Resep Sempol Ayam, Cuma 5 Langkah!

Sempol ayam merupakan jajanan yang lagi hits di beberapa tempat di Indonesia. Biasanya jajanan yang satu ini dijual dipinggir jalan ataupun disekolahan.

Rasa yang sangat familiar, serta tekstur garing diluar dan gurih dibagian dalam membuat jajanan ini selalu dipadati penggemarnya.

Walaupun tidak sulit dalam mencarinya, namun kita tetap bisa membuat sempol ayam dirumah lho, selain itu resep sempol ayam dan cara membuatnya ternyata tidak sesulit yang dilihat.

Lalu apa saja resep sempol ayam dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Resep Sempol Ayam, Cuma 5 Langkah!
Resep Sempol Ayam, Cuma 5 Langkah! 1

Resep sempol ayam sangatlah sederhana, jadi benar-benar tidak serumit kelihatannya. Berikut ini cara dan langkah-langkah membuat sempol ayam.

Tipe: Jajanan

Masakan: Indonesia

Jumlah Yang Dihasilkan Resep: 15 Porsi

Total Waktu: 1J10M

Bahan Resep:

  • 250 gram daging ayam giling
  • 150 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 3 sdt bawang merah goreng, haluskan
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 15 tusuk sate
  • telur (untuk bahan celup)
  • sejumput garam (untuk bahan celup)

Petunjuk Resep:

Langkah 1, buat adonan sempol ayam: Campurkan daging ayam yang sudah dihaluskan bersama, 150 gram tepung tapioka, 1 butir telur ayam, 4 siung bawang putih halus, 3 sdt bawang merah goreng halus,1 sdt gula pasir, 2 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk, 1 batang daun bawang, iris tipis.

Langkah 2, buat lilitan sempol ayam: Sebelum dililitkan sebaiknya adonan dicoba dulu apakah rasanya sudah pas, caranya dengan merebus secuil saja, lalu dicoba. Setelah sudah pas, ambil adonan sempol dan lilitkan secukupnya sepanjang tusuk sate dengan bentuk lonjong.

Langkah 3, rebut sempol ayam: Didihkan air dalam panci, lalu rebus sempol yang sudah dililitkan tadi selama 0 menit saja atau hingga matang. Angkat lalu tiriskan.

Langkah 4, buat bahan celup sempol: Untuk membuat bahan celup sempol sangatlah mudah dan sederhanya, campurkan saja telur dan garam secukupnya lalu dikocok dulu.

Langkah 5, goreng sempol: Sebelum menggoreng sempol, jangan lupa untuk dicelupkan terlebih dahulu di kocokan telur tadi, lalu bisa digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Kemudian angkat, tiriskan lalu sajikan bersama saos sambal.

Itulah resep sempol ayam enak dan mudah cuma 5 langkah saja. Selain sangat sederhana, membuat sempol ayam dirumah juga sudah pasti terjaga kebersihannya. Selamat memasak.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.3 / 5. Jumlah 26

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?