Indahnya Pantai Drini Gunung Kidul, Harga Tiket Masuk & Aktivitas

Berwisata ke Jogja rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Deretan pantai berpasir putih dengan pemandangan alam yang menakjubkan bisa kamu jumpai di Gunung Kidul. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Drini.

Pantai Drini dijuluki sebagai ‘Pantai Perawan’ karena kondisi pantai ini masih sangat alami. Pantai dengan aliran air yang tenang ini memiliki pasir putih yang sungguh indah. Ditambah lagi udara yang masih sejuk dan terhindar dari polusi.

Pantai Drini Jogja, image by IG : @anjani_deasy
Pantai Drini Jogja, image by IG : @anjani_deasy

Adanya pulau karang kecil yang tidak jauh dari bibir pantai memberikan keunikan tersendiri yang dapat kamu nikmati saat berwisata ke Pantai Drini.

Selain itu, Pantai Drini juga terbagi menjadi dua. Pantai sebelah barat merupakan tempat untuk berlabuhnya kapal-kapal nelayan sekaligus sebagai tempat pelelangan ikan. Sementara di sebelah timur adalah hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang, serta perbukitan hijau yang alami.

Aktivitas Favorit di Pantai Drini

Pantai Drini selalu kebanjiran wisatawan saat akhir pekan atau musim liburan. Antusiasme yang besar itu membuat pemerintah setempat sangat serius menggarap potensi wisata yang ada di Pantai Drini dengan membuat beragam fasilitas dan wahana yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Fasilitas umum seperti toilet, ruang bilas, tempat ibadah, spot foto buatan, toko souvenir dan oleh-oleh bisa kamu temukan di Pantai Drini.

Selain fasilitas yang lengkap, kamu juga bisa mencoba beberapa aktivitas favorit yang ada  di Pantai Drini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bersantai sambil menikmati indahnya Pantai

Bersantai di Pantai Drini, image by IG : @antoniedik
Bersantai di Pantai Drini, image by IG : @antoniedik

Pantai dengan pasir putih dan ombak yang tenang adalah tempat yang sempurna untuk bersantai-santai bersama keluarga dan teman-teman sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Tenang saja, kamu tidak bakal kepanasan kok karena tersedia payung-payung dan gazebo sehingga kamu bisa tetap bersantai tanpa perlu kepanasan sambil menikmati es degan dan aneka kuliner seafood yang nimat banget.

2. Bermain air dan pasir Pantai

Bermain air dan pasir di Pantai Drini, image by IG : @jefry_k27
Bermain air dan pasir di Pantai Drini, image by IG : @jefry_k27

Adanya karang yang melindungi Pantai Drini dari terjangan ombak membuat perairan di sekitar pantai drini relatif tenang, jernih,  dan tidak dalam sehingga sangat bersahabat untuk siapa saja yang ingin bermain-main dengan air.

Kamu dapat bersenang-senang di air menggunakan ban ataupun perahu karet layaknya berada di waterpark. Selain bermain air, kamu juga bisa bermain-main dengan hamparan pasir putih yang indah di Pantai Drini.

3. Melihat pemandangan dari atas Pulau Karang

Melihat Pemandangan Dari Atas Pulau Karang Pantai Drini, image by IG : @jefry_k27
Melihat Pemandangan Dari Atas Pulau Karang Pantai Drini, image by IG : @jefry_k27

Terdapat sebuah tebing karang yang cukup besar yang membagi Pantai Drini menjadi dua bagian yaitu bagian barat dan timur. Tebing yang terlihat seperti sebuah pulau kecil ini disebut sebagai Pulau Drini.

Kamu dapat menaiki tebing ini saat air sedang surut melalui tangga beton dan jalan dari bambu. Sesampainya di atas tebing kamu dapat melihat pemandangan pantai dari atas serta lautan lepas Samudera Hindia yang menakjubkan.

4. Olahraga kano

Bermain Kano di Pantai Drini, image by IG : @m.ahsanardian
Bermain Kano di Pantai Drini, image by IG : @m.ahsanardian

Buat kamu yang gemar olahraga air, kamu bisa mencoba menyewa kano yang disediakan oleh pengelola. Kamu bisa bermain kano kapan saja, baik saat air sedang pasang maupun surut.

Untuk keamanan tidak usah khawatir karena terdapat personel tim SAR yang siap menjaga dan melindungi wisatawan. Oiya, sewa kanonya tanpa batas waktu loh! Jadi kamu bisa main kano sepuasnya.

5. Snorkeling

Arus air yang tenang, jernihnya perairan di sekitar pantai drini, serta banyaknya terumbu karang yang ada membuatnya banyak ditinggali ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Hal ini tentnunya sangat cocok untuk aktivitas snorkeling.

Untuk alat snorkelingnya bisa kamu bawa sendiri dari rumah atau menyewa di tempat persewaan alat snorkeling yang ada di Pantai Drini.

6. Beragam kuliner lezat di Pantai Drini

Deretan  warung makan dengan beragam menu makanan dan minuman bisa kamu temukan di sepanjang Pantai Drini. Buat kamu yang suka makanan seafood yang segar bisa langsung memilih sendiri hasil laut dari nelayan dan dimasak di warung. Pokoknya nikmat banget deh!

Jam buka dan harga tiket masuk Pantai Drini

Kamu bisa mengunjungi Pantai Drini setiap hari selama 24 jam. Tetapi loket tidak buka 24 jam, sehingga kamu hanya bisa membeli tiket selamat loket masih buka / beroperasi.

Harga tiket masuk Pantai Drini adalah Rp. 10.000,- per orang, baik pada hari biasa maupun akhir pekan. Harga tersebut belum termasuk harga parkir motor yang bervariasi di beberapa lokasi pantai ya.

Lokasi Pantai Drini

Pantai Drini tepatnya berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta (Google Map).

Berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dengan akses jalan aspal yang bagus.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

BAGIKAN
Komentarmu?