Paperu FKY 29, Sajian Pameran Seni di Lapangan Futsal

Salah satu program menarik dari Festival Kesenian Yogyakarta adalah Pameran Perupa Muda (Paperu) FKY yang telah memasuki tahun keempat, dan sudah dibuka pada Senin 31/7 pukul 19:00 di lapangan futsal Planet Pyramid.

Mengambil tajuk Brake Break, Paperu tahun ini terasa berbeda. Selain menempati ruang lapangan futsal, Paperu menawarkan gelaran pameran di mana yang ditonjolkan adalah penyajian visual pada setiap karya yang dipamerkan.

Opening PAPERU #FKY29 - Mokstimofeevic
Opening PAPERU #FKY29 – Mokstimofeevic

Sebanyak 52 seniman ikut ambil bagian dalam Paperu kali ini. Hijaunya rumput lapangan futsal diimbangi dengan sajian visual setiap karya seniman, yang kali ini dihadirkan secara monokrom atau gradasi dari hitam ke putih maupun sebaliknya.

“Saya sengaja hanya memikirkan aspek penyajian visual dibandingkan konsep atau teknis masing-masing karya, karena memang ruang non galeri seperti lapangan futsal membutuhkan perlakuan khusus,”

kata Hendra ‘Blankon’ Priyadhani, kurator Paperu FKY 29.

Kurator Hendra Blangkon - Mokstimofeevic
Kurator Hendra Blangkon – Mokstimofeevic

Bagi Blankon, urusan teknis dan konsep merupakan wilayah privat masing-masing seniman.

“Itu sudah menjadi dialog antara seniman dan karyanya,”

katanya melanjutkan.

Karena itu dibutuhkan strategi penyajian visual yang ciamik, dimana antara satu karya dengan lainnya saling bersaing untuk jadi yang paling menonjol.

Dengan karakteristik lapangan futsal yang khas, dibutuhkan pengereman yang pas.

“Makanya Paperu kali ini sedikit berbeda dengan tema besar FKY 29 Umbar Mak Byarr. Paperu berusaha mengerem visual masing-masing karya supaya tidak bertabrakan dengan visual pasar seni FKY yang memang sudah diumbar,”

Ujar Arsita Pinandita, koordinator Paperu FKY 29.

Koord. PAPERU Arsita Pinandita - Mokstimofeevic
Koord. PAPERU Arsita Pinandita – Mokstimofeevic

Pameran Perupa Muda FKY 29 (Paperu FKY 29) akan berlangsung mulai 31 Juli – 13 Agustus 2017. Setiap harinya pameran dibuka mulai pukul 10:00 – 22:00 WIB.  Selain Paperu, dibuka pula Bursa Seni yang menjual karya-karya komunitas seni di Yogyakarta.

Paperu FKY 29 juga memiliki beberapa agenda yang melibatkan komunitas seni, di antaranya lomba catur antar pekerja seni, lomba cerdas cermat seni, tur kuratorial untuk anak-anak Sekolah Dasar, serta sketsa bareng bersama komunitas Kompor Seni.

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?