Pantai G-Land Banyuwangi, Spot Surfing Terbaik di Asia Tenggara

Pantai G-Land adalah pantai yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan masuk kedalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Pantai G-Land atau warga sekitar menyebutnya dengan Pantai Plengkung ini memiliki pesona tersendiri, terutama bagi pecinta surfing baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pesona Pantai G-Land Banyuwangi

Seperti yang sudah disebutkan tadi, jika Pantai G-Land atau Pantai Plengkung ini memiliki pesona tersendiri bagi para pecinta surfing, karena memang sudah diakui sebagai salah satu spot surfing terbaik di Asia Tenggara.

Tidak hanya spot surfing terbaik, ombak di pantai ini masuk kedalam salah satu ombak terbaik di dunia. Kenapa bisa masuk sebagai ombak terbaik dunia? karena Pantai G-land ini memiliki ombak yang sangat besar dan konsisten, hal inilah yang menjadikan spot terbaik untuk melakukan olahraga surfing.

Pantai G-Land banyuwangi Indonesia
image : www.instagram.com/coooxxxyyy

Ombak besar di Pantai G-Land terbentuk karena adanya arus Antartika yang di terbawa oleh samudra hindia, ditambah lagi dengan adanya sudut teluk yang tepat yang menjadikan ombak yang sangat sempurna untuk para peselancar.

Ketinggian Ombak Pantai G-land bisa mencapai 3-8 meter dengan jarak 2 Km, ditambah dengan adanya formasi gelombang mencapai 7 susun yang siap menantang para pecinta olahraga surfing.

Para peselancar bisa memilih spot sendiri untuk melakukan olahraga ekstrim ini, karena di ombak di Pantai G-Land terbagi menjadi 3 tingkatan

  1. Untuk pemula (Many Track Waves) Dengan ketinggian ombak 3-4 m
  2. Tingkat medium (Speedis Waves) Dengan ketinggian ombak mencapai 5-6m
  3. Untu pemain profesional (Kong Waves) yang merupakan paling tinggi hingga mencapai 6-8m

Yang lebih unik lagi, untuk menemukan ombak sebesar itu hanya ada di Hawai dan Afrika Selatan saja. Untuk menikmati ombak yang tepat disarankan untuk datang pada bulan April sampai Agustus.

Jika menilik kebelakang, di Pantai G-Land atau pantai Plengkung ini juga sering dipakai untuk ajang lomba selancar kelas dunia seperti Da Hui Pro Surfing World Championship seri III pada tahun 2003 silam. Hal inilah yang menjadikan Pantai G-Land sangat dikenal oleh turis asing. Bahkan mayoritas yang berkunjung ke Pantai ini adalah turis yang berasal dari luar negeri seperti Amerika, Brasil sampai Australia.

Menuju Lokasi Pantai G-Land

Untuk menuju lokasi Pantai G-Land ini bisa dibilang mudah, karena bisa dicapai dengan mode darat dan laut. Jika menggunakan jalur darat bisa memanfaatkan transportasi umum seperti bus dari Banyuwangi menuju Kalipahit, setelah itu bisa menumpang mobil untuk menuju pos pancur. Nah mulai dari Pos Pancur inilah semua kendaraan berhenti dan harus parkir disini.

Untuk menuju pantai G-land dari Pos Pancur, pengunjung memiliki 2 pilihan, yakni untuk tracking alan kaki menuju Pantai Plengkung atau G-land dengan jarak tempuh sekitar 9 KM atau bisa juga menyewa kendaraan khusus yang sudah disediakan pengelola Taman Nasional Alas Purwo.

Sedangkan untuk Jalur Laut, pengunjung bisa menggunakan Speedboat atau perahu nelayan dari Pantai Grajangan yang letaknya sekitar 40 km selatan Banyuwangi.

Speedboat Pantai G-Land Banyuwangi
image : www.instagram.com/juniorlouzada

Dengan menggunakan Speedboat Pantai G-land bisa ditempuh hanya sekitar 1 jam saja, sedangkan untuk perahu nelayan kurang lebih 2 jam.

Selain itu Pantai G-Land ini juga bisa diakses dari Bali dengan memanfaatkan Speedboat, biasanya para turis asing yang melalui jalur ini.

Fasilitas Pantai G-Land

Untuk fasilitas tidak usah mikir pusing, karena di Pantai G-Land atau Pantai Plengkung ini sudah sangat lengkap, seperti Bar, Bungalow, Restaurant, sampai Surf Camp.

G-Land Joyo's Surf Camp
image : www.instagram.com/thewillco

Namun memang kebanyakan tersedia dalam hitungan dollar amerika, jadi bisa dibilang kurang ramah dikantong.

Jadi jika berkunjung ke Banyuwangi, Pantai G-Land jangan sampai terlewatkan, apalagi kamu seorang pecinta olahraga surfing.

Penyuka tahu dan tempe, kalau ada tempe aja mau, tapi kalau tahu aja ga suka, jika ada keduanya malah pilih tahu

BAGIKAN
Komentarmu?