Resep Croissant Enak, Yuk Cobain Bikin!

Pasti sudah kenal apa itu Croissant kan? Ya, Croissant  adalah kue kering yang berasal dari Perancis. Croissant juga disebut dengan roti sabit, karena bentuknya mirip.

Jika kita tengok kebelakang lagi, sejarah Croissant  ini cukup panjang, dimana dulunya berasal dari Eropa dan merupakan roti untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atau pasukan Umayyad dalam peperangan di Tours Perancis tahun 732.

resep croissant, image by : mandarinMD/pixabay
resep croissant, image by : mandarinMD/pixabay

Croissant bertekstur yang unik, dimana roti yang satu ini memiliki lapisan-lapisan karena cara membuatnya menggunakan teknik laminating, atau melipat adonan berkali-kali.

Memang tidak bisa dipungkiri untuk membuat Croissant  cukup kompleks, namun bukan berati kita tida bisa membuatnya sendiri.

Jika ingin mencoba, berikut ini ada rekomendasi resep Croissant enak yang dijamin nikmat. Yuk cobain.

Resep Croissant Enak, Yuk Cobain Bikin!
resep croissant

Cara membuat Croissant memang membutuhkan ketelatenan dan waktu yang cukup lama, berikut ini langkah demi langkah pembuatannya.

Tipe: Roti

Masakan: Khas Perancis

Total Waktu: 1J

Bahan Resep:

  • Bahan A:
  • 280 gram tepung terigu protein tinggi
  • 30 gram gula pasir
  • 5 gram ragi instan
  • 5 gram garam
  • 50 ml susu cair uht dingin
  • 110 ml air dingin
  • 20 ml unsalted butter
  • Bahan B:
  • 150 gram korsvet/pastry margarin, Potong-potong korsvet, pipihkan kedalam kertas roti, ukur 15x15cm.
  • Eggwash:
  • kuning telur dan susu cair

Petunjuk Resep:

Langkah 1, campurkan bahan kering: Campur semua bahan kering, kecuali garam. Aduk rata. Tuang susu, air dingin dan butter. Ulen sampai adonan tercampur semua dan permukaan adonan mulus (kalis).

Langkah 2, diamkan: Diamkan adonan selama 15 menit. Kempiskan. Pipihkan sedikit, bungkus plastic wrap. Masukkan kedalam kulkas minimal 12 jam.

Langkah 3, keluarkan adonan: Keluarkan adonan. Gilas adonan 15x20cm atau 2x lipat dari ukuran korsvet (agar korsvet bisa tertutup sempurna) Letakkan korsvet ditengah adonan, kemudian tutup, gilas memanjang. Lakukan double fold. Tutup adonan menggunakan plastic wrap. Masukkan kedalam freezer 20 menit. Atau bisa dimasukan ke dalam chiller 1-2jam. Lalu keluarkan, gilas memanjang dan folding lagi.

Langkah 4, lakukan hingga 3x: Lakukan proses no.3 sampai 3x, saat gilas lakukan pelan-pelan, gilas dari tengah ke atas dan tengah ke bawah. Usahakan korsvet tidak pecah namun melebar mengikuti adonan, jadi terbentuk lapisan-lapisan saat dilipat.

Langkah 5, keluarkan dan gilas lagi: Keluarkan. Gilas lagi memanjang. Lakukan single fold. Tutup menggunakan plastic wrap. Masukkan kedalam kulkas (chiller) semalaman atau cukup 3 jam juga tidak masalah.

Langkah 6, gilas dan potong: Gilas adonan. Ukur 25x38cm atau dengan ketebalan 0.5mm. Lalu potong adonan Tiap bagian dipotong serong segitiga. Setelah itu Roll.

Langkah 7, oles eggwash: Letakkan kedalam loyang. Biarkan mengembang 2x lipat. (1-2jam), Oles eggwash.

Langkah 8, panggang: Panggang mengguankan oven dengan suhu 175 derajat celcius selama 10 menit, turunkan ke 150 derajat celcius sampai kuning kecoklatan. (sesuaikan dengan oven masing-masing). Angkat dan dinginkan baru dipotong.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?