in ,

Pasar Keroncong Kotagede 2022, Bakal Ada Apa Saja?

gnews piknikdong
Bagikan:

Gelaran Pasar Keroncong Kotagede 2022 kali ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan setelah pandemic Covid 19.

Setelah libur di tahun 2020 dan pementasan online streaming di tahun 2021. Pasar Keroncong Kotagede diharapkan masih menjadi sebuah ajang saling bertemunya pelaku keroncong maupun penikmat keroncong.

Pasar Keroncong Kotagede 2022
Pasar Keroncong Kotagede 2022

Tahun ini Kembali dengan 2 Panggung dan berbagai Orkes Keroncong diharapkan bisa menjadi ajang interaksi pelaku dan penikmat keroncong.

Dengan mengambil tempat di seputaran Pasar Kotagede Pasar Keroncong Kotagede akan menampilkan 14 Orkes Keroncong dari Kotagede maupun daerah lainnya.

Kapan Pasar Keroncong Kotagede 2022?

Pasar Keroncong Kotagede tahun ini Kembali hadir di tengah situasi pemulihan paska pandemic Covid 19.

Pasar Keroncong Kotagede 2022 yang akan berlangsung pada Sabtu (3/12/2022), di Pendopo Sopingen dan Pendopo Kajengan.

Bertema Keroncong Berhati Nyaman

Tagline tahun ini “Keroncong Berhati Nyaman” diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk tetap berkunjung ke Kota Yogyakarta.

“Di tengah berbagai situasi yang mengusik kenyamanan Pasar Keroncong Kotagede hadir dengan harapan mampu memberikan wawasan tentang pariwisata di DIY bisa kembali nyaman apalagi kalua bisa hadir di Pasar Keroncong Kotagede.

Musik Keroncong yang sangat menerima berbagai perbedaan dan berpadu di dalamnya.

Kami juga guyub rukun di tengah segala situasi tersebut untuk tetap berkreasi di Pasar Keroncong Kotagede ini,”

ucap salah satu Penggagas Pasar Keroncong Kotagede, M Natsir.

Pria yang akrab disapa Dabey ini juga menjelaskan, Pasar Keroncong Kotagede tetap menjadi wadah komunikasi dalam berkehidupan di masyarakat, khususnya Kotagede.

Artinya, jelas Natsir, Pasar Keroncong Kotagede bukanlah sekadar sebuah pertunjukan ataupun tontonan musik keroncong belaka.

Lebih jauh, Natsir menyebut, bahwa gelaran Pasar Keroncong Kotagede ini memiliki pesan nilai-nilai, diantaranya bagaimana upaya mengenalkan adab bermusik keroncong kepada anak-anak, juga generasi muda.

Selain itu, event Pasar Keroncong Kotagede untuk mengenal lagi Kotagede sebagai kota yang menyimpan berjuta cerita berkehidupan masyarakat yang khas, baik sejarah maupun masa kini, karena menjadi kawasan heritage budaya sebagai peninggalan pusat peradaban masa Kerajaan Mataram.

“Banyak yang bisa dilihat dan dirasakan orang ketika datang ke Kotagede.

Kami hanya membuka pintu melalui even Pasar Keroncong, agar orang datang ke Kotagede bisa melihat langsung beberapa peninggalan sejarah Mataram, rumah-rumah tradisional dengan kehidupan masyarakat yang khas.

Termasuk, soal makanan khas Kotagede yang bisa dilihat secara langsung pengunjung, misalnya pembuatan roti kembang waru, kipo, yangko, ketika menyusuri kampung-kampung Kotagede,”

Karena itu harapannya, Pasar Keroncong Kotagede ini bisa menarik orang-orang datang ke Kotagede sebelum perhelatan musik keroncong.

Sekali lagi, Pasar Keroncong hanyalah diantara pintu bagi pengunjung untuk mengenal kawasan wisata dan kekhasan budaya di Kotagede.

Tak beda dengan perhelatan Pasar Keroncong Kotagede tahun sebelumnya, kali ini ada dua panggung yang akan menjadi tempat penampilan sejumlah orkes keroncong.

Artis yang tampil di Pasar Keroncong Kotagede

Yakni Panggung Pendapa Sopingen, dan Panggung Pendapa Kajengan. Kelompok musik keroncong yang akan tampil di Pasar Keroncong Kotagede tahun ini, diantaranya

  • OK Kharisma
  • Orkes Keroncong Sarlegi
  • OK Sakpenake
  • Los Fugos
  • OK Horockoncong
  • D’jancuk
  • OK YnY
  • Kawula Muda
  • Pesona Irama
  • Lintang Kanistha
  • OK Gita Bahana
  • Side of X
  • Bintang Tamu Hannah Marie Standiford dan Podhang Mas

Banyak Stand Kuliner tradisional!

Selain itu, Pasar Keroncong Kotagede menyajikan kuliner jajanan tradisional selama acara berlangsung yang berada di Wetan Kanthil, areal penghubung Pendopo Kajengan dan Pendopo Sopingen.

Kuliner tradisional ini dikelola masyarakat setempat dengan menampilkan UMKM Lokal. Selamat datang ke Kotagede, selamat menikmati sajian orkes keroncong di Pasar Keroncong Kotagede 2022.

Selamat menikmati eksotisme Kotagede sebagai Kota Kawasan Heritage Budaya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.