Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2017 Di Jogja Nasional Museum

Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2017’ (PSGY 2017) merupakan sebuah acara yang digagas oleh Studio Grafis Minggiran berkerjasama dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu upaya dan bentuk dukungan terhadap perkembangan Seni Grafis di Yogyakarta yang akan melibatkan stakeholders (Pemerintah Daerah, institusi pendidikan formal, pegrafis, kelompok pegrafis, dan masyarakat).

Acara ini menjadi penting karena Yogyakarta merupakan kota yang memiliki populasi pegrafis terbesar di Indonesia.

Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2017  ini akan terselenggara selama empat belas hari mulai tanggal 18 – 31 Juli 2017.

Dalam pameran PSGY 2017 akan dipamerkan karya-karya seni grafis produksi tahun 1940-2017 yang terdiri dari 42 karya seniman dan kelompok undangan, 15 karya koleksi Jurusan Seni Grafis ISI Yogyakarta. Harapannya, melalui karya-karya tersebut dapat terbaca perkembangan seni grafis di Yogyakarta dari tiap era baik dari segi tema maupun teknik. Selain itu dalam pameran ini dipamerkan karya Lithography karya Jan Masinga, seorang seniman dari Belanda yang merupakan karya koleksi Sudargono.

Sebagai spesial presentasi kali ini dipamerkan karya teknik Lithography milik Salvador Dali yang berjudul ‘ESPANA’ yang merupakan koleksi pribadi Athonk Sapto Raharjo.

Selama jalannya pameran juga ada pemutaran 9 film dokumenter tentang seniman grafis dunia dan teknik pembuatan karya dengan teknik seni grafis.

Pekan seni grafis Yogyakarta di Jogja nasional museum

Diselenggarakan pula workshop seni grafis yang mengenalkan teknik-teknik cetak seperti intaglio, screen printing, cetak tinggi, ukiyo-e, alugraphy, dan fotolithografi.

Program workshop melibatkan 7 komunitas seni grafis seperti Grafis Minggiran, Krack! Studio, PQX studio, Club Etsa, Tori Triastama, Grafis Huruhara (jakarta), Baren Studio, proses pembuatan sebuah karya seni grafis dapat lebih mudah diketahui dan dimengerti, sehingga akan membuka wawasan pada masyarakat umum tentang seni grafis.

Mengikuti workshop ini tidak dipungut biaya, pendaftaran dibuka untuk pelajar SMA/SMK dan umum. Program ini hanya terselenggara selama 5 hari yaitu tanggal 19-23 Juli 2017.

Selain itu, untuk menumbuhkan regenerasi dan gairah dalam membuat karya seni grafis, akan diadakan lomba karya seni grafis untuk Pelajar SMA/ SMK sederajat dan lomba poster dengan teknik seni grafis untuk umum.

Masing-masing akan diambil tiga pemenang dan pemberian hadiah akan diberikan pada penutupan acara. Acara akan ditutup dengan seminar yang membahas tentang perkembangan seni grafis, yang akan diselenggarakan pada 31 Juli 2017 bertempat di Jogja National Museum (JNM).

Seminar yang akan berlangsung selama dua jam ini, melibatkan beberapa narasumber yaitu Bambang ‘Toko’ Witjaksono, Maryanto, Muhamad ‘ucup’ Yusuf, dan Theresia Agustina Sitompul yang akan membahas perkembangan seni grafis baik dari sisi wacana maupun teknisnya.

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?