Pantai Glagah, Tempat Wisata Dekat Bandara YIA Paling Asik!

Salah satu alasan wisatawan selalu kembali lagi ke Jogja adalah lengkapnya destinasi wisata yang ada.

Mulai dari wista budaya, wisata belanja, sampai wisata alam seperti pegunungan dan pantai dapat kita temukan di Jogja. Apalagi dengan adanya bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) yang semakin mempermudah akses wisata ke Yogyakarta.

Nah, jika kamu adalah wisatawan yang kebetulan berasal dari luar kota dan mendarat di Bandara YIA, ada satu obyek wisata yang bisa langsung kamu kunjung, yaitu Pantai Glagah.

Berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai Glagah terletak tepat di selatan bandara YIA. Hanya sekitar beberapa menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Berkunjung ke Pantai Glagah, photo : Andri/piknikdong.com
Berkunjung ke Pantai Glagah, photo : Andri/piknikdong.com

Salah satu Pantai di Kulon Progo ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan instagrammable ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga, pasangan, atau sahabat-sahabat tercinta.

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan kala berkunjung ke Pantai Glagah seperti menikmati hamparan ombak di dermaga, bermain air di laguna, menyusuri pantai dengan ATV atau motor trail, agrowisata, atau sekedar memuaskan lapar dan dahaga dengan sajian kuliner khas kulonprogo.

Fasilitas yang ada di Pantai Glagah juga terbilang cukup lengkap dan nyaman. Terdapat toilet umum, kamar mandi untuk bilas, musholla, dan kolam anak-anak.

Banyak terdapat warung makan di pinggiran menuju pantai yang menyediakan aneka menu seafood dengan harga yang terjangkau. Selain itu mereka juga menyediakan aneka oleh-oleh dan souvenir khas Kulonprogo yang unik dan menarik.

Aktivitas Favorit di Pantai Glagah

Selain menikmati pemandangan laut lepas serta semilir angin pantai yang sejuk, berikut adalah beberapa aktivitas favorit wisatawan saat berkunjung ke Pantai Glagah.

1. Menyusuri Pantai

Menyusuri Pantai Gagah
Menyusuri Pantai Gagah, photo : Andri/piknikdong.com

Hal favorit ketika berwisata ke pantai pastinya adalah dengan menyusuri pantai. Selain dengan cara berjalan kaki, kamu bisa menyusuri Pantai Glagah dengan menyewa ATV dan Motor Trail. Adrenalin kamu bakal terpacu saat menyusuri pantai melewati medan terjal Pantai Glagah yang seru abis!

2. Berfoto di Dermaga Tetrapod

 


Dermaga Tetrapod ini bisa dibilang merupakan maskot dari Pantai Glagah itu sendiri yang berupa jalan panjang menjorok ke laut yang dikelilingi tetrapod atau pemecah ombak.

Dermaga ini menjadi spot foto favorit wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Glagah. Selain itu dermaga ini juga menjadi spot untuk melihat sunset dan tempat mancing favorit warga sekitar.

3. Kulineran khas Pantai Glagah Kulon Progo

Jajanan Khas Pantai Glagah, Undur-Undur Goreng, Photo : Andri/piknikdong
Jajanan Khas Pantai Glagah, Undur-Undur Goreng, Photo : Andri/piknikdong.com

Ada hal yang tidak boleh dilewatkan saat di Pantai Glagah, yakni kulineran. Disini banyak sekali penjual jajanan nikmat. Lokasinya pun bisa memilih dimana sesuai kesukaan seperti dipinggir laguna atau yang lainnya.

Oleh-oleh juga banyak tersedia disini seperti seafood khas Pantai Glagah seperi udang goreng, wader goreng,  dan yang paling unik adalah undur-undur goreng, dijamin rasanya sangat nikmat.

4. Wisata Air di Laguna

Laguna Pantai Glagah
Laguna Pantai Glagah, photo : Istimewa

Di Pantai Glagah terdapat sebuah laguna atau danau kecil di pinggir pantai yang berisi air laut pasang dan ditumbuhi rumput liar pada tepinya.

Kamu dapat melakukan aktivitas seperti mengelilingi laguna Pantai Glagah menggunakan perahu kayu, perahu bebek, sampan, atau kano. Selain itu juga terdapat spot memancing buat kamu yang hobi mancing.

Jam buka dan harga tiket masuk Pantai Glagah

harga tiket parkir Pantai Glagah-min
Karcis parkir Pantai Glagah, photo : Andri/piknikdong.com

Pantai Glagah dibuka setiap hari dengan biaya hanya sebesar Rp. 5000,- per orang. Murah banget kan?

Jika kamu membawa kendaraan pribadi maka siapkan dana untuk parkir sebesar Rp. 3000,- untuk sepeda motor, Rp. 10.000,- untuk mobil., dan Rp. 20.000,- untuk bus.

Lokasi Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo (Google Map).

Dari Bandara International Yogyakarta (YIA) sekitar 10 km dengan waktu tempuh 20 menit menggunakan kendaraan bermotor, atau 43 km dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Pantai Glagah di kala Pandemi

Tempat cuci tangan di Pantai Glagah, photo : Andri/piknikdong.com
Tempat cuci tangan di Pantai Glagah, photo : Andri/piknikdong.com

Beriwsata di Pantai Glagah tidak perlu ragu, karena dibeberapa titik tersedia tempat cuci tangan yang memadahi. Namun tetap jangan lupa untuk jaga jarak ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

BAGIKAN
Komentarmu?