Sebelum ke Pameran Sekaten 2019, Perhatikan 7 Hal Penting Ini!

Pameran Sekaten 2019 sudah resmi dibuka hari Jumat kemarin (1/11) oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pukul 19.00 WIB di Bangsal Pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pameran yang akan berlangsung hingga  9 November 2019 ini menampilkan banyak sekali hal menarik dengan tema Sri Sultan Hamengku Buwono I’.

Pameran Sekaten 2019 Yogyakarta, Photo By : Andri/piknikdong
Pameran Sekaten 2019 Yogyakarta, Photo By : Andri/piknikdong

Seperti tema yang diambil, Pemeran Sekaten 2019 Kraton Yogyakarta kali ini menampilkan koleksi peninggalan Pendiri Kraton Jogja yang kita kenal dengan Sri Sultan Hamengku Buwono I dan beberapa workshop menarik yang bisa diikuti siapa saja.

Nah, dibalik menariknya Pameran Sekaten 2019 ini, ada beberapa hal yang wajib dipatuhi ketika berkunjung seperti :

1. Menikmati koleksi secara bijaksana

Perlu dipahami nih, berbagai koleksi yang dipamerkan di Sekaten 2019 ini sudah berusia ratusan tahun, jadi bisa sangat rapuh. Sebaiknya kita sebagai pengunjung tidak menyentuh koleksi yang ada.

2. Tas yang besar sebaiknya dititipkan

Apabila membawa tas yang ukurannya besar, sebaiknya ditipkan dulu, hal ini tidak lain untuk mencegah tas tersebut menyenggol koleksi atau karya sejarah yang sedang dipamerkan.

Jika ingin menitipkan tas, bisa langsung ke ruangan pemandu.

3. Bijaklah dalam mengelola suara

Sebagian pengunjung tentu ingin menikmati koleksi atau karya sejarah dengan seksama. Jadi, apabila berbincang terlalu keras, atau tertawa terlalu keras bisa mengusik pengunjung lain.

4. Apabila membawa anak kecil, jangan lupa dijaga dengan baik

Memang tidak ada salahnya mengenalkan sejarah pada anak-anak sejak kecil. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, bahwa ruangan pameran tidak begitu luas untuk digunakan aktivitas anak kecil secara bebas.

Jadi jangan sampai kegiatan si kecil membahayakan koleksi atau karya sejarah yang ada.

5. Jangan bersandar di tembok apalagi tempat untuk menaruh karya

Advertisements

Hal ini biasanya tidak disadari saat melakukannya. Apabila menemukan sekat kosong atau dinding, janganlah digunakan untuk bersandar ya. Jika memang capek berkeliling, bisa duduk di kursi yang sudah disediakan oleh panitia Pameran Sekaten 2019.

6. Bijaklah dalam mendokumentasi koleksi

Apabila ingin mengabadikan momen dengan koleksi, bijaklah dalam mengelola waktu. Mengambil gambar terlalu lama bisa membuat pengunjung lain menunggu, tentu hal ini tidaklah bijaksana.

Selain itu, apabila memang dilarang memotret di beberapa karya yang ada, patuhilah, hal ini untuk menjaga keaslian sebuah karya sejarah yang ada.

7. Bijak dalam berkomentar

Apabila ada koleksi ataupun karya sejarah yang tidak sesuai dengan ekspektasi, sebaiknya jangan mudah berkomentar buruk

Karya yang dipamerkan disini tentu dapat ditafsirkan dari berbagai sudut pandang yang ada. Jadi lebih baik bijak dalam mengelola komentar ya.

Itulah beberapa hal penting yang dikutip dari instagram @kratonjogja dan wajib banget di pahami sebelum berkunjung ke Pameran Sekaten 2019 Yogyakarta.

Tunggu apalagi, atur jadwalnya yuk untuk berkunjung, cukup dengan membayar Rp. 5000 rupiah saja, kita bisa berkeliling Kraton Jogja, belajar sejarah, ikut workshop dan menikmati pertunjukan menarik setiap harinya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 6

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?