Pesona Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Vihara 1.000 Wajah Dari Tanjung Pinang

Sudah pernah dengar Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dari Kota Tanjung Pinang? Tahukah kamu jika Vihara ini disebut juga dengan Vihara 1000 Wajah.

Nah bagi yang belum kenal dengan salah satu ikon wisata baru di Kota Tanjung Piang ini, yuk mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Vihara 1000 Wajah ini merupakan tempat ibadah umat Budha, dan kini bisa juga menjadi tempat wisata yang berlokasi di Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau.

Kenapa Dinamakan Vihara 1000 Wajah?

Pembangunan Vihara 1000 Wajah atau Vihara Ksitigarbha Bodhisattva ini memakan waktu selama 14 tahun. Dan alasan kenapa dinamakan Vihara 1000 Wajah karena banyaknya patung di lokasi Vihara.

Vihara Seribu Wajah - Vihara Seribu Budha
Vihara Seribu Wajah, Image IG : @paqihchoe25

Pengunjung bisa menemukan sekitar 500 patung Lohan dengan berbagai wajah dan sekitar 40 patung dewa dalam kepercayaan Budha. Vihara ini juga masuk kedalam Vihara terbesar se-Asia setelah Tiongkok.

Menurut informasi, jika harga dari sebuah patung di Vihara 1000 Wajah mencapai 25 juta. So bisa bayangkan menghabisakan dana yang sangat tinggi untuk membangunnya.

Dana pembangunan Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau Vihara 1000 Wajah ini datang dari berbagai donatur yang ditawarkan oleh panitia, sebagai gantinya di Bawah patung Lohan itu, para donatur bisa menuliskan namanya, keluarga, ataupun perusahaannya.

Yang Asik Dari Vihara 1000 Wajah

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Image IG: @julius.anthony45

Jika berkunjung ke Vihara 1000 Wajah, pengunjung seakan dibawa  ke Negeri Tiongkok. Saat memasuki komplek Vihara dan melewati bangunan yang besar seperti kembali ke masa lalu dan sedang berada di kota kuno.

Pesona Vihara Ksitigarbha Bodhisattv
Pesona Vihara Ksitigarbha Bodhisattv, Image IG : @riandarizal89

Keunikan batu-batuan yang disusun rapi menjadi seperti benteng besar, menjadikan Vihara ini sangat megah, ditambah lagi deengan hiasan patung naga khas Tiongkok.

Pesona Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Vihara 1.000 Wajah Dari Tanjung Pinang
Vihara 1.000 Wajah, Image IG : @yopiefranz

Masih ada hal yang asik lagi disini, yakni tentang patung “1000 Wajah”. Ketika kita mendekat ke Patung yang ada di Vihara ini, tentu akan berucap kagum, karena  wajah dari Patung itu berbeda-beda, dan uniknya kita seperti diajak komunikasi oleh patung itu karena postur dari patung itu seukuran manusia asli.

Lokasi Vihara 1000 Wajah (Vihara Ksitigarbha Bodhisattva)

Untuk menuju lokasi Vihara 1000 Wajah ini tidaklah sulit, karena lokasinya tepat disebelah barat Kota Tanjung Pinang dengan jarak kurang lebih sekitar 10KM saja. Untuk jarak tempuhnya hanya sekitar 20 menit.

Jika datang dari Kota Tanjung Pinang, pengunjung bisa memilih jalan Nusantara yang mengarah ke barat menuju perbatasan kota. Setelah berjalan sekitar 1 KM sebelum memasuki perbatasan Kab. Bintan bisa mengambil jalan masuk ke kanan ke Jalan Asia Afrika dan diujung jalan Asia Afrika bisa melanjutkan menuju Komplek Vihara dengan jalan kaki mengikuti Bukit.

Nah itulah ulasan mengenai Vihara 1000 Wajah atau Vihara Ksitigarbha Bodhisattva yang berada di Tanjung Pinang. So Jangan lupa mampir kesini ya saat liburan di Kepulauan Riau.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?