Inilah Keindahan Pantai Ngrawe Gunungkidul, Obyek Wisata Terbaru Di Yogyakarta

Pasti masih asing dengan nama Pantai Ngrawe? Wajar saja, karena Pantai yang satu ini bisa dibilang pendatang baru dari Gunungkidul Yogyakarta.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, namun jika sedang liburan di Jogja, wajib banget nih untuk mampir di Pantai Ngrawe, karena selain masih baru dan bersih, pemandangan disini sangat luar biasa indah.

Daya Tarik Pantai Ngrawe Gunungkidul

Bicara daya tarik dari Pantai Ngrawe Gunungkidul ini sangatlah banyak, selain karena memang daerah Pantai Gunungkidul menyajikan suasana Pantai yang indah, di Pantai Ngrawe ini kita bisa menemukan spot taman lengkap dengan pepohonan palm yang ditata rapi. Jadi, jika diperhatikan seperti area pedestrian di pinggir pantai.

Daya Tarik Pantai Ngrawe Gunungkidul, Image By IG : @aviavianita
Daya Tarik Pantai Ngrawe Gunungkidul, Image By IG : @aviavianita

Konsep Taman di pinggir Pantai Ngrawe ini merupakan yang pertama ada di Pantai Yogyakarta. Karena sangat rapi, unik dan bersih cocok banget jadi spot foto yang sangat instagramable.

Pantai Ngrawe Gunungkidul, Image By IG : @aviavianita
Pantai Ngrawe Gunungkidul, Image By IG : @aviavianita

Oh iya, selain konsep yang pertama ada di Jogja, penataan yang sangat rapi ini membuat Pantai Ngrawe menjadi pantai yang paling rapi diantara deretan Pantai di Gunungkidul.

Sejarah Dan Lokasi Pantai Ngrawe Gunungkidul

Sejarah Dan Lokasi Pantai Ngrawe Gunungkidul, Image By IG : @dhian_hardjodisastro
Sejarah Dan Lokasi Pantai Ngrawe Gunungkidul, Image By IG : @dhian_hardjodisastro

Ada sejarah unik dari Pantai yang ada di Gunungkidul ini, dahulu sebelum dikembangkan, Pantai Ngrawe sangat tersembunyi dan untuk berkunjung ke lokasinya saja harus menunggu ombak air laut surut terlebih dahulu. Jadi dengan kata lain, masih belum dikenal luas karena medan yang sulit untuk menuju pantai ini.

Lokasi Pantai Ngrawe tepat berada di Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika ditempuh dari Kota Jogja sekitar 2 jam lebih, sedangkan dari pusat Kota Gunungkidul sekitar 50 menit saja.

Fasilitas di Pantai Ngrawe Gunungkidul

Fasilitas di Pantai Ngrawe, Image By IG : @ericvirgiawan
Fasilitas di Pantai Ngrawe, Image By IG : @ericvirgiawan

Pantai Ngrawe memang sedang dalam tahap pembangunan, namun untuk fasilitas yang tersedia sudah cukup mumpuni lho, seperti fasilitas umum yang sangat dibutuhkan antara lain warung makan, area parkir yang cukup luas, tempat istirahat berupa gazebo, dan aula, serta, kamar mandi + toilet.

Rute Pantai Ngrawe Gunungkidul

Advertisements

Untuk rute menuju Pantai Ngrawe sebenarnya tidak sulit, karena lokasinya berada disebelah bukit Pantai Kukup dan sebelah timur arah Panatai Baron.

Untuk Rute dari Kota Jogja bisa melalui :

  • Jl. Imogiri Barat-Jl. Imogiri Siluk-Jl. Siluk Panggang-Jl. Raya Panggang Wonosari – Jl. Pantai Sel. Jawa ke Ngepung. (Rute paling cepat)
  • Jl. Wonosari – Jl. Nasional IIIJl. Raya Wonosari-PaliyanJl. Giring-Singkil – Jl. Pantai Sel. Jawa ke Ngepung.
  • Jl. Wonosari – Jl. Nasional IIIJl. Playen Paliyan – Jl. Raya Panggang Wonosari – Jl. Pantai Sel. Jawa ke Ngepung.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrawe

Santai, bicara liburan di Jogja tentu tidak lepas dari harga yang selalu bersahabat, seperti halnya harga tiket masuk Pantai Ngrawe ini. Cukup dengan Rp. 10.000/orang saja kita sudah bisa menikmati keindahan dari Pantai Ngrawe, Pantai pendatang baru daru Gunungkidul Yogyakarta.

Bagi yang bawa motor, dikenakan tambahan Rp. 3000 untuk parkir ya, sedangkan untuk mobil Rp. 5000, benar-benar sangat terjangkau bukan?

Tips Liburan ke Pantai Ngrawe

Tips Liburang ke Pantai Ngrawe, Image By IG : @tata_meydita
Tips Liburang ke Pantai Ngrawe, Image By IG : @tata_meydita
  1. Jangan lupa membawa kamera, karena walaupun masih dalam tahap pengembangan, namun baik dari segi lokasi seperti panorama alam, dan pantainya sangat bagus, jadi jangan sampai tidak mengabadikan momen saat liburan di Pantai Ngrawe Gunungkidul.
  2. Untuk menuju Pantai Ngrawe Gunungkidul sebenarnya sangat mudah, karena sudah ada di Google Map, namun alangkah lebih baik jika mengaktifkan Google Map Mode Offline, karena di Gunungkidul ada beberapa tempat yang memang sangat sulit dijangkau sinyal. Dengan menggunakan mode offline saat di Kota, tentu akan dimudahkan dengan rute yang sudah di simpan dalam smartphone kita.
  3. Perlu diketahui, jika lokasi Pantai Ngrawe ini cukup jauh dari Kota Jogja, ditambah medannya juga naik turun, jadi tetap waspada dan hati-hati saat berkendara. Pastikan juga kondisi badan dan kendaraan fit.
  4. Sebaiknya ambil uang yang cukup di ATM yang ada di Kota Jogja ataupun pusat Kota Gunungkidul, karena di lokasi Pantai jauh dengan ATM.
  5. Jangan lupa untuk selalu buang sampah pada tempatnya. Ingat, kalau bukan kita yang menjaga, terus siapa lagi?

Itulah keindahan dari Pantai Ngrawe, pantai pendatang baru dari Gunungkidul, Yogyakarta. Bikin ngiler untuk liburan kesana kan?

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.9 / 5. Jumlah 15

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?