Selain Ngutang, Inilah 5 Cara Ngumpulin Dana Traveling Dengan Cepat

Dana merupakan hal pokok yang wajib diperhatikan sebelum menentukan kapan kita traveling atau liburan.

Tidak peduli model travelingmu seperti apa, mau backpacker-an atau yang lainnya, baik traveling di dalam dan luar negeri, kita pasti memerlukan yang namanya dana. Setuju kan?

Nah, pada kesempatan kali ini, kita bakal bahas tentang 5 cara ngumpulin dana traveling secara cepat selain ngutang. Yuk langsung saja disimak ulasan lengkapnya.

1. Rangkai Anggaran Perjalanan

Rangkai Anggaran Perjalanan, Image by : pixabay
Rangkai Anggaran Perjalanan, Image by : Pixabay

Cara yang wajib dilakukan pertamakali adalah menyusun dan merangkai anggaran yang diperlukan untuk traveling. Tentu dengan mengawali memilih destinasi atau tujuan wisata yang akan dikunjungi.

Setelah menentukan destinasi daerah atau negara mana yang ingin dikunjungi, sampai disini kita sudah bisa merangkai rincian pengeluaran yang dibutuhkan, mulai dari tiket transportasi (PP), akomodasi, biaya makan, hingga perkiraan belaja untuk oleh-oleh.

Ada yang perlu diperhatikan dalam membuat rincian anggaran traveling, yakni harus memperhatikan pula kondisi keuangan kita. Jangan sampai rencana tersebut mengganggu pengeluaran rutin, sperti cicilan, bayar listrik hingga pengeluaran pokok lain.

Tentukan jumlah yang tepat, hingga dana cadangan, setelah itu hitunglah untuk mencapai anggaran tersebut memerlukan waktu berapa lama. Misalnya saja, ketika kita ingin taraveling ke singapura dengan perkiraan budget Rp 6 juta.

Apabila memiliki gaji Rp 3 Juta, maka kita bisa saja menyisihkan 10%-nya, jadi kita wajib menabung Rp 600 ribu setiap bulannya, dan untuk mencapai titik anggaran yang sudah ditentukan memerlukan waktu 10 bulan. Tentu hal ini bisa menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

2. Cari Penghasilan Tambahan

Cari Penghasilan Tambahan, Image By : Pixabay
Cari Penghasilan Tambahan, Image By : Pixabay

Salah satu cara yang sangat ampuh mempercepat masa pengumpulan dana liburan adalah dengan mencari penghasilan tambahan.

Di era teknologi sekarang ini, banyak sekali kesempatan kita untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti menjadi penulis lepas bagi yang hobi menulis, mengajar les, ojek online, hingga fotografer. Namun ingat, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama ya.

3. Jual Saja Barang Bekasmu

Jual Barang Bekasmu, Image By : Pixabay
Jual Barang Bekasmu, Image By : Pixabay
Advertisements

Pasti punya kan beberapa barang yang bisa dijual? Cobalah tengok ke berangkasmu, pilah lagi barang mana yang sudah tidak terpakai dan layak untuk dijual kembali.

Menjual barang bekas yang sudah tidak kita pakai bisa membuat ruangan menjadi lebih lega lho, selain itu, kita bisa mempercepat pengumpulan dana untuk traveling.

Sepertihalnya mencari penghasilan tambahan, sekarang ini menjual barang bekas bisa dibilang sangat mudah, karena sudah banyak media yang bisa digunakan, seperti media sosial hingga marketplace Indonesuia yang diperbolehkan siapapun menjual barang bekas

4. Hematlah Sekarang Juga

Hemat, Image By : Pixabay
Hemat, Image By : Pixabay

Ingat, semua cara yang kita bahas diatas tadi tidak akan berlaku jika kita tidak bisa menahan diri.

Hemat bisa dibilang gampang-gampang susah, kare arena hal sangat wajar ketika kita sudah memiliki uang, akan sangat sulit untuk mengontrol keinginan kita. Ingat ya, keinginan itu bukan kebutuhan, jadi berhematlah sekarang juga.

5. Disiplin Dan Konsisten Menabung

Disiplin dan konsisten, Image By : Pixabay
Disiplin dan konsisten, Image By : Pixabay

Menabung sebenarnya sangat simpel, namun hal itu hanya berlaku untuk orang yang sudah mampu untuk disiplin dan konsisten. Walaupun begitu, bukan berati kita yang baru mengawali tidak bisa melakukannya. Semua itu butuh proses, dan cobalah, ketika sudah terbiasa, semua akan sangat mudah dilakukan.

Itulah 5 Cara Ngumpulin Dana Traveling Dengan Cepat. Jadi kapan nih mau traveling? Yuk rencanakan sekarang juga.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?