Mengusung Konsep Eco Resort, Inilah Pesona Pulau Macan Yang Luar Biasa

Pasti setuju jika Kepulauan Seribu menyimpan banyak keindahan alam yang luar biasa, dan salah satu yang paling indah adalah Pulau Macan.

Pulau Macan berbeda dengan beberapa pulau yang ada disekitarnya karena mengusung konsep Eco Resort.

Nah, seperti apa sih keindahan Pulau Macan dan apa yang dimaksud dengan Eco Resort ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Konsep Eco Resort

Apa itu Eco Resort? Yang dimaksud dengan konsep Eco Resort adalah resort yang dibangun dengan mempertimbangkan dampak lingkungan sekitar. Selain itu, bisa juga didirikan untuk memperbaiki lingkungan. Biasanya penginapan dengan konsep ini didirikan di daerah yang masih alami, seperti hutan, pantai dan bisa juga di pedesaan.

Untuk mendapatkan predikat Eco-friendly harus mempertimbangkan lingkungan di sekitarnya, apakah karakteristik bangunan yang digunakan tidak merusak lingkungan, apakah mereka melindungi sumber air disekitarnya, hingga penghematan listrik dan air. Sertifikat reseminya didapatkan dari Green Globe.

Lebih dekat dengan Pulau Macan

Pulau Macan bisa dibilang Pulau Privat di Kepualauan Seribu dan seperti yang sudah disinggung diatas tadi, Pulau Macan hadir dengan mengusung konsep eco resort atau eco village.

Karena keindahan dan keunikannya ini, Pulau Macan menjadi salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu yang itdak boleh dilewatkan.

Disini terdapat 2 Pulau macan, yakni Pulau Macan Besar yang sudah mengusung Eco Resort, dan satu lagi Pulau Macan kecil atau Pulau Macan Gundul. Pulau Macan kecil ini akan terlihat ketika air laut sedang surut.

Pulau Macan, Image By IG : @kinda_heeee
Pulau Macan, Image By IG : @kinda_heeee

Pulau Macan menawarkan liburan menyatu dengan alam, jadi dijamin pengalaman yang luar biasa akan di dapatkan disini. Tenang, walaupun menyatu dengan alam, tetap tersedia fasilitas wisata yang memadahi kok, yang akan menjamin kenyamanan para wisatawan.

Fasilitas Pulau Macan

Sebagai Pulau yang mengusung eco resort, Pulau Macam menawarkan beberapa akomodasi yang sangat menarik dan hadir dalam tema yang berbeda. Berikut ini detailnya :

1. Tipe Sunset Hut

Menikmati Sunset di Pulau Macan, Image By IG : @erninda_nya
Menikmati Sunset di Pulau Macan, Image By IG : @erninda_nya

Sejalan dengan namanya, Cottage yang satu ini menawarkan keindahan pemandangan sunset yang luar biasa indah langsung dari kamar.

Jadi sudah terbayangkan indahnya seperti apa? Kita bisa bersantai di kamar sambil menikmati keindahan matahari yang sedang terbenam.

Apabila tidak kebagian tipe sunset hut, kita bisa memilih yang lain seperti island hut, dimana lokasinya menawarkan sundeck atau tempat untuk berjemur.

2. Tipe Red brick

Cottage tipe red birck ini menawarkan nuansa pedasaan yang sangat khas, dengan penginapan yang berwana merah.

3. Tipe Eco Wood

Tipe Eco Wood merupakan Cottage yang mengedepankan nuasa alami kayu. Suasana yang nyaman menyatu dengan alam bisa dirasakan juga disini.

4. Tipe Drift Woord

Tipe yang keempat ini mengusung kayu laut. Jadi kita seakan tinggal dengan suasana laut yang khas.

5. Tipe Tent

Untuk tipe Tent merupakan Cottage dengan tema tenda dimana tipe ini menghadirkan suasana camping alam yang menyenangkan.

Perlu diketahui, jika penginapan di Pulau Macan tidak menggunakan AC lho, tapi hal itu bukan masalah kok. Karena suasana disini sangat menyenangkan.

Daya Tarik Pulau Macan

Keindahan Pulau Macan Kepualauan Seribu, Image by IG : @gesitwisnuprakoso
Keindahan Pulau Macan Kepualauan Seribu, Image by IG : @gesitwisnuprakoso

Bicara daya tarik tentu sangat banyak dan sudah pasti untuk daya tarik pemandangan tidak perlu ditanyakan lagi keindahannya.

Lain daripada itu, ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Macan, dan beberapa diantarnya hanya ada disini. Berikut ini aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Macan.

1. Santai

Nikmati sempurnanya santai di Pulau Macan. Disini kita tidak akan menemukan kerumunan banyak orang, apalagi kemacetan. Pengelola Pulau yang sangat indah ini membatasi jumlah pengunjung setiap harinya. Jadi kita bisa menikmati privasi dan ketenangan sempurna saat santai.

2. Snorkeling

Kita tidak hanya menikmati keindahan daratan saja, karena di Pulau Macan ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Jadi jika liburan kesini jangan lupa untuk mencoba snorkeling.

3. Scuba Diving

Selain snorkeling, disini kita juga bisa menjelajah keindahan laut dalam dengan scuba diving. Jika ingin mencobanya, kita akan dibawa menggunakan speed boat untuk menuju spot yang cocok untuk spot diving ini.

Untuk penyelam yang mengalami gejala yang diakibatkan karena perubahan tekanan air, di dekat pulau ada ruang dekompresi untuk pemulihan.

4. Menanam Karang

Di Pulau Macan kita juga bisa berpartisipasi melestarikan alam dengan mengikuti program coral planting atau menanam terumbu karang di titik area yang sudah rapuh atau rusak.

5. Berpetualang Keliling Pulau Macan

Karena Pulau Macan merupakan Pulau yang mungil, kita bisa mengelilinginya dengan berjalan kaki. Disini ada rute perjalanannya, jadi tidak perlu takut kesasar.

6. Island Hopping

Selain dengan berjalan kaki, kita juga bisa mengelilingi dengan menggunakan kano atau paddle board. Selain mengelilingi Pulau, bisa juga menjelajah ke beberapa pulau kecil yang ada disekitarnya, termasuk Pulau Macan Kecil.

7. Bermain Game Seru

Bagi yang liburan di Pulau Macan bersama keluarga atau teman, bisa banget bermain permainan ramai-ramai. Beberapa permainan yang tersedia disini ada Frisbees, board games, paddle balls dan lain-lain.

8. Barbeque

Barbeque ramai-ramai bersama teman, keluarga bahkan kekasih bisa banget di Pulau Macan, nikmati kelezatan ikan laut yang segar disini.

Reservasi dan Harga Paket Wisata Pulau Macan

Sebelum ke Pulau Macan, tentu wajib melakukan reservasi tempat terlebih dahulu. Untuk reservasi, sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, karena banyak wisatawan yang ingin liburan disini, apalagi saat musim liburan.

Harga Paket Wisata Pulau Macan sangat bervariasi, dan tergantung Cottage tipe apa, berikut ini kisaran harganya :

  • Kisaran harga tipe Hut mulai dari Rp 2,6 jutaan untuk menginap 2 hari 1 malam jika weekday, sedangkan untuk harga weekend mulai dari Rp 2,7 jutaan (harga sewaktu-waktu bisa berubah). Kapasitas Hut ini masing-masing bisa memuat 2-6 orang.
  • Kisaran harga Cottage tipe Island Hut mulai dari 2,4 jutaan untuk weekday dan 2,5 jutaan untuk weekend.
  • Kisaran harga Cottage Driftwood mulai dari 2,2 jutaan untuk weekday dan 2,4 jutaan untuk weekend.
  • Kisaran harga Cottage tipe Red Brick mulai dari 1,8 jutaan untuk weekday dan 1,9 jutaan untuk weekend.
  • Kisaran harga Cottage tipe Eco Wood mulai dari 1,8 jutaan untuk weekday dan 1,9 jutaan untuk weekend.
  • Kisaran harga Cottage tipe Tent mulai dari 1,6 jutaan untuk weekday, dan 1, jutaan untuk weekend.

Semua kisaran harga tersebut menginap di Pulau Macan selama 2 hari 1 Malam.

Bagi yang ingin reservasi, bisa langsung kontak pengelola Pulau Macan atau bisa juga menggunakan jasa tour yang ada. Apabila hanya ingin sehari di Pulau Macan juga bisa, karena ada paket one day tour dengan kisaran harga mulai dari 900 ribuan.

Cara ke Pulau Macan

cara ke Pulau macan
Cara Menuju Pulau Macan, Image By IG : @alberttjong15

Tak perlu bingung bagaimana cara ke Pulau Macan. Untuk kesini kita harus naik speed boat dari Pantai Marina, Ancol dengan jarak tempuh kurang lebih 1,5 – 2 jam.

Biasanya transportasi untuk ke Pulau Macan ini sudah include di paket wisata yang dipesan.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?