Pantai Ngliyep, Satu Dari Eksotisme Malang Selatan

Kota Malang merupakan sebuah kota kecil di Jawa Timur yang memiliki berbagai macam destinasi wisata, baik yang alam maupun buatan manusia. Salah satunya yaitu Pantai Ngliyep. Pantai ini terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, sekitar 62km ke arah selatan Kota Malang.

Untuk bisa mencapai pantai ini tidaklah sulit. Dari Kota Malang bisa mengambil arah ke Kepanjen, kemudian lurus ke arah Pagak, lalu bisa langsung menuju ke Desa Kedungsalam. Waktu tempuhnya sekitar 2.5 jam.

Tiket masuknya pun murah, yaitu sekitar Rp 10.000. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai, antara lain toilet, area parkir, mushola, warung-warung yang menjual makanan dan souvenir, dan juga penginapan.

Pantai ini punya beberapa sisi, dan masing-masing sisinya punya keeksotisan yang luar biasa.

Pantai Ngliyep

Begitu turun dari mobil, hamparan pasir dan ombak yang cukup besar akan langsung menyambut. Sama halnya dengan pantai laut selatan yang lain, ombak di Pantai Ngliyep juga cukup besar, sehingga kurang aman untuk berenang maupun mandi disana. Tapi hal itu tidak lantas membuat keeksotisannya berkurang. Pasir putih yang panjang, ombak yang besar, angin yang bertiup sepoi-sepoi ditambah dengan sinar matahari membuat kunjungan di Pantai Ngliyep semakin berkesan.

Di sisi lain dari pantai ini, ombaknya lebih tenang, dan gradasi airnya lebih terlihat. Dari pasir yang putih, air yang berwarna turquoise, biru muda sampai biru gelap. Namun juga harus berhati-hati karena banyak bebatuan yang terbawa ombak sampai ke pinggir pantai.

Pantai ini merupakan pantai legendaris di Malang. Akan tetapi pantai ini tidak terlalu crowded seperti pantai-pantai lainnya. Jika sedang bukan musim liburan, maka pantai ini bakal jadi private beach kita. Ya, hanya beberapa orang saja yang berkunjung.

Pantai Ngliyep juga merupakan pantai ataupun spot foto yang Instagramable, sehingga sayang sekali kalau kesini tapi kita tidak mendokumentasikannya. Sunset di pantai ini pun tidak kalah cantik dari sunset di Bali.

Turquoise water
Turquoise water

Selain itu, setiap tanggal 14 bulan Maulud penanggalan Jawa, di Pantai Ngliyep diadakan upacara tradisional Jawa, yaitu Labuhan. Labuhan merupakan upacara dengan melarung sesaji ke laut sebagai ungkapan syukur dan memohon atas kesejahteraan masyarakat sekitar.

Cantik kan?
Cantik kan?

Nah, karena akses menuju ke Pantai Ngliyep itu mudah, harga tiket yang murah dengan fasilitas yang cukup memadai, ditambah dengan keeksotisan pantainya, maka Pantai Ngliyep bisa dijadikan sebagai referensi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi, baik bersama keluarga, teman, sahabat maupun pasangan.

¡Hola!
I’m addicted to travel and travel photography a lot! Sometimes a freelance tour guide. Love music and football.

BAGIKAN
Komentarmu?