Resep dan Cara Membuat Wedang Jahe yang Enak Serta Menyehatkan

Memang terlihat mudah untuk membuat wedang jahe yang enak serta menyehatkan, namun jika dipraktikkan hasilnya akan berbeda.

Membuat wedang jahe bisa dibilang gampang-gampang susah, karena jika salah mengolah hasilnya biasanya akan aneh, tidak beraroma dan cenderung pahit rasanya. Sedangkan wedang jahe yang enak seharusnya memiliki aroma sedap dengan rasa segar pedas menghangatkan dan tentu saja menyehatkan.

Bicara tentang menyehatkan, wedang jahe memiliki khasiat sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, jadi bisa dan baik diminum setiap hari.

Resep dan Cara Membuat Wedang Jahe
Resep dan Cara Membuat Wedang Jahe yang Enak Serta Menyehatkan 1

Bagaimana sih resep dan cara membuat wedang jahe yang enak serta menyehatkan? Berikut ini ulasannya.

Tipe: Minuman kesehatan

Masakan: Minuman khas Indonesia

Jumlah Yang Dihasilkan Resep: 2 Gelas Besar

Kalori: Energi 150 Kalori

Waktu persiapan: 5M

Waktu Memasak: 15M

Total Waktu: 20M

Bahan Resep:

  • 700 ml / 2 Gelas Besar Air Mineral.
  • 100 Gram / 2 Buah Gula Jawa.
  • 10 cm / 5 Ruas Jari Jahe

Petunjuk Resep:

1. Persiapan Bahan: Untuk membuat wedang jahe yang enak, bahan utama yang berkualitas merupakan salah satu kuncinya.Pilihlah Jahe dengan bagus dan sudah tua. Semakin tua jahe, maka aroma dan rasanya akan semakin kuat. Jenis jahe jawa atau jahe merah bisa jadi pilihan terbaik.Cara mengetahui usia jahe bisa dilihat dari bagian kulitnya yang sudah berwarna cokelat tua. Pilihlah jahe yang memiliki permukaan masih keras dan padat.

2. Bakar Jahe: Membakar jahe cukup sebentar saja hingga semua sisinya terkena panas api, dan aromanya keluar.Jangan lupa memperhatikan besar api, dan lama membakarnya, jangan sampai gosong.

3. Kupas Jahe: Perlu trik khusus dalam mengupas jahe ini, yakni dengan mengupas setipis mungkin. Hal ini karena bagian jahe yang paling pedas terletak dibagian bawah kulitnya. Cukup dengan mengerik menggunakan pisau atan sendok saja.

4. Memarkan atau diiris: Sebelum merebusnya, jangan lupa untuk dimemarkan atau diiris menjadi bagian kecil.Apabila rimpang jahe terlalu besar, lebih baik iris dahulu lalu bisa dimemarkan bagian kecilnya.Langkah ini bertujuan untuk mengeluarkan sari jahe, selain aroma, rasa jahe juga akan lebih kuat.

5. Rebus air dengan gula: Langkah selanjutnya adalah merebus air hingga mendidih, kemudian bisa dimasukkan semua bahan, baik jahe, gula lalu rebus selama 10 menit.

6. Tuang dan hidangkan: Apabila sari rempah sudah keluar dan gula sudah larut semua, dan air sudah kecoklatan, wedang jahe tandanya sudah matang.Saringlah saat akan menuangkan kedalam gelas. Lalu sajikan saat masih hangat.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.3 / 5. Jumlah 99

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?