Selain Kalibiru, Inilah 19 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Saat Di Kulon Progo

Berbicara tentang Yogyakarta seakan tak ada habisnya, kota dengan sejuta pesona ini menawarkan berbagai macam hal yang membuat pengunjung akan merasa rindu untuk kembali ke kota ini.

Selain kota pelajar Jogja juga dikenal sebagai kota wisata, karena memang disini semua ada dan tersedia. Geliat perkembangan wisata yang semakin hari semakin ramai ternyata juga berdampak pada kemajuan pariwisata di masing-masing kabupaten di Jogja, tak terkecuali Kabupaten Kulon Progo.

Bagi yang belum tau, Kabupaten Kulon Progo merupakan Kabupaten paling barat dari Jogja yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Perlahan tapi pasti perkembangan pariwisata di Kulon Progo menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Kulon Progo juga termasuk kaya akan destinasi wisata, mulai dari deretan pantai, wisata alam, bahkan camping ground ada disini, dan berikut adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat di Kulon Progo. Selain tempatnya yang menarik kita juga akan mendapatkan berbagai foto yang instagramable.

1. Waduk Sermo

Waduk Sermo KUlon Progo
Waduk Sermo Kulon Progo, Image By IG : @samsilitongajr

Waduk Sermo merupakan satu-satunya waduk yang ada di Jogja. Waduk ini diresmikan pada tahun 1996 oleh presiden Suharto, disini selain menikmati pemandangan alam kita bisa berkeliling dengan menggunakan perahu, dan jika cuaca cerah akan mendapatkan bonus pemandangan sunset yang cantik.

Booking.com

2. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo,Image By IG : @pria.kardianto

Tempat ini berada di daerah Congot tepatnya disebelah barat Pantai Congot, disini kita akan disuguhkan pemandangan air serta semilir angin yang sejuk, sangat cocok untuk menjernihkan pikiran. Selain itu, di Hutan Mangrove, kita bisa menemukan banyak sekali spot foto yang sangat instagramable, mulai dari jembatan bambu yang unik sampai perahu yang besar.

3. Pantai Glagah

Pantai Glagah
Pantai Glagah, Image By IG @syariffmln

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Kulon Progo ini menawarkan pemandangan khas pantai, namun juga tersedia beberapa fasilitas seperti kedai makanan, area bermain untuk anak, serta pemecah ombak yang bisa dijadikan spot foto yang sanga menarik. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Pantai Glagah seperti, undur-undur goreng, udang goreng, sampai aneka olahan seafood.

4. Air Terjun Kembang Soka

 Air Terjun Kembang Soka
Air Terjun Kembang Soka, Image By IG @risaislamia

Bergerak kearah utara Kabupaten ini, memasuki daerah pegunungan maka akan kita temui beberapa Air Terjun diantaranya Air Terjun Kembang Soka ini. Disini selain spot foto yang instagramable kita juga bisa bermain dan merasakan sejuknya air pegunungan.

5. Wisata Alam Kedung Pedut

Wisata Alam Kedung Pedut
Wisata Alam Kedung Pedut, Image By IG : @yv_wong

Masih dari sisi utara Kabupaten Kulon Progo. Mari sedikit bergeser untuk menikmati pemandngan alam yang asri, di Kedung Pedut ini selain bisa bermain air juga bisa memacu adrenalin dengan menaiki flyng fox diatas aliran sungai, layak untuk dicoba lho.

6. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal, Image By IG : @novrisyapetrii

Di sebelah utara Kabupaten Kulon Progo memang terdapat banyak sekali wisata alamnya, bagi yang hobi bermain air dan ingin merasakan langsung dinginnya air pegunungan kalian bisa mampir kesini, diperbolehkan untuk berenang sepuasnya kok disini, sambil menikmati pemandangan yang tentunya sangat menarik.

7. Tebing Khayangan

Bendung Kayang Yang Mempesona
Bendung Kayang (Photo By : Rizal Aditya)

Seperti namanya tempat ini merupakan tebing yang tinggi dan dibawahnya terdapat aliran air yang cukup jernih, selain bisa bermain air kalian juga bisa mendapatkan foto yang menarik dengan background tebing Khayangan.

8. Curug Siluwok

Curug Siluwok
Curug Siluwok, Image By IG : @ba_sigenthong

Yuk bergeser sedikit ke timur, tepatnya di Kecamatan Samigaluh, disini terdapat bermacam-macam spot yang menarik, salah satunya Curug Siluwok. Curug ini semacam air terjun ya, yang menarik tentunya selain air terjunnya dan suasana alam yang tenang disertai pemandangan yang indah.

9. Puncak Kleco

Puncak Kleco
Puncak Kleco, Image By IG : @wisata.puncakkleco

Masih dari Kecamatan Samigaluh buat kalian pecinta foto bisa mampir ke Puncak Kleco ini karena disini kalian bisa mendapatkan angle yang sangat bagus untuk mempercantik feed instagram kalian.

10. Puncak Widosari

Puncak Widosari
Puncak Widosari, Image By IG : @opick.93

Hampir sama dengan Puncak Kleco pemandangan yang ditawarkan tempat inii juga merupakan obyek foto dengan background alam yang hijau, selain itu kita juga bisa melihat beberapa daerah dari Puncak Widosari,  layak untuk dicoba ya.

11. Bukit Isis

Bukit Isis
Bukit Isis, Image By IG : @prastawapismalium

Isis yang dalam bahasa indonesia berarti sejuk, dan sudah selayaknya saat berkunjung kesini kesan yang akan didapatkan adalah suasana yang tenang dan sejuk. Semilir angin akan menambah serunya tempat ini, akan lebih baik jika berkunjung kesini bersama pasangan.

12. Dolan Deso Boro

Dolan Deso Boro
Dolan Deso Boro, Image By IG : @hetink23

Setalah puas di perbukitan ada baiknya kita melanjutkan langkah menuruni bukit dan mampir di salah satu tempat bernama Dolan Deso, ini merupakan desa wisata yang sering digunakan untuk kegiatan outdor, dengan latar persawahan yang hijau para pengunjung akan dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang tersedia disini.

13. Goa Maria Sendangsono

Goa Maria Sendangsono
Goa Maria Sendangsono, Image By IG : @taufikwijaya30

Masih dari daerah yang sama, terapat satu goa yang cukup menarik, selain diwaktu tertentu goa ini menjadi wisata religi namun juga dibuka untuk umum, dengan lokasi yang menarik goa ini layak untuk dikunjungi saat kalian ke Kulon Progo.

14. Taman Wana Winulang

Taman Wana Winulang
Taman Wana Winulang, Image By IG : @Septiyanindra

Mari kembali ke pusat kota, disini kalian akan mendapati sebuah taman yang ditata dengan rapi, dapat digunakan untuk bersantai bersama teman, kerabat maupun rombongan, taman ini berlokasi di dekat gedung DPRD dan Perpusda, cocok untuk dijadikan tempat menikmati sore.

15. Goa Kebon

Goa Kebon
Goa Kebon, Image By IG : @hildalenaa

Masih ada satu tempat yang menarik lho, namany goa kebon, bertempat di kecamatan panjatan, merupakan situs bersejarah, dan pastinya kalain akan disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah menarik dari gunung ataupun pantai.

16. Pule Payung

Pule Payung
Pule Payung, Image By IG : @maulida_dk

Obyek wisata Pule Payung masih bisa dibilang sangat baru di Kulon Progo. Letaknya sendiri berada di Dusun soropati  Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pule Payung menyajikan panorama Waduk Sermo yang sangat indah dari ketinggian. Alam sekeliling yang hijau dan gugusan perbukitan menoreh bisa kita nikmati di Pule Payung ini.

17. Puncak Suroloyo

keindahan puncak suroloyo kulon progo yogyakarta
Keindahan Puncak Suroloyo Kulon Progo Yogyakarta

Puncak Suroloyo adalah puncak tertinggi yang ada di Perbukitan Menoreh. Dengan ketinggian kurang lebih 2000 mdpl, kita bisa menikmati pemandangan yang luar biasa dari Puncak Suroloyo. Uniknya dari puncak kita bisa melihat candi Borobudur disebelah utara yang nampak kecil namun tetap mempesona.

18. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo, Image By IG : @etihleetiyhooo

Kesejukan kebun te dan ramahnya penduduk bisa kita temui di Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo. Untuk lokasi tepatnya berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo , Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Kebun teh Nglinggo wajib dikunjungi saat liburan di Kulon Progo karena memang sangat asik dan tentu akan menghilangkan penat saat berunjung kesini.

19. Alun-alun Wates

Alun-alun Wates
Alun-alun Wates, Image By IG : @aditya_moriska

Ingin bersantai ditengah kota? Alun-alun Wates solusinya, disini kita bisa istirahat sejenak sambil menikmati jajanan yang tersedia mengitari Alun-alun wates. Makanan ringan sampai berat ada disini.

Sekarang ini Alun-alun Wates sudah ditata sangat rapi dan bersih, saat malam minggu atau hari libur alun-alun wates selalu dipadati keluarga yang ingin sekedar makan, jajan ataupun santai menikmati malam.

Jadi, manakah yang akan kalian kunjungi pertama saat sampai di Kulon Progo? Ingat, Jangan buang sampah sembarangan ya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?