Sandiaga Buka Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke IV Kaimana Papua Barat

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, secara resmi membuka Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) di GOR Kaimana, Papua Barat.

Dalam pembukaan yang dilaksanakan pada Senin (25/10/2021) malam kemarin, Sandiaga menyampaikan konferensi ini diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi di Papua Barat serta pembukaan lapangan kerja seluas mungkin.

Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke IV di Kaimana Papua Barat
Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke IV di Kaimana Papua Barat, Photo : Kemenparekraf

Terlebih, tanah Papua selama ini dikenal akan kekayaan sumber daya alam dan budayanya.

“Tanah Papua ini kaya raya akan adat dan budaya serta potensi pengembangan pariwisata berbasis kultur dan keindahan alam.

Kami akan bekerja dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mewujudkan itu agar pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan dalam pembangunan ke depan dapat terwujud,”

kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan Papua Barat sudah memiliki destinasi berkelas dunia, yaitu Raja Ampat. Namun, ia menilai Kabupaten Kaimana juga memiliki potensi wisata yang luar biasa indah.

“Atraksinya di sini (Kaimana) luar biasa, mulai dari alam dan budaya.

Namun amenitas dan aksesibilitas ini yang akan kami duduk bersama lintas kementerian, kebetulan di beberapa daerah di Papua Barat kami sudah menggagas beberapa kegiatan dana alokasi khusus dan ini nanti yang bisa kita kembangkan ke depan untuk menghadirkan 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) yang lebih terintegrasi,”

katanya.

Selain itu, sebagai upaya mengembangkan potensi wisata yang ada di Kaimana, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga akan berupaya memasukkan Kaimana ke dalam Ripparnas (Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional).

“Kebetulan Ripparnas ini sedang direvisi, jadi tadi saya sempat berdiskusi dengan Pak Bupati dan jajaran ini yang nanti akan kita bawa ke dalam diskusi agar dipertimbangkan masuk ke dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional,”

ujar Sandiaga.

Dalam acara ini, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Pahlevi; Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi Kemenparekraf, Irjen Pol Krisnandi; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; dan Inspektur II Kemenparekraf/Baparekraf, Kamal Rimosan.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani; Bupati Kaimana, Freddy Thie; dan Wakil Bupati Kaimana, Hasbulla Furuada.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini