKY 30, Ishari Sahida.

Hanya saja setelah tahun 2010, musik elektronik kembali berkembang dengan banyaknya penggiat musik elektronik yang cenderung underground. Seiring dengan berkembangnya tren social media, khususnya di musik seperti bandcamp, soundcloud, dan Netlabel. Jadi, persebaran masing-masing anak muda penggiat musik elektronik ada di ranah tersebut. Pada akhirnya, juga muncul tren me-remix lagu orang lain..

“Kebanyakan akhirnya menciptakan musik elektronik untuk bisnis.

Beberapa musisi lain, ‘jualannya’ dengan perform (pentas). Sedangkan beberapa yang lainnya lagi dengan jalur yang berbeda, sehingga berkembang musik eksperimental elektronik dan musik noise.

Semua itu berkembang di Yogya hingga sampai hari ini.

Kalau bisa diklaim, Yogya merupakan ibukota musik noise, karena musik noise juga cabang dari musik elektronik.,”

Tutur Ishari.

Kalau dulu, yang mengembangkan musik elektronik adalah musisi yang berada di kota, sedangkan yang di pelosok hanya menjadi pembeli. Berkebalikan dengan sekarang, musik elektronik di pelosok yang berkembang. Sebagai catatan, musik elektronik berkembang seiring dengan perkembangan musik hip hop (yang juga merupakan musik elektronik). Mengingat kemunculan musik elektronik di Yogya dimulai dari munculnya kelompok musik hip hop seperti G-Tribe, serta beberapa musisi eksperimental dan kontemporer lainnya.

“Perataan musik elektronik saat ini, juga tidak lepas dari perkembangan zaman.

Karenanya, harus ada penegasan khusus bahwa di Yogya pernah bermunculan musisi musik elektronik, yang sampai saat ini memiliki ‘nafas kehidupan’.

Dengan demikian, musik elektronik memang punya potensi yang besar di Yogya, dan FKY wajib mengakomodasi potensi apapun yang ada di DIY,”

Paparnya.

Serupa dengan Ishari Sahida, Koordinator Musik Elektronik, Lintang Enrico menambahkan, musik elektronik mulai dikenal luas oleh publik sekitar akhir tahun 1990an dimana beberapa group dan artis berhasil menghiasi media-media besar, lalu dilanjut tahun 2010an hingga kini yang tidak pernah tenggelam. Hanya trend rotasi sub genre musik elektronik yang terjadi. Jadi, musik elektronik membawa pengaruh besar dalam budaya musik 10 tahun terakhir baik dari sisi teknis dan teknologi hingga jenis produksi suara.

“Sub Genre yang terlalu luas dan sifatnya yang hybrid menjadikan musik elektronik berevolusi sangat cepat.

Banyak sub genre baru yang lahir dari internet, dari generasi dan untuk generasi internet, seperti Vaporwave, Future Funk, Future Step dll.

Jadi seperti yang saya sampaikan diatas, ‘hanya trend rotasi sub genre musik elektronik yang terjadi’.

Singkatnya, musik elektronik punya banyak sekali sub genre seperti Jungle, House, Breaks, Big Beat, dll.

Dan masing-masing banyak dipengaruhi dari musik yang sudah hadir sebelumnya,”

Jelas Lintang.

Ditambahkan Lintang, scena musik elektronik di Yogya sendiri selama 3-5 tahun terakhir kembali ramai, banyak penggiat-penggiat muda bermunculan terutama di wilayah experimental dan kolektive DJ. Beberapa venue baru juga bermunculan. Selain itu, musik elektronik membawa pengaruh besar dalam budaya musik 10 tahun terakhir, baik dari sisi teknis & teknologi hingga jenis produksi suara.

Banyak moment penting seperti event musik elektronik dan group musik elektronik lahir di Yogya.  Beberapa edisi FKY di masa lampau juga pernah jadi saksi betapa seru skena Musik Elektronik. Maka FKY30 yang sejak 23 Juli -31 Juli 2018 telah dikunjungi lebih dari 73.000 orang ini menjadi ajang yang pas untuk kembali memanggil penampil yang punya peran penting sebagai penanda zamannya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?