Inilah Keindahan 5 Pantai Di Kulon Progo Yang Wajib Dikunjungi

Kulon Progo merupakan salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Purworejo, Jawa Tengah disebelah barat. Sedangkan di sebelah selatan Kabupaten Kulon Progo ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, jadi sangat wajar jika memiliki deretan Wisata Pantai.

Sebenarnya jika memang dibuka semua, deretan Pantai yang ada di Kulon Progo tentu akan lebih dari 5, namun untuk kali ini yang akan kita bahas 5 Pantai di Kulon Progo yang sudah dikelola dan tentu mudah dijangkau dengan kendaraan.

Perlu diketahui semua wisata pantai di Kulon Progo memiliki pasir yang berwarna hitam, hal inilah yang membuatnya sangat unik dan eksotis, ditambah dengan adanya kandungan biji besi yang berkilauan di Pasirnya.

Nah, bagi kalian yang sedang berkunjung ke Kulon Progo, berikut ini 5 pilihan Wisata Pantai yang wajib untuk dikunjungi.

1. Pantai Glagah

Pantai Glagah memang jadi primadona utamanya, selain yang paling ramai, Pantai Glagah merupakan pantai yang paling dekat dengan Bandara baru Jogja YIA (Yogyakarta Internasional Airport) dan Pelabuhan Tanjung Adhikarta.

Salah satu keunggulan Pantai Glagah adalah keberadaan laguna disepanjang pantai, disini kita bisa memanfaatkan untuk piknik dan bermain wahana air seperti perahu kayuh, kano, sampan kecil, ataupun menyewa perahu untuk berkeliling.

Laguna Pantai Glagah
Laguna Pantai Glagah

Di Pantai Glagah, kita bisa menemukan spot laguna yang sangat sejuk karena ditumbuhi pohon rindang dan memiliki rumput yang hijau. Disinilah kita bisa menyewa tikar sambil minum es degan.

Spot lain yang seru disini adalah pemecah ombaknya yang menjorok ke samudra, disini kita bisa menemukan banyak warung yang bisa jadi tempat santai.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh piknikdong (@piknikdong) pada


Selain itu jangan lupa juga untuk berbelanja oleh-oleh seafood khas Pantai Glagah seperi udang goreng, wader goreng, sampai undur-undur goreng, dijamin rasanya sangat nikmat.

2. Pantai Pasir Kadilangu (Hutan Mangrove)

Pantai Pasir Kadilangu & Hutan Mangrove, Image By IG : @andrinong
Pantai Pasir Kadilangu & Hutan Mangrove, Image By IG : @andrinong

Pantai Pasir Kadilangu merupakan salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang paling populer sejak dibuka tahun 2016 silam. Uniknya, walaupaun namanya pantai pasir, kita tidak bermain pasir disini, karena yang akan ditemui adalah hutan mangrove yang sejuk, rindang dan hijau.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini, mulai dari naik perahu berkeliling hutan Mangrove, sampai berfoto di spot instagramable yang sangat unik seperti jembatan dan replika menara eiffel yang terbuat dari bambu. Dijamin seru banget untuk dijelajahi.

3. Pantai Congot

Pantai Congot Sore Har, Image By IG : @agungpriyanto_31
Pantai Congot Sore Har, Image By IG : @agungpriyanto_31

Pantai yang ketiga adalah Pantai Congot, letaknya sebelah barat Pantai Glagah. Mirip seperti Pantai Glagah ombak disini juga sangat besar. Hal itu sangat wajar sih karena namanya juga samudra, bukan laut yang cenderung kecil ombaknya.

Pantai Congot lebih sepi dari beberapa pantai di Kulon Progo, namun jika ingin menikmati suasana yang santai, bisa juga liburan kesini.

4. Pantai Bugel

Pantai Bugel Kulon Progo, Image By IG : @yuhdi_09
Pantai Bugel Kulon Progo, Image By IG : @yuhdi_09

Pantai Bugel juga menyuguhkan keindahan pantai dengan pasir hitam yang eksotis. Suasana tenang dan sepi bisa kita temukan disini. Sekarang ini Pantai Bugel sudah berbenah, dengan penambahan berbagai fasilitas dan ditanam pohon cemara yang banyak.

Advertisements

Untuk yang ingin menenangkan pikiran cocok banget liburan disini karena suasana yang private. Namun hati-hati ya, karena ombak yang sangat besar, dilarang untuk berenang di Pantai Bugel.

5. Pantai Trisik

Pantai Trisik terletak di arah tenggara Kulon Progo, tepatnya di Banaran, Galur. Dibandingkan dengan beberapa pantai diatas, Pantai Trisik ini lebih landai.

Kawasan Pantai Trisik dibatasi oleh muara Sungai Progo disebelah timur dimana sungai ini merupakan batas alam antara Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul. Di Pantai Trisik kita bisa berbelanja ikan, karena banyak TPI (Tempat Pelelangan Ikan) disini.

Trisik Festival, Image By IG : @bywardhana
Trisik Festival, Image By IG : @bywardhana

Sekarang Pantai Trisik juga sudah berbenah, walaupun belum maksimal. Penambahan fasilitas seperti kamar mandi sudah banyak, parkiran yang luas dan ada juga spot laguna seperti di Pantai Glagah. Disini sering ada acara seru seperti Trisik Festival.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?