Resep Risol Mayo Enak, Cuma 5 Langkah!

Siapa sih yang tidak suka dengan risol mayo atau risoles mayonaise? Salah satu varian dari risoles ini memang sangat menggugah selera.

Perbedaan risol mayo dengan risol pada umumnya adalah isinya, jika risol pada umumnya berisi sayuran dan bahan tradisional lainnya, risol mayo berisi beberapa bahan ditambah dengan mayonaise.

Cara membuat risol mayo tidak sulit kok, karena tidak begitu berbeda dengan proses pembuatan risol pada umumnya. Hanya saja isi yang digunakan dalam risol mayo yang berbeda.

Nah, mengenai langkah pembuatan dan resep risol mayo, berikut ini ulasan lengkapnya.

Tips membuat risol mayo

  1.  Bahan pencelup bisa menggunakan adonan kulit, karena kalau menggunakan kocokan telur cenderung amis saat dingin, namun hal ini sesuai selera masing-masing.
  2.  Apabila ingin menyimpan risol di freezer, alasi bagian atas dan bawah jejeran risoles dengan tepung panir agar tidak lembab saat digoreng (tidak bisa krispi dan menyerap terlalu banyak minyak).
  3. Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng banyak, dan sudah benar-benar panas dan gunakan api sedang, lalu goreng sebentar saja agar bagian luarnya garing dan saus mayonaise didalamnya tidak habis meresap kedalam kulit.
Resep Risol Mayo Enak dan Mudah Banget!
Resep Risol Mayo Enak, Cuma 5 Langkah! 1

Cara membuat risol mayo tidaklah sulit, namun memang perlu ketelatenan, karena kita harus meracik atau membuat beberapa bahan yakni kulit risol, dan bahan isian. Berikut ini langkah-langkahnya.

Tipe: hindangan pembuka

Jumlah Yang Dihasilkan Resep: 20

Total Waktu: 1J50M

Bahan Resep:

  • 250 gram tepung terigu (bahan kulit)
  • 2 sdm tepung sagu / tapioka (bahan kulit)
  • 1 sachet dancow bubuk putih (bahan kulit)
  • 1 sdm minyak goreng (bahan kulit)
  • 1 butir telur (bahan kulit)
  • 1/2 sdt garam (bahan kulit)
  • 500 ml air (bahan kulit)
  • 4 buah sosis, iris tipis (bahan isi)
  • 3 butir telur rebus, potong2 (bahan isi)
  • 180 gram mayonaise (campuran mayonaise)
  • 35 gram keju cheddar (campuran mayonaise)
  • 1 sachet Susu Kental Manis (campuran mayonaise)

Petunjuk Resep:

Langkah 1, buat adonan kulit risol mayo: Campurkan semua bahan kulit dalam wadah, lalu aduk hingga benar-benar rata, halis dan tidak bergerindil lagi.

Langkah 2, dadar kulit risol mayo: Ambil 1 sendok sayur adonan kulit, kemudian dadar di teflon, dadar tipis-tipis saja. Bila permukaan dadar sudah kering dan tidak lengket di wajan, segera angkat kulit dadar. Jangan lupa sisakan satu mangkuk kecil adonan untuk bahan pencelup nanti ya.

Langkah 3, buat campuran mayonaise: Jadikan satu bahan campuran mayonaise ada 180 gr mayonaise 35 gr keju cheddar 1 sachet susu kental manis. Aduk hingga rata.

Langkah 4, racik risol: Ambil 1 lembar kulit dadar, oles dengan campuran mayonaise lalu tata isian diatasnya yakni potongan sosis dan potongan telur rebus, lalu beri campuran mayonaise lagi di atasnya. Lipat seperti amplop, seperti bentuk sosis/risoles. Celupkan kedalam sisa adonan kulit, lalu gulingkan ke tepung roti. Lakukan hingga semua kulit dadar habis.

Langkah 5, goreng riso mayo lalu sajikan: Goreng risol mayo yang sudah diracik hingga warna keemasan. Angkat dan sajikan selagi masih hangat.

Itulah resep risol mayo dan cara membuatnya. Tidak sulit kan? Baik bahan maupun alat yang digunakan juga bisa ditemukan didapur kita. Selamat memasak.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.7 / 5. Jumlah 15

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?